pulsa-logo

Asus Zenfone 5 vs Vivo V9 6GB: Duel Smartphone AI Empat Jutaan


Galing

Selasa, 26 Juni 2018 • 16:25

Vivo V9 vs ASUS ZenFone 5, Vivo V9 6GB vs ASUS ZenFone 5, ZenFone 5 vs Vivo V9, Compare ASUS ZenFone 5 vs Vivo V9


ASUS ZenFone 5 vs Vivo V9 6GB (Sumber: PULSA)ASUS ZenFone 5 vs Vivo V9 6GB (Sumber: PULSA)

Pertama kali diperkenalkan pada ajang MWC 2018 yang diadakan pada awal tahun ini, ASUS akhirnya memboyong ZenFone 5 ke pasar domestik. Menggunakan chip Snapdragon 636, smartphone ini dibekali dengan kombinasi RAM 4GB dan memori internal 64GB. Sementara pabrikan smartphone Vivo yang lebih dulu mengenalkan V9 pada bulan Maret lalu, pada tanggal 22 Juni akhirnya mengumumkan varian RAM 6GB yang dibekali dengan chipset dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Kedua perangkat ini telah dilengkapi pula dengan poni di bagian atas yang sekaligus jadi tempat bercokolnya earpiece, kamera depan serta sejumlah sensor penting lainnya. Punya sosok serupa, ASUS dan Vivo secara kebetulan melabeli kedua produk garapannya tersebut dengan banderol yang sama. Di tengah ketatnya persaingan, ZenFone 5 dijual dengan metode flash sale dengan jadwal penjualan offline yang masih belum pasti. Sedang Vivo V9 rupanya tampak lebih siap dengan penjualan di seluruh ritel resmi dipastikan akan mulai dilakukan pada tanggal 7 Juli mendatang.

Dengan label harga yang serupa, perangkat manakah yang lebih layak untuk Anda lirik? Simak ulasan singkatnya lewat tulisan Adu Fitur berikut.

Desain

Vivo V9 6GB: 154.8 x 75.1 x 7.9 mm/150gram;

Asus Zenfone 5: 153 x 75.7 x 7.9 mm / 155 gram; Front glass, aluminum body;

Dimulai dari sisi desain, ASUS ZenFone 5 mengusung material logam yang telah dilapisi oleh kaca Corning Gorilla Glass. Sayangnya pihak ASUS tidak menyebutkan Gorilla Glass versi berapa yang diadopsi oleh sang perangkat. Dalam paket penjualannya, ponsel ini juga disertai oleh softcase berwarna transparan. Adapun pada Vivo V9, material yang digunakan dari bahan plastik dengan sentuhan metal berbalut lapisan glossy di bagian punggungnya.


Mengakomodasi layar penuh dengan bezel tipis, kedua ponsel ini juga menyematkan pemindai sidik jari pada bagian belakang. Dengan demikian pengguna akan mendapati penampang mukanya mulus tanpa tombol navigasi. Ketiga tombol navigasi seperti lazimnya ponsel layar penuh kini bertindak sebagai kendali virtual yang berlokasi pada bagian bawah.

Jika melihat dari diagonal layar yang mirip, wajar bila dimensi kedua smartphone ini memiliki kesamaan baik dari ukuran panjang, lebar hingga ketebalannya. Bicara soal berat dari perangkat ini juga tak terlalu jauh berbeda dengan selisih hanya sekitar 5 gram. Kesimpulannya, ASUS ZenFone 5 memang terlihat lebih unggul dari penggunaan material metal yang tentu saja lebih solid.

Layar dan OS

Vivo V9 6GB: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.26 inches, 97.8 cm2 (~90% screen-to-body ratio), 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~403ppi density); Funtouch OS 4.0

Asus Zenfone 5: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.2 inches, 96.9 cm2 (~83.6% screen-to-body ratio); 1080 x 2246 pixels, 18.7:9 ratio (~402 ppi density); ASUS ZenUI 5.0

Bicara soal layarnya, baik Vivo V9 maupun ZenFone 5 telah sama-sama mengakomodasi layar penuh dengan ukuran diagonal yang tak terpaut jauh. Vivo V9 6GB datang dengan 6,26 inci, sementara diagonal layar ZenFone 5 berukuran 6,2 inci. Perbedaan kecil terletak pada aspek rasio layar yang leboh tinggi serta rasio layar terhadap permukaan yang mencapai hingga 90% pada V9 6GB. Namun demikian jika melihat kerapatan pikselnya keduanya berada pada rentang angka 400ppi.

Beralih pada platform yang digunakan, pengguna tentu sudah maklum bahwa keduanya telah hadir dengan sistem operasi Android 8.0 Orea terbaru. ASUS melengkapinya dengan ZEN UI 5.0, sementara Vivo mempercantiknya dengan FunTouch OS 4.0.

Urusan antarmuka tentu kembali kepada selera masing-masing pengguna. Terlebih lagi dari sisi fitur sebenarnya tak jauh berbeda. Pengguna dapat memilih segudang tema yang telah disiapkan pada toko aplikasi masing-masing vendor. Selain itu, dua ponsel papan tengah ini juga sudah dibekali dengan fitur kontrol gerakan (gesture) yang sangat mudah dan intuitif buat digunakan.