pulsa-logo

Tarung Handphone RAM 6GB, Siapa Pilihannya?


Deni Hardian

Selasa, 24 Juli 2018 • 15:17


Ilustrasi: Vivo V9 6GBIlustrasi: Vivo V9 6GB

Memiliki perangkat handphone kinerja yang tinggi dengan label harga yang tak menguras isi dompet sudah menjadi idaman bagi pengguna handphone tanah air. Semakin lawasnya handphone yang dimiliki pengguna tentunya upgrade handphone menjadi jawaban yang sangat praktis. Namun pengguna handphone saat ini masih terkendala dengan banderol harga yang dimiliki oleh handphone dengan kinerja tinggi.

Bagi pengguna handphone lawas yang ingin upgrade memiliki handphone dengan kinerja tinggi, saat ini di pasaran sudah banyak tersedia perangkat handphone dengan kinerja yang mumpuni namun hadir dengan label harga yang tidak terlalu mahal. Tentunya kriteria handphone dengan kinerja yang tinggi ini paling tidak sudah dibalut oleh chipset yang bertenaga, dukungan RAM yang tinggi serta kapasitas memory internal yang luas agar bisa menampung data pengguna lebih banyak lagi.

Dari penelusuran PULSA dari kriteria yang telah disebutkan diatas, setidaknya ada 5 handphone yang bisa dipilih oleh konsumen untuk menggantikan handphone lawas yang dimilikinya saat ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Vivo V9 6GB

Rp 4.299.000

Menjadi pilihan pertama, Vivo V9 6GB bisa dengan mudah konsumen dapatkan dimana saja baik secara online maupun membeli langsung di toko ponsel terdekat. Tak hanya itu, V9 6GB sudah dibekali dengan dukungan spesifikasi serta fitur terkini mulai dari tampilan antarmuka yang menggoda, kinerja yang mumpuni serta fitur kamera yang bisa diandalkan. Edisi terbaru Vivo V9 ini makin gahar dengan dukungan RAM 6GB dan Qualcomm Snapdragon 660 AIE, tak hanya itu fasilitas fotografi yang ditanamkan kini sudah dibekali dengan Dual Pixel Camera di bagian depannya. Sebagai informasi chipset yang tertanam pada handphone ini sudah  mendukung kebutuhan multitasking menjadi lebih mudah. Menariknya lagi, chipset Qualcomm yang tertanam ini sudah mendukung kebutuhan Artificial Intelegent (AI), Machine Learning, fitur Dual Kamera, serta pengolahan gambar kamera yang lebih cepat, Selain itu, chipset ini bisa membuat Vivo V9 6GB semakin hemat baterai.

2. Asus Zenfone Max Pro M1 6GB


Rp 3.399.000

Menjadi pilihan kedua, perangkat ini hadir dengan label harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Vivo V9 6GB. Namun, dari sisi kinerja, perangkat ini kalah telak dengan V9 6GB. Hal ini dikarenakan, Zenfone Max Pro M1 hanya dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang secara kualitas jauh lebih rendah dibandingkan dengan Snapdragon 660 AIE. Meski begitu, chipset ini sudah cukup mampu mengakomodasi semua kebutuhan pengguna dalam beraktivitas. Hal yang disayangkan adalah, handphone ini masih tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas alias masih ghaib. Kalaupun tersedia, konsumen harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk mendapatkan perangkat ini secara instant di toko ponsel terdekat.

3. Nubia Z17 Mini

Rp 2.999.000

Opsi ketiga yang bisa dimiliki konsumen yang menginginkan handphone dengan kinerja tinggi dengan harga yang lebih terjangkau adalah Nubia Z17 Mini, dibanderol dengan harga 3 juta rupiah handphone ini menawarkan kinerja yang mumpuni untuk beragam aktivitas. Sayangnya, perangkat ini masih memiliki tampilan yang cukup lawas untuk ukuran ponsel masa kini. Selain itu, perangkat ini hanya dibekali dengan chipset keluaran tahun 2017. Gak terlalu "jadul" sih, namun dengan tren ponsel masa kini Nubia Z17 Mini masih bisa dijadikan opsi untuk konsumen. Dengan harga yang bersaing, Nubia Z17 mini hadir dengan fitur utama berupa RAM 6GB dan kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi 13 megapiksel. Selain itu, perangkat ini juga cukup menggoda dengan kamera depan yang tertanam dimana Nubia telah menyematkan kamera depan beresolusi 16 MP yang bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam aksi selfie.

4. Infinix Zero 5

Rp 3.599.000

Untuk konsumen yang menginginkan handphone berkinerja tinggi dengan daya tahan baterai yang lebih lama Infinix Zero 5 bisa menjadi pilihan menarik. Tak jauh berbeda dengan Nubia Z17 Mini, tampilan Zero 5 terbilang cukup jadul dengan dimensi body yang bongsor dan bobot body yang cukup berat. Selain itu, dibandingkan handphone lain dengan dukungan RAM yang sama, Zero 5 lebih mempercayakan chipset besutan Mediatek sebagai dapur pacu utamanya. Handphone ini membenamkan Mediatek Helio P25 dengan tambahan memory internal 32GB dan baterai berkapasitas 4350 mAh.

5. Xiaomi Redmi Note 5 6GB

Rp 3.500.000 (Distributor)

Opsi terakhir yang bisa dijadikan pilihan jatuh pada Xiaomi Redmi Note 5. Hadir dengan banderol harga sekitar 3,5 juta rupiah perangkat ini sebenarnya sangat layak untuk dimiliki, namun ketersediaan perangkat ini masih bersifat ilegal alias tidak resmi. Selain itu, untuk mendapatkan perangkat ini konsumen harus membelinya secara online hal ini dikarenakan handphone ini sangat jarang tersedia secara offline kalaupun ada harganya akan melonjak tajam dari harga online. Secara spesifikasi serta fitur, perangkat ini tak jauh berbeda dengan seri Redmi Note 5 yang beredar resmi di pasaran. Hanya RAM sajalah yang menjadi perbedaan mendasar.

Selamat memilih.