pulsa-logo

Oppo Find X vs Vivo Nex S, Duel Smartphone Premium dengan Pop Up Kamera


Deni Hardian

Selasa, 24 Juli 2018 • 15:53


Ilustrasi: Vivo Nex S vs Oppo Find X (Oppo Indonesia/Vivo India)Ilustrasi: Vivo Nex S vs Oppo Find X (Oppo Indonesia/Vivo India)

Setelah edisi pekan lalu PULSA telah membahas 2 smartphone premium besutan Xiaomi dan Oneplus. Kali ini PULSA ingin mengulas fitur dan spesifikasi dua smartphone premium lainnya yang hadir dengan inovasi pada sisi kamera yang ditanamkan. Inovasi yang berupa pop up kamera dimana kedua perangkat ini sama-sama menghadirkan fitur yang serupa. Uniknya lagi, tak hanya mengandalkan fitur kamera kedua smartphone premium ini juga hadir dengan keunikannya tersendiri.

Adalah Oppo Find X dan Vivo Nex S yang merupakan smartphone besutan vendor asal China yang selama ini terkenalk dengan fitur selfie yang ditanamkan. Dengan popularitas yang sangat baik serta inovasi fitur yang ditanamkan membuat, kedua vendor ini memiliki keyakinan bahwa smartphone besutannya bakal menjadi tren smartphone premium baru.

Oppo Find X yang sudah mulai debutnya di Indonesia dengan harga Rp 12.999.000 langsung disambut oleh konsumen. Pre-order pertama Oppo Find X bahkan sudah habis terpesan, meskipun angkanya masih menjadi teka-teki. Sementara itu, Vivo Nex S yang sudah hadir secara global hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir di pasar ponsel tanah air. Dengan kesuksesan Oppo Find X di Indonesia, memungkinkan Vivo untuk segera meluncurkan Vivo Nex S. Menariknya, Vivo Nex S sudah tersedia melalui jaringan distributor dengan harga mulai 12 juta hingga 15 juta rupiah.

Sama-sama dibekali dengan inovasi kamera yang menggoda dan dibalut dengan beragam fitur khas ponsel premium, ponsel pintar manakah yang lebih layak untuk dimiliki berdasarkan spesifikasi serta fitur yang ditanamkan. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

Oppo Find X: 156.7 x 74.2 x 9.4 mm/186gram; Front/back glass (Gorilla Glass 5), aluminum frame; Pop up kamera depan dan belakang

Vivo Nex S: 162 x 77 x 8 mm/ 199 gram; Front glass, aluminum frame; Pop up kamera depan


Berbicara desain kedua smartphone premium ini keduanya memiliki keunikan masing-masing namun Oppo Find X tampil lebih revolusioner dengan desain yang ditawarkan. Selain itu, Find X lebih mentereng dari sisi material yang ditanamkan. Ponsel pintar ciptaan Oppo ini memiliki lapisan kaca baik sisi depan maupun belakang perangkat. Apiknya lagi, lapisan kaca yang tertanam merupakan buatan Corning Gorilla Glass 5 yang memiliki daya tahan benturan atau goresan yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya.

Selain material desain, Oppo Find X memiliki desain pop up pada kamera depan maupun kamera belakang yang tertanam. Inovasi ini merupakan inovasi pertama yang hadir di perangkat smartphone premium yang tentunya tak hanya menampilkan desain yang menawan namun juga bisa menjadi tren baru pada smartphone premium. Yang cukup disayangkan adalah absennya sensor sidik jari dan jack audio pada perangkat ini. Padahal kedua fitur ini masih sangat dibutuhkan untuk ponsel pintar premium saat ini.

Sementara Vivo Nex S memiliki tampilan khas ponsel pintar premium yang tak jauh berbeda dengan smartphone premium lainnya. Namun ponsel ini memiliki kamera depan yang bisa dimunculkan jika dibutuhkan. Oleh Vivo disebut sebagai Elevating Front Cam. Berbeda dengan Find X yang menghilangkan sensor sidik jari dan jack audio, Nex S malah hadir dengan teknologi yang selangkah lebih maju dengan membenamkan sensor sidik jari dibawah layar yang tertanam, selain itu speaker perangkat ini juga ditanamkan pada bawah speaker. Sementara itu, jack audio 3,5mm masih tersedia di perangkat ini dan nilai plus lainnya, Nex S menghadirkan tombol khusus bernama Javi yang memberikan akses langsung ke Google Assistant.  

Layar dan OS

Oppo Find X: AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors; 6.42 inches, 101.2 cm2 (~87.0% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~401 ppi density); Multitouch, Corning Gorilla Glass 5; Android 8.1 (Oreo), ColorOS 5.1

Vivo Nex S: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors; 6.59 inches, 107.3 cm2 (~86.0% screen-to-body ratio); 1080 x 2316 pixels (~388 ppi density), Multitouch, Android 8.1 (Oreo), Funtouch OS 4.0

Beralih ke sektor layar, kedua perangkat ini hadir dengan inovasi yang sangat menggoda. Keduanya memiliki tampilan yang sangat menawan dimana jarak antara layar ke rangka sangat tipis. Selain itu, teknologi layar yang ditanamkan juga menghadirkan tampilan layar yang prima untuk beragam aktivitas.

Oppo Find X menyebutnya sebagai Panoramic Arc Screen dengan menggunakan teknologi COP flexible screen dengan rasio layar mencapai 93,8% dan luas layar mencapai masing-masing bagian sisi perangkat.

Selain itu, penampang bagian depan dan belakang OPPO Find X dilengkapi dengan 3D Glass dan lengkungan 2.5D di kedua sisinya. Sebagai tambahan, OPPO juga memberikan efek gradasi warna pada OPPO Find X melalui proses yang disebut dengan Multifaceted Color. Hasilnya, OPPO Find X memiliki efek warna-warni seiring dengan perubahan kondisi cahaya. Layar Find X sendiri menggunakan teknologi OLED. Layarnya berukuran 6,4 inci dengan rasio 19,5:9 dan resolusi 2.340 x 1080 piksel.

Sementara Vivo Nex S yang hadir dengan ukuran layar yang sedikit lebih besar juga tak kalah apiknya. Dengan panel layar berukuran 6.59 inci, perangkat ini memiliki rasio layar ke body mencapai 91.24% yang juga membuatnya tampak mempesona. Hadir dengan resolusi layar FHD+ 1080 x 2316 piksel dengan rasio 19.3:9 dan teknologi layar Super AMOLED menjanjikan kualitas layar yang prima. Tak jauh berbeda dengan Find X, Nex S juga memiliki tampilan layar yang nyaris tanpa bezel dengan sudut yang melengkung disetiap sisinya.

Untuk sistem operasi yang ditanamkan, kedua smartphone ini sama-sama telah didukung dengan OS Android 8.1 Oreo namun dengan kustom UI yang berbeda. Oppo Find X mempercayakan Color OS 5.1 sedangkan Vivo Nex S menyematkan Funtouch OS 4.0. Kedua UI besutan Oppo maupun Vivo ini juga memiliki fitur khas tersendiri yang bisa memaksimalkan penggunaannya.

Performa

Oppo Find X: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845, prosesor Octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver), GPU Adreno 630; RAM 8GB, memory internal 128/256GB, no microSD card slot; Baterai Non-removable Li-Ion 3730 mAh; Fast battery charging: VOOC Flash Charge 5V/4A

Vivo Nex S: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845, prosesor Octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver), GPU Adreno 630; RAM 8GB, memory internal 128/256 GB; Baterai Non-removable Li-Ion 4000 mAh; Fast battery charging 22W

Dari sisi kinerja, kedua smartphone ini sama-sama membenamkan prosesor kelas 1 untuk ukuran ponsel pintar saat ini. Keduanya membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang biasa terdapat pada perangkat smartphone premium. Secara kinerja, kedua perangkat ini tak perlu lagi dipertanyakan kualitasnya. Keduanya bakal mampu melahap semua aktivitas pengguna tanpa adanya hambatan.

Tak hanya serupa dari sisi chipset yang ditanamkan, dukungan RAM dan memory internal yang ditanamkan juga sama. Oppo Find X hadir dengan dukungan RAM 8GB dengan memory internal sebesar 256GB tanpa dukungan slot kartu microSD. Sementara untuk Vivo Nex S juga memiliki dukungan RAM sebesar 8GB namun dengan opsi memory internal 128GB dan 256GB tanpa dukungan slot kartu microSD.

Dengan kapasitas RAM dan memory internal yang disediakan, tentunya bakal memanjakan pengguna dalam beraktivitas mulai dari bermain game hingga aktivitas lainnya.

Sementara untuk kapasitas baterai yang ditanamkan, Vivo Nex S hadir dengan kapasitas baterai yang lebih besar yakni 4000 mAh sementara Oppo Find X memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil yakni 3730 mAh. Namun keduanya sudah sama-sama dibekali dengan fitur pengisian baterai yang cepat untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas.

Kamera

Oppo Find X: Kamera Belakang: Pop-up 16 MP, f/2.0, 1/2.6", 1.22µm, PDAF, OIS; 20 MP, f/2.0, 1/2.8", 1.0µm, Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama; Video: 2160p@30fps, 1080p@240fps, 720p@480fps; Kamera Depan: Pop-up 25 MP, f/2.0

Vivo Nex S: Kamera Belakang: 12 MP, f/1.8, 1/2.5", 1.4µm, 4-axis OIS, dual-pixel PDAF; 5 MP, f/2.4, depth sensor,  Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama; Video: 2160p@30fps, 1080p@30fpss; Kamera Depan: Pop-up 8 MP, f/2.0

Diatas kertas kualitas kamera yang ditanamkan oleh Oppo Find X jauh lebih mumpuni dibandingkan dengan Vivo Nex S. Dengan perbedaan ukuran resolusi yang ditanamkan tentunya kualitas foto yang didapatkan tentunya bakal berbeda.

Oppo Find X hadir dengan kamera ganda dengan konfigurasi 16MP + 20MP, kamera utama yang tertanam sudah dibekali dengan PDAF dan OIS yang menjanjikan kecepatan fokus dan kestabilan saat melakukan pengambilan gambar. Sementara Vivo Nex S hanya dibekali dengan kamera ganda beresolusi 12MP + 5MP. Namun kamera utamanya sudah memiliki dukungan fitur dual pixel-PDAF untuk kecepatan fokus yang jauh lebih baik dibandingkan PDAF biasa. Selain itu, Nex S juga telah menyematkan 4-axis OIS yang memberikan tingkat kestabilan yang lebih prima.

Dengan dukungan kamera ganda yang tertanam memungkinkan pengguna menghasilkan beragam foto dengan kualitas yang mumpuni mulai dari efek bokeh dan yang lainnya. Sayangnya, kamera belakang yang tertanam tidak mendukung hasil foto dengan sudut pandang yang luas dan efek monokrom yang kekinian.

Untuk kamera depannya, Oppo membenamkan kamera depan 25MP dengan bukaan lensa f/2.0 sementara Vivo Nex S hanya membekalinya dengan kamera depan 8MP.

Sementara untuk kemampuan merekam videonya kedua smartphone ini memiliki kemampuan yang serupa yakni mampu menghadirkan video berkualitas 4K.

Namun ada nilai tambah lain yang hadir pada Oppo Find X dimana kamera belakang ini hanya muncul (pop up) jika pengguna ingin menggunakannya. Hal ini berarti baik kamera depan maupun kamera belakang Oppo dapat terlindungi dari goresan. Uniknya lagi, Oppo mengklaim bahwa kamera depan ini dapat bersembunyi secara otomatis jika perangkat yang digunakan terjatuh.

Sementara Vivo Nex S memiliki kamera depan dengan ketangguhan yang luar biasa, “Front Elevating Camera” pada Nex S mampu menahan beban yang sangat berat yang tentunya memberikan nilai plus tersendiri.

Kelebihan lain dari kedua perangkat ini adalah AI Camera telah tersedia pada smartphone ini yang tentunya bakal memanjakan pengguna dalam mengeskplorasi fitur kamera yang ditanamkan.

Fitur Tambahan

Oppo Find X: 3D Face Unlock, Stealth 3D Cameras

Vivo Nex S: Fingerprint (under display), Dedicated AI Button for Jovi, DAC Audio

Meski hadir dengan segmen pasar yang serupa, kedua smartphone ini memiliki dukungan fitur yang sedikit berbeda. Oppo Find X yang hadir tanpa sensor sidik jari lebih memaksimalkan fitur 3D Face Unlock sebagai andalan utama dalam memberikan perlindungan perangkat.

Sementara Vivo sedikit lebih digdaya dengan fitur tambahan yang ditanamkan. Perangkat ini hadir dengan sensor sidik jari yang tertanam di bawah layar, selain itu, speaker yang tertanam sudah dibekali dengan fitur DAC untuk menghadirkan kualitas audio yang lebih mumpuni. Nilai plus lainnya adalah hadirnya tombol AI button yang memiliki kemiripan seperti LG G7+ ThinQ dimana fungsi tombol ini adalah memberikan akses langsung ke Google Assistant.

Kesimpulan

Dengan segmen pasar yang serupa, Oppo Find X dan Vivo Nex S hadir dengan kehandalan yang berbeda. Oppo Find X unggul dari sisi desain serta fitur kamera yang ditanamkan. Sementara Vivo Nex S menggoda dengan sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar serta kemampuan audio. Dari sisi kinerja kedua perangkat ini tak memiliki perbedaan yang berarti. Sementara dari kualitas layar ukuran layar yang ditanamkan Vivo Nex S sedikit lebih besar namun Oppo Find X lebih memberikan kualitas layar yang sedikit lebih baik. Satu hal lainnya, adalah Oppo Find X sudah tersedia di pasaran sementara Vivo Nex S masih belum beredar secara resmi di Indonesia.

Selamat Memilih. (Deni)