pulsa-logo

Asus Zenfone Max Pro M1 6GB vs Vivo V9 6GB, Duel Handphone RAM 6GB


Deni Hardian

Selasa, 07 Agustus 2018 • 15:21

adu fitur,handphone ram 6gb,asus zenfone max pro m1 6gb,vivo v9 6gb,snapdragon 636,snapdragon 660,tabloidpulsa,harga handphone


Pasar handphone tanah air saat ini diramaikan dengan handphone berkinerja tinggi dengan dukungan RAM 6GB plus beragam fitur terkini. Berdasarkan ulasan PULSA sebelumnya, setidaknya ada 5 handphone dengan RAM 6GB yang edar di pasaran dengan banderol harga yang cukup terjangkau dua diantaranya adalah Vivo V9 6GB dan Asus Zenfone Max Pro M1 6GB.

Kedua handphone keluaran Vivo dan Asus ini sudah mulai tersebar di pasaran dengan perbeadaan harga yang cukup signifikan. Vivo V9 6GB dijual dengan harga 4,2 jutaan sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 6GB tersedia dengan harga 3,3 jutaan rupiah. Namun harga yang di patok ini tidak mengikat karena perbedaan kebijakan distribusi yang dilakukan.

Meskipun memiliki perbedaan harga yang cukup jauh namun spesifikasi serta fitur yang ditanamkan tidak jauh berbeda. Menarik untuk diulas, handphone manakah yang memiliki fitur yang lebih ciamik dan lebih layak untuk dibeli. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

Vivo V9 6GB: 154.8 x 75 x 7.9 mm /150gram; Front glass, Polycarbonat Glossy body

Asus Zenfone Max Pro M1 6GB: 159 x 76 x 8.5 mm / 180 gram; Front glass, aluminum body

Kita mulai membahas dari sisi desain, kedua perangkat ini sama-sama dibekali dengan desain unibody dengan baterai yang tak dapat dilepas. Namun, tampilan body pada V9 6GB lebih ringkas dan slim serta bobot yang lebih ringan. Hal ini dikarenakan perangkat ini hanya menyematkan materail body belakang yang terbuat dari plastik polycarbonate yang memangkas bobotnya.


Sementara Zenfone Max Pro M1 6GB yang hadir dengan material body alumunium memiliki bobot body yang lebih berat serta dagu atas dan bawah yang sedikit memanjang. Masih berbicara desain yang ditanamkan, kedua perangkat ini sama-sama menyematkan kamera ganda di bagian belakang yang ditemani dengan sensor pemindai sidik jari.

Nilai plus lain yang hadir pada Vivo V9 6GB adalah desain yang melengkung pada tepi kiri dan dan kanannya yang membuatnya lebih memberikan kenyamanan dalam genggaman. Sementara Zenfone Max Pro yang memiliki ketebalan body yang lebih tebal dan berat merupakan imbas dari kapasitas baterai yang ditanamkan. Namun secara keseluruhan kedua handphone ini sama-sama memberikan tampilan desain yang menawan dan elegan.

Layar dan OS

Vivo V9 6GB: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.3 inches, 99.1 cm2 (~85.3% screen-to-body ratio); 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~400 ppi density), Multitouch, Android 8.1 (Oreo), Funtouch OS 4.0

Asus Zenfone Max Pro M1 6GB: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 5.99 inches, 92.1 cm2 (~76.2% screen-to-body ratio); 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~404 ppi density), Multitouch, Android 8.1 (Oreo)

Beralih ke sektor layar, Vivo V9 6GB lebih menawarkan tampilan layar yang luas dengan ukuran 6,3 inci. Tak hanya itu rasio layar pada handphone ini sedikit lebih menarik dengan perbandingan 19:9, selain itu layar yang tertanam memiliki lapisan bezel yang sangat tipis dengan rasio layar ke body yang mencapai 85.3% yang membuatnya tampak lebih luas. Satu lagi, layar yang tertanam pada V9 6GB sudah dibekali dengan poni yang membuatnya tampil kekinian.

Sementara Zenfone Max Pro M1 6GB hadir dengan ukuran layar 5.99 inci dengan rasio 18:9. Sedangkan lapisan bezelnya tidak terlalu tipis dengan rasio body ke layar yang hanya mencapai 76.2%. Selain itu, perangkat ini tidak dibekali poni yang membuatnya terlihat biasa. Namun perangkat ini memiliki kualitas layar yang sedikit lebih tajam dibandingkan dengan Vivo V9 6GB berkat kedalaman layar yang tertanam mencapai 404 ppi.

Sementara dari tampilan antarmukanya, meski keduanya sama-sama menanamkan OS Android 8.1 Oreo, Zenfone Max Pro M1 memiliki tampilan Android murni tanpa kustom UI yang biasanya hadir pada perangkat handphone besutan Asus. Dengan tampilan khas handphone Android One, sejumlah aplikasi bawaan seperti galeri, file manager, kontak hingga ASUS WebStorage. Fitur lain seperti kelola aplikasi, app lock, hide app, game genie, page marker dan twin apps juga turut lenyap dari sang perangkat. Mode satu tangan dan kontrol gerakan (motion gesture) berjuluk Zen Motion yang memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi cukup dengan gerakan jari di atas layar juga tidak lagi dibenamkan dalam smartphone ini.

Untuk Vivo V9 6GB masih setia dengan tampilan antarmuka besutannya sendiri yakni Funtouch OS 4.0. Vivo memberikan banyak fitur tambahan yang memudahkan pengguna dalam beraktivitas mulai dari berkendara, bermain game hingga aktivitas lainnya. Tertanam pula, AI Face Acces yang memberikan perlindungan perangkat dengan menggunakan wajah sebagai akses untuk membuka smartphone. Seperti yang sudah disebutkan diatas, Vivo juga telah menyematkan beragam mode gesture untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas mulai dari smart wake, gerakan tanpa menyentuh layar dan nyalakan/matikan layar cerdas dan panggilan cerdas. Tambahan lainnya adalah gesture lain dengan menggerakkan ponsel untuk menghidupkan senter.

Dengan beragam fitur yang memaksimalkan fungsil layar ini tentunya memberikan nilai lebih tersendiri bagi pengguna dalam beraktivitas mengggunakan perangkat handphone yang dimilikinya.

Performa

Vivo V9 6GB: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660, Octa-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260), GPU Adreno 512; RAM 6GB, memory internal 64GB, microSD, up to 256 GB (dedicated slot); Baterai Non-removable Li-Ion 3260 mAh;

Asus Zenfone Max Pro M1 6GB: Qualcomm SDM636 Snapdragon 636, Octa-core 1.8 GHz Kryo 260, GPU Adreno 509; RAM 6GB, memory internal 64; microSD, up to 512 GB (dedicated slot);; Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh; Fast battery charging 5V/2A 10W

Unggul telak dari sisi layar dan software yang tertanam, Vivo V9 6GB juga selangkah lebih baik dari sisi kinerja yang ditawarkan. Perangkat ini telah membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang tak hanya memiliki kinerja yang luar biasa namun juga memaksimalkan fitur AI yang kini menjadi tren handphone masa kini.

Namun meski Asus Zenfone Max Pro M1 6GB menggunakan chipset yang kualitasnya sedikit lebih rendah tak berarti performa yang ditawarkan juga melempem. Seperti diketahui, handphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang merupakan chipset terbaru keluaran Qualcomm yang memiliki kinerja yang juga mumpuni dan daya tahan baterai yang lebih stabil.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan teman redaksi PULSA kedua chipset ini tidak memiliki perbedaan skor benchmark yang terlalu mencolok. Snapdragon 636 memiliki skor Antutu yang mencapai 110 ribuan, sementara Vivo V9 6Gb memiliki skor Antutu 140 ribuan.

Meskipun unggul dari sisi CPU yang ditanamkan, Asus lebih memberikan daya tahan perangkat yang lebih lama dibandingkan handphone besutan Vivo. Asus telah menyematkan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dikombinasikan dengan fitur fast charging 10W. Sedangkan Vivo hanya menyematkan baterai berkapasitas 3340 mAh. Dari sisi penggunaan tentunya daya tahan baterai pada handphone Asus jauh lebih lama dibandingkan handphone besutan Vivo.

Kamera

Vivo V9 6GB: Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, PDAF + 2 MP, depth sensor, Dual-LED flash, HDR, panorama; Video: 2160p@30fps, 1080p@30fps; Kamera Depan:12 MP, f/2.0, 1.28µm

Asus Zenfone Max Pro M1 6GB: Kamera Belakang: 16 MP, f/2.0, PDAF + 5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor, LED flash, HDR, panorama; Video: 2160p@30fps, 1080p@30fpss; Kamera Depan: 16 MP, LED Flash

Berbicara fasilitas fotografi kedua perangkat ini, Asus tampil lebih percaya diri dengan kualitas lensa yang ditanamkan. Kombinasi kamera belakang 16MP dengan 5MP mampu menghadirkan hasil kamera yang prima dikelasnya. Tak hanya itu, berkat besaran aperture yang tertanam pada Asus memungkinkan perangkat ini untuk dapat menghasilkan kualitas foto yang lebih baik pada saat kondisi minim cahaya. Namun, Vivo yang memiliki konfigurasi kamera 13MP dan 2MP juga mampu menghadirkan kualitas fotografi yang ciamik selain itu berkat fitur AI yang tertanam memungkinkan pengguna untuk berkreasi secara lebih maksimal.

 

Untuk kamera selfienya, lagi-lagi Asus memiliki kualitas lensa yang lebih baik dengan kamera depan 16 megapiksel yang ditambah dengan lampu flash LED. Yang bakal memanjakan pengguna untuk melakukan aktivitas selfie dengan berbagai kondisi pencahayaan. Sementara Vivo V9 6GB meskipun hanya memiliki kamera depan 12 megapiksel namun kamera depan ini memiliki dual sensor yang mampu menghadirkan kualitas foto 24 megapiksel yang jauh lebih baik.

Fitur Tambahan

Vivo V9 6GB Fingerprint (rear-mounted), Face Unlock

Asus Zenfone Max Pro M1 6GB: Fingerprint (rear-mounted), Face Unlock

Fitur tambahan yang tertanam pada kedua perangkat ini tidak memiliki perbedaan yang berarti. Keduanya sama-sama dibekali dengan sensor sidik jari dan sensor pemindai wajah yang memberikan opsi lebih untuk perlindungan perangkat yang lebih maksimal.

Kesimpulan

Meskipun Vivo V9 6GB memiliki label harga yang jauh lebih tinggi namun kualitas layar dan performa yang ditawarkan bisa memanjakan pengguna dalam beraktivitas. Selain itu, konsumen bisa mendapatkan harga yang sedikit lebih murah jika melakukan pembelian secara online. Sementara Asus Zenfone Max Pro M1 6GB masih belum lepas dari predikat handphone ghaib. Label harga yang murah hanya di dapatkan pada pembelian flash sale yang tak semua konsumen bisa mendapatkannya dengan mudah, harga yang dipatok bisa terdongkrak lebih tinggi untuk pembelian secara offline. Namun dengan kualitas kamera, baterai yang dimilikinya masih membuat perangkat ini layak untuk dimiliki.

Selamat Memilih. (Deni)