pulsa-logo

Huawei Nova 3i vs Oppo F9, Duel Handphone Selfie 4 Jutaan


Deni Hardian

Selasa, 04 September 2018 • 11:25

adu fitur,adu fitur handphone selfie 4 jutaan,oppo f9,huawei nova 3i,handhphone 4 jutaan,layar poni,waterdrop screen,kirin 710,helio p60,tabloid pulsa


Oppo F9 vs Huawei Nova 3i (OppoID - Huawei ID)Oppo F9 vs Huawei Nova 3i (OppoID - Huawei ID)

Tren ponsel selfie yang di dominasi Oppo masih berlanjut dengan hadirnya handphone terbaru besutan Oppo yang sudah melenggang di pasaran. Oppo F9 kini menjadi fenomena baru dengan membawa fitur yang jauh lebih baik dari handphone selfie Oppo sebelumnya. Namun di segmen pasar ini Oppo tidak sendirian banyak nama-nama baru yang menjejali handphonenya dengan fitur selfie yang kualitas yang tak kalah apiknya. Salah satunya adalah handphone terbaru keluaran Huawei, Nova 3i mendobrak pasar dengan membawa "rombongan" fitur dan spesifikasi yang menarik mulai dari layar, hardware hingga fasilitas fotografi yang ditanamkan. Tak terkecuali fitur selfie yang ditanamkan, handphone ini hadir dengan kamera depan dengan resolusi yang tinggi. Tak hanya itu, kamera depan yang tertanam pada Huawei Nova 3i tak hanya 1 melainkan 2. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna yang gemar bereksplorasi dengan kamera depan.

Dengan segmen pasar yang nyaris sama baik Oppo F9 dan Huawei Nova 3i memberikan nilai lebih kepada konsumen untuk memaksimalkan aktivitasnya. Tak hanya selfie, kedua handphone ini sangat mumpuni dalam mendukung aktivitas gaming pengguna. Dukungan chipset yang ditanamkan.

Menarik untuk disimak, handphone manakah yang memiliki fitur yang lebih menggoda. Penasaran? berikut PULSA ulas kehandalan dari kedua handphone ini. Mulai dari kamera, desain, kinerja hingga fitur tambahan yang tertanam.

4 Kamera VS 3 Kamera

Oppo F9: Dual (Belakang) 16 MP, f/1.8, 1/3.1, 1.0µm, PDAF; 2 MP, f/2.4, depth sensor; (Depan) 25 MP, f/2.0, 26mm, 1/2.8, 0.9µm; Video: 1080p@30fps

Huawei Nova 3i: Dual (Belakang) 16 MP, f/2.2, PDAF + 2 MP (bokeh), LED flash, HDR, panorama; (Depan) 24 MP + 2 MP (bokeh); Video: 1080p@30fps

Kedua handphone ini hadir dengan membawa fasilitas fotografi sebagai nilai jual utamanya. Namun dari kedua dari handphone ada sedikit perbedaan yang sangat mencolok. Dimana Oppo F9 hanya dibekali dengan 3 sensor kamera dalam satu perangkatnya, sementara Huawei Nova 3i hadir dengan 4 sensor kamera dengan konfigurasi dua di depan dan dua di belakang.


Meski memiliki perbedaan jumlah sensor dalam satu perangkat, kedua handphone ini dibekali dengan kamera yang mampu menghadirkan foto berkualitas tinggi. Pada bagian belakang, Huawei Nova 3i hadir dengan kombinasi kamera belakang 16MP + 2MP. Fungsi kamera kedua yang tertanam pada perangkat ini adalah untuk menghasilkan efek bokeh yang kini menjadi tren oleh pengguna smartphone tanah air. Tak hanya itu, kamera belakang yang tertanam pada Nova 3i juga telah diperkuat oleh algoritme AI yang didorong pengetahuan lebih dari 100 juta gambar, Huawei nova 3i mampu mengingat 22 kategori dari 500+ momen, dan menyediakan hasil potret yang dioptimalkan. Apiknya lagi, kamera belakang ini juga mampu merekam video dengan mode slow-motion dengan frame rate yang mencapai 480 perdetik.

Sementara untuk Oppo F9 hadir dengan konfigurasi kamera 16MP + 2MP. Tak jauh Berbeda dengan Nova 3i, kamera ganda yang tertanam pada Oppo F9 juga memfokuskan pada efek bokeh. Kamera belakang yang tertanam pada Oppo F9 juga telah dibekali dengan kecerdasan buatan (AI) yang dapat mendeteksi 16 objek secara realtime. Apiknya lagi, tak hanya menghadirkan efek bokeh semata, pengguna bisa memilih titik fokus yang diinginkan untuk mendapatakan efek bokeh yang sesuai dengan keinginan pengguna. Untuk memaksimalkan kualitas foto yang tertanam, kamera utama di bagian belakang telah didukung dengan bukaan lensa f/1.8 yang mampu membidik objek berkualitas baik meski pada kondisi cahaya yang minim. Selain itu, kamera belakang ini juga dibekali dengan PDAF untuk mendapatkan fokus objek yang jauh lebih cepat.

Meski hadir dengan kamera ganda di bagian belakang, namun kamera depan yang tertanam menjadi andalan bagi kedua handphone ini. Bagaimana tidak, kedua handphone ini dibekali dengan kemera depan beresolusi tinggi dengan tambahan fitur yang menggoda. Namun disinilah letak perbedaan antara kedua handphone ini dari sisi kamera yang tertanam.

Huawei Nova 3i hadir dengan konfigurasi kamera 24MP + 2MP. Memiliki besaran resolusi yang tinggi dikelasnya, perangkat ini bakal memanjakan pengguna yang gemar melakukan aksi selfie. Apalagi kamera kedua yang tertanam mampu menghadirkan efek bokeh. Menariknya lagi, kamera depan yang tertanam juga sudah dibekali dengan AI scenery recognition yang dapat menyesuaikan pencahayaan dan efek saat melakukan foto selfie.

Sementara untuk Oppo F9, meskipun hanya menyematkan 1 sensor kamera saja namun besaran resolusi yang dimiliki sedikit lebih besar dibandingkan Huawei Nova 3i yakni 25 megapiksel. Tak hanya itu, kamera depan yang tertanam sudah dibekali dengan HDR untuk dapat menghasilkan foto selfie yang lebih natural. Tak hanya itu, kamera depan pada Oppo F9 telah disematkan AI Beauty Technology 2.1 untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam aksi selfie.

Meski memiliki perbedaan yang mencolok, kedua handphone ini sama-sama dibekali dengan fitur AR yang apik yang menambah efek pada foto selfie yang dihasilkan.

Dari sisi perekaman video, kedua handphone ini sama-sama memiliki kemampuan untuk merekam video denganr resolusi Full HD serta kemampuan untuk merekam video dengan efek slow-motion yang menggoda.

Duel Cover Body Warna Gradasi

Oppo F9: 156.7 x 74 x 8 mm / 169 gram; Front glass/rear plastic, aluminum frame

Huawei Nova 3i: 157.6 x 75.2 x 7.6 mm / 169 gram; Front/rear glass, aluminum frame

Tak hanya menggoda dari sisi fotografi yang ditanamkan, kedua handphone ini menawarkan tampilan desain yang kekinian yang dibalut dengan kover belakang dengan varian warna yang sangat menggoda. Seperti yang sudah diulas sebelumnnya, Huawei Nova 3i hadir dengan tampilan kover belakang yang memiliki gradasi warna iris purple. Warna gradasi yang menarik ini seperti bergerak dari atas ke bawah, dari biru ke ultra violet ketik aterkena pantulan cahaya. Ini membuatnya makin terlihat cantik dan menggoda.

Tak mau kalah, Oppo F9 juga menyematkan kover belakang yang dibalut dengan warna bergradasi. Namun ada sedikit perbedaan pada kover belakang yang tertanam pada Oppo F9. Oppo menambahkan pola seperti berlian yang membuatnya tampil lebih mewah nan elegan yang bakal memberikan pesona baru kepada orang lain yang melihatnya.

Berbicara material kover belakang yang tertanam, Huawei lebih mempercayakan material kaca untuk menghasilkan efek warna yang lebih maksimal. Sementara untuk Oppo F9 dibekali dengan material yang terbuat dari plastik polycarbonat dengan efek glossy. Menariknya lagi, kedua handphone ini telah dibekali dengan frame metal yang membuatnya tampil kokoh saat digenggam.

Masih dari bagian belakang perangkat, kedua handphone ini sama-sama dibekali dengan sensor sidik jari. Sensor sidik jari pada Oppo F9 berdesain oval sedangkan Huawei Nova 3i lebih membulat.

Tak hanya memiliki perbedaan dari kover body belakang yang tertanam, tampilan antarmuka kedua perangkat ini juga memiliki perbedaan yang signifikan. Desian depan kedua perangkat ini didominasi oleh lapisan kaca dengan desain yang berbeda. Huawei menyematkan antarmuka dengan poni semenetara itu Oppo lebih kekinian dengan tampilan depan dengan tampilan waterdrop.

EMUI vs ColorOS

Oppo F9: LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.3 inches, 97.4 cm2 (~84.0% screen-to-body ratio); 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density), Multitouch, Corning Gorilla Glass 6, Android 8.1 (Oreo), ColorOS 5.2

Huawei Nova 3i: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.3 inches, 97.4 cm2 (~82.2% screen-to-body ratio); 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density), Multitouch, Android 8.1 (Oreo), EMUI 8.2

Seperti yang sudah disebutkan diatas, tampilan antarmuka kedua perangkat ini sedikit berbeda. Meski begitu besaran layar yang ditanamkan sama-sama memiliki ukuran yang serupa yakni layar berukuran 6.3 inci dengan resolusi layar yang sama pula yakni FHD+ dan rasio layar 19.5:9. Namun besaran layar yang ditampilkan pada Oppo F9 sedikit lebih luas karena jarak antara tepi layar ke body mencapai 84% sementara Huawei hanya mencapai 82.2%. Hal ini dikarenakan bezel yang tertanam pada Oppo F9 jauh lebih tipis dibandingkan dengan Huawei Nova 3i.

Tak hanya itu, Oppo F9 hadir dengan layar dengan desain water drop, sebuah sebutan baru pada poni yang tertanam pada bagian atas layar yang menyerupai tetesan air. Sementara Huawei Nova 3i masih dibekali dengan poni berdesain konvensional. Namun keduanya sama-sama memiliki tampilan layar yang menarik dengan ketajaman layar yang tidak jauh berbeda.

Perbedaan lain dari sisi layar yang ditanamkan adalah dukungan lapisan kaca pada Oppo F9 sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 yang merupakan lapisan kaca generasi terkini yang memiliki ketangguhan yang makin prima. Sementara Huawei tidak menyertakan lapisan kaca Corning Gorilla Glass pada perangkatnya.

Tak hanya itu, antarmuka kedua perangkat ini juga sama-sama berbeda. Oppo F9 hadir dengan UI ColorOS 5.2 yang merupakan ColorOS generasi terbaru yang diklaim lebih simple namun dibekali dengan fitur yang lebih banyak dibandingkan UI seri sebelumnya. Sementara Huawei kita ketahui hadir dengan EMUI 8.2 yang hadir dengan fitur pendukung yang melimpah. Namun keduanya memiliki kesamaan UI kedua handphone tersebut sama-sama berbasis Android 8.1 Oreo.

Kirin 710 vs Helio P60

Oppo F9: Mediatek MT6771 Helio P60, Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G72 MP3; RAM 4GB, memory internal 64GB, microSD, up to 256 GB (dedicated slot); Baterai Non-removable Li-Po 3500 mAh;

Huawei Nova 3i: Hisilicon Kirin 710, Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G51 MP4; RAM 4GB, memory internal 64; microSD, up to 256 GB (dedicated slot);; Baterai Non-removable Li-Ion 3340; Battery charging 10W

Kedua handphone ini mengklaim dirinya menggunakan chipset yang mengakomodasi kebutuhan gaming. Baik Kirin 710 dan Helio P60 keduanya sudah teruji dalam memanjakan pengguna yang gemar bermain game. Game kekinian seperti Fortnite dan PUBG mampu dilahap oleh kedua perangkat ini tanpa adanya hambatan yang berarti. Apiknya lagi, kedua handphone ini dibekali dengan mode gaming yang bakal semakin memanjakan pengguna dalam bermain game mulai dari pengaturan notifikasi yang bisa diatur saat bermain game hingga peningkatan kualitas grafis yang bisa disesuaikan oleh pengguna.

Sementara untuk dukungan RAM kedua perangkat ini hadir dengan besaran RAM yang serupa pada versi standarnya yakni 4GB. Namun untuk Oppo, handphone ini hadir dengan opsi RAM yang lebih besar yakni 6GB. Namun dari kapasitas simpan data Huawei hadir dengan memory internal yang jauh lebih besar yakni 128GB. Sementara untuk Oppo F9 maupun Oppo F9 Pro hanya dibekali dengan memory internal 64GB.

Untuk media simpan data tambahannya, kedua perangkat ini menyediakan slot kartu microSD yang terpisah dari slot SIMcard dengan kapasitas maksimal hingga 256GB.

Beralih ke sektor baterai, Oppo F9 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yakni 3500 mAh. Apiknya lagi, baterai yang tertanam sudah dikombinasikan dengan pengisian baterai cepat besutan Oppo yakni VOOC Flash Charge yang memiliki pengisian baterai perangakt mencapai  5V/4A 20W. Sementara Huawei Nova 3i yang dibekali dengan baterai 3340 mAh tidak dibekali dengan teknologi pengisian baterai yang cepat seperti Oppo. Pengisian baterai pada Huawei Nova 3i hanya sebatas 5V/2A 10W.

Kesimpulan

Hadir dengan segmen pasar yang tidak jauh berbeda yakni pengguna selfie yang gemar bermain game, kedua perangkat ini menawarkan kinerja perangkat yang prima dalam mengakomodasi dua kebutuhan pengguna tersebut. Kedua handphone ini sama-sama dibekali dengan kamera depan dengan resolusi yang tinggi. Oppo F9 menawarkan kamera depan 25 megapiksel dengan dukungan AI untuk menghadirkan foto selfie yang lebih natural. Sementara Huawei Nova 3i hadir dengan konfigurasi kamera ganda di bagian depan yang menghadirkan kualitas foto selfie yang prima pula. Di bagian layarnya tak ada perbedaan yang berarti selain poni dan waterdropnya saja. Sisanya besaran layar resolusi hingga tampilannya nyaris tak berbeda. Begitu pula dari sisi kinerja, kedua perangkat ini hadir dengan dukungan chipset yang prima dalam mendukung aktivitas pengguna mulai dari bermain game hingga multimedia. Namun pada sisi kapasitas baterai yang ditanamkan, Oppo F9 memiliki keunggulan dari besaran kapasitas baterai dan teknologi fast charging yang ditanamkan. Dari sisi memory internal Huawei lebih digdaya dengan kapasitas simpan data yang 2x lebih besar dibandingkan Oppo F9. Dengan kehandalan dan keunggulan yang ada pada kedua perangkat ini, konsumen lah yang menentukan handphone mana yang lebih layak dimiliki. Selamat memilih.