pulsa-logo

Adu Fitur, Asus Zenfone Max Pro M1 6GB vs Nokia 6.1 Plus


Deni Hardian

Senin, 17 September 2018 • 16:05

adu fitur,asus zenfone max pro m1,nokia 6.1 plus,spesifikasi asus zenfone,spesifikasi nokia 6.1 plus


Nokia 6.1 Plus vs Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB)Nokia 6.1 Plus vs Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB)

Persaingan pasar handphone kelas menengah bawah semakin bergairah setelah Nokia menghadirkan handphone terbarunya. Mengusung sistem operasi Android Go, Nokia 6.1 Plus juga membawa perbendaharaan hardware yang cukup mumpuni untuk ukuran handphone saat ini.

Namun kehadiran Nokia 6.1 Plus di Indonesia bakal mendapatkan persaingan keras dari handphone lain yang sudah beredar sebelumnya sebut saja Asus Zenfone Max Pro M1 6GB yang memiliki tampilan UI yang tak jauh berbeda, serta dukungan hardware yang nyaris serupa. Bahkan label harga handphone ini sama dengan Nokia 6.1 Plus yakni Rp3.399.000.

Handphone manakah yang memiliki fitur tambahan yang lebih menarik serta layak untuk dibeli, berikut PULSA hadirkan detail spesifikasi mulai dari layar hingga kapasitas baterai yang ditanamkan melalui adu fitur kedua handphone ini. Penasaran? Berikut ulasannya.

Desain

Nokia 6.1 Plus: 147.2 x 71 x 8 mm / 151 gram; Front/rear glass, aluminum frame; Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB): 159 x 76 x 8.5 mm / 180 gram; Front glass, aluminum body; Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), Dedicated Slot MicroSD

Bicara desain yang ditawarkan, kedua handphone ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda, terutama bila dilihat dair ukuran layar yang ditanamkan. Nokia 1 hadir dengan balutan kaca di bagian depan dan belakang bodinya, frame alumunium juga menghiasi tepi perangkat ini. Masih dari bagian depan, Nokia 6.1 Plus menyematkan poni di bagian atas layar plus tombol virtual di bagian bawahnya. Menoleh ke belakang, penempatan sensor kamera terletak di  tengah atas perangkat yang ditemani oleh sensor sidik jari tepat di bagian bawahnya.


Sementara Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB) memiliki material bodi kaca di area depan dan alumunium di belakangnya. Dari bobotnya, Zenfone Max Pro M1 lebih berat mencapai 180 gram dibandingkan Nokia 6.1 Plus yang hanya memiliki berat sekitar 151 gram saja, layar yang tertanam pada Max Pro M1 (6GB) tidak dibekali dengan poni. Selain itu, penempatan kamera belakang yang tertanam disisipkan pada sisi kiri atas perangkat dan penempatan sensor sidik jari ada di bagian tengah.

Perbedaan bobot bodi yang tertanam disebabkan oleh kapasitas baterai perangkat. Max Pro M1 (6GB) memiliki kapasitas baterai 5000 mAh, sementara untuk Nokia 6.1 Plus hanya 3030 mAh. Namun keduanya memiliki tampilan bezel yang cukup tipis yang membuatnya nyaman untuk digunakan.

Perbedaan lain pada kedua perangkat ini adalah dukungan slot kartu SIM dan microSD. Nokia 6.1 Plus mengadopsi slot SIMcard hybrid di mana slot sim dan slot microSD digabungkan dalam satu tempat saja. Sedangkan Max Pro M1 (6GB) sudah mengadopsi slot kartu secara terpisah, di mana pengguna bisa menempatkan dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan.

Layar dan UI

Beralih ke sektor layar, Max Pro M1 (6GB) hadir dengan ukuran layar 5.99 inci dengan resolusi 1080 x 2160 pixels, rasio layar 18:9 ratio dan ketajaman layar yang mencapai ~404 ppi. Sementara untuk Nokia 6.1 Plus hadir dengan panel layar berukuran 5.8 inci dengan resolusi 1080 x 2280 pixels, rasio layar 19:9 dan ketajaman layar yang mencapai ~432 ppi density. Meski memiliki ukuran layar yang lebih kecil, berdasarkan data yang terungkap Nokia 6.1 Plus memiliki ketajaman layar yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan Max Pro M1 (6GB).

Meski keduanya memiliki lapisan bezel yang cukup tipis, namun jarak tepi antara layar dengan bodi pada Nokia lebih baik dengan angka mencapai 81.5 %, sementara untuk Max Pro M1 (6GB) hanya 76.2%. Nilai lebih lain pada Nokia 6.1 Plus adalah perangkat ini telah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 3 sementara untuk perangkat Asus tidak dilapisi oleh kaca Corning.

Masuk ke pisi UI-nya, kedua perangkat ini hadir dengan tampilan UI besutan Google, namun UI yang tertanam pada Nokia 6.1 Plus lebih terjamin dari sisi update yang dihadirkan. Hal ini dikarenakan, Nokia secara khusus bekerjasama dengan Google dalam program Android One. Sementara untuk handphone Asus meski hadir dengan tampilan pure Android, jaminan update OS perangkat ini tidak terjamin pasti.

Performa

Nokia 6.1 Plus: Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 , Octa-core 1.8 GHz Kryo 260 GPU Adreno 509; RAM 4GB, Memory internal 64GB; Baterai Li-Ion 3060 mAh, Fast battery charging (Quick Charge 3.0).

Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB): Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 , Octa-core 1.8 GHz Kryo 260 GPU Adreno 509; RAM 6GB, Memory internal 64GB; Baterai Li-Po 5000 mAh, Charging 5V/2A 10W.

Departemen kinerja kedua perangkat ini sebenarnya tidak memiliki perbedaan. Keduanya sama-sama menyematkan Qualcomm Snapdragon 636 sebagai dapu pacu utamanya dan ditambahkan dengan media simpan internal sebesar 64GB. Perbedaan kedua perangkat ini dari sisi kinerja adalah dukungan RAM yang ditanamkan. Meski memiliki harga jual yang serupa, kapasitas RAM yang ditanamkan pada Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB) adalah 6GB dibandingkan dengan RAM yang tertanam pada Nokia 6.1 Plus yang hanya 4GB. Perbedaan ini cukup memberikan kinerja perangkat yang sedikit berbeda, dengan kapasitas RAM yang jauh lebih besar, tentunya memberikan kenyamanan kepada pengguna untuk beraktivitas secara lebih baik.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan diatas kapasitas baterai pada Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB) juga jauh lebih besar yang membuat perangkat ini memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih lama dibandingkan dengan Nokia 6.1 Plus. Namun meski memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil, proses pengisian daya pada Nokia 6.1 Plus jauh lebih baik karena sudah dibekali dengan teknologi Quick Charge 3.0. Sementara untuk pengisian daya pada handphone Asus setara dengan teknologi Quick Charge 2.0.

Kamera

Nokia 6.1 Plus: (Rear) 16 MP, f/2.0, 1.0µm, PDAF + 5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor; (Back) 16 MP, f/2.0, 1.0µm; Video: 1080p@30fps (gyro-EIS)

Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB): 16 MP, f/2.0, PDAF + 5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor; (Back) 16 MP, f/2.0, LED flash; Video: 1080p@30fps

Berbicara kedua fitur fotografi yang ditanamkan, kedua perangkat ini hadir dengan besara resolusi yang serupa baik kamera depan maupun kamera belakang yang ditanamkan. Menariknya lagi, kamera belakang kedua yang tertanam di bagian belakang juga memfokuskan pada hasil foto dengan efek bokeh yang menjadi tren masa kini.

Perbedaannya adalah tambahan lampu flash LED di bagian depan yang terletak di Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki kelebihan tersendiri yaitu menghadirkan pencahayaan yang lebih baik saat melakukan foto selfie di ruangan minim cahaya. Sementara itu, Nokia memiliki keunggulan dari sisi perekaman video karena telah dibekali dengan gyro-EIS yang mampu menghasilkan hasil video yang lebih stabil meski terjadi goncangan saat melakukan pengambilan gambar.

Konektivitas

Nokia 6.1 Plus: GSM / CDMA / HSPA / LTE, HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, hotspot; Bluetooth 5.0, A2DP, LE, USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB): GSM / HSPA / LTE, HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot; Bluetooth 5.0, A2DP, LE, microUSB 2.0, USB On-The-Go

Untuk konektivitas yang tertanam pada kedua perangkat ini, pada dasarnya kedua handphone ini sama-sama memiliki fitur yang hampir mirip. Kedua handphone ini telah mendukung jaringan 4G LTE, WiFi, Bluetooth untuk dapat terhubung dengan perangkat lainnya seperti perangkat speaker, ataupun terhubung ke perangkat PC.

Perbedaan mendasar dari kedua perangkat ini adalah dukungan type USB yang ditanamkan, untuk Nokia 6.1 Plus adalah USB Type-C sementara untuk Zenfone Max Pro M1 (6GB) masih mengusung tipe microUSB 2.0.

Fitur Tambahan

Nokia 6.1 Plus: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, e-compass

Asus Zenfone Max Pro M1 (6GB): Fingerprint, Face Unlock, accelerometer, proximity, compass, gyroscope, ambient light sensor

Fitur tambahan yang tertanam pada kedua perangkat ini tak jauh berbeda mulai dari sensor sidik jari dan sensor pendukung lainnya. Namun, untuk Zenfone Max Pro M1 (6GB) sudah ditambahkan pemindaian wajah (face unlock). Tak hanya itu, kedua perangkat ini juga sama-sama dibekali dengan beragam fitur gesture untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam beraktivitas.

Kesimpulan

Unggul dari sisi layar dan update OS, Nokia 6.1 Plus memberikan tampilan layar yang jauh lebih tajam serta tambahan poni di bagian atas yang membuatnya cukup menarik meskipun ukuran layar yang tertanam pada  Asus Zenfone Max Pro M1 sedikit lebih besar. Namun untuk fungsionalitas desainnya, dukungan slot kartu SIM dan microSD secara terpisah membuat perangkat ini memiliki fungsi yang jauh lebih baik. Pada sisi kinerja, Zenfone Max Pro M1 (6GB) sedikit lebih unggul dari dukungan RAM dan besaran baterai yang ditanamka. Meski begitu kedua handphone ini sama-sama mengusung chipset yang sama yakni Qualcomm Snapdragon 636.

Beredar di pasaran dengan kisaran harga jual yang sama, kedua perangkat ini kini sudah tersebar luas di pasaran secara online maupun offline.

Pilih yang mana, keputusan tetap ada di tangan Anda.