pulsa-logo

Pilih Mana Huawei Y9 2018 atau Honor 9 Lite?


Deni Hardian

Rabu, 26 September 2018 • 13:35

huawei y9 2018,honor 9 lite,adu fitur,rekomendasi,pilih mana,4 kamera,baterai besar,tabloid pulsa


Huawei Y9 2018Huawei Y9 2018

Huawei baru-baru ini telah memasarkan Y9 2018, yang tak lain handphone 4 kamera terbarunya. Berbeda dengan Huawei Nova 2i dan Nova 3i yang hadir untuk segmen pasar kelas menengah atas, kehadiran Huawei Y9 2018 justru membidik kalangan dengan dana yang lebih terbatas.

Tiba di pasaran dengan label harga Rp2,2 jutaan, Y9 2018 mengisi ceruk pasar dengan menawarkan pengguna handphone yang aktif menggunakan fitur fotografi dan gaming. Di segmen pasar ini sudah tersedia perangkat handphone dari vendor lain yang memiliki fitur dan spesifikasi yang serupa yakni Honor 9 Lite.

Uniknya, tak hanya memiliki kemiripan dari fitur dan spesifikasi kedua handphone ini hadir dengan rentang harga yang tidak jauh berbeda. Meskipun memiliki kesamaan dari sisi fitur dan spesifikasi yang ditanamkan, namun kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang mencolok. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Meskipun memiliki rentang harga yang tak jauh berbeda namun kedua perangkat ini memiliki tampilan desain yang sangat jauh berbeda. Di segmen ini Honor 9 Lite sedikit diatas angin dengan tampilan desain yang ditawarkan. Seperti diketahui, Honor 9 Lite tiba di pasaran dengan membawa material desain yang terbuat dari kaca pada bagian depan maupun belakang perangkatnya. Selain itu, opsi warna yang disediakan sangatlah menarik mulai dari Sapphire Blue dan Glacier Gray. Sementara itu, Huawei Y9 2018 membenamkan material alumunium di bagian belakangnya. Meskipun secara resmi hadir dengan 3 pilihan warna, namun perangkat ini tersedia di pasaran hanya dalam satu opsi warna saja yakni hitam.

Honor 9 LiteHonor 9 Lite

Tak hanya memiliki perbedaan dari sisi material bodi yang ditawarkan, kedua perangkat ini memiliki perbedaan dari dimensi body  dan bobot yang dimiliki. Huawei Y9 2018 memiliki ukuran body yang lebih besar dan lebih berat hal ini dikarenakan Y9 2018 memiliki ukuran layar, baterai yang lebih besar. Namun keduanya sama-sama memiliki tampilan desain yang dinamis dengan lekukan body pada setiap sudutnya.


Perbedaan lain pada kedua perangkat ini adalah dukungan slot kartu SIM dan microSD yang ditanamkan. Honor 9 Lite Plus masih mengadopsi slot SIMcard hybrid dimana slot sim dan slot microSD digabungkan dalam satu tempat saja. Sedangkan Huawei Y9 2018 sudah mengadopsi slot kartu secara terpisah, dimana pengguna bisa menempatkan dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan.

Layar dan UI

Masuk ke sektor antarmukanya, Huawei Y9 2018 hadir dengan ukuran layar yang lebih besar dibandingkan dengan Honor 9 Lite. Y9 2018 memiliki ukuran layar 5.93 inci sementara 9 Lite mengadopsi panel layar berukuran 5.65 inci namun keduanya sama-sama sudah dibekali dengan resolusi layar FHD+ dan rasio layar 18:9. Tak hanya itu, kedua handphone ini juga hadir tanpa balutan poni di bagian atas layarnya.

Efek dari perbedaan ukuran layar ini, membuat Honor 9 Lite memiliki layar yang sedikit lebih tajam dibandingkan dengan Huawei Y9 Lite. Hal ini dikarenakan Honor 9 Lite memiliki kedalaman layar mencapai 428 piksel per inci sementara Huawei Y9 2018 hanya memiliki kedalaman layar 407 piksel per inci.

Sementara untuk tampilan antarmukanya, kedua handphone ini sama-sama dibekali dengan UI EMUI 8.0 berbasis Android 8.0 Oreo.

Kamera

Beralih ke sektor fotografi, kedua perangkat ini sama-sama mengusung 4 kamera dalam satu perangkat. Namun, ada sedikit perbedaan kualitas lensa yang ditanamkan pada kedua perangkat ini. Yakni kamera depan yang ditanamkan, Huawei Y9 2018 lebih jumawa dengan konfigurasi kamera depan 16MP + 2MP sedangkan Honor 9 Lite hanya memiliki konfigurasi kamera depan 13MP + 2MP. Hal ini tentunya sedikit berpengaruh pada hasil kamera yang didapatkan.

Namun pada bagian belakang perangkat, kedua handphone ini sama-sama memiliki besaran resolusi yang serupa yakni 13MP + 2MP. Menariknya lagi, kedua perangkat ini juga sudah dibekali dengan beragam fitur pendukung untuk memaksimalkan aktivitas fotografinya mulai dari Photo, Pro Photo (mode manual), AR Lens, Video, Pro Video, HDR, Panorama, Light Painting, Time Lapse, Filter, dan Watermark. Jika masih kurang, pengguna bisa mengunduh mode Good Food untuk memotret makanan, atau Document Scan untuk mengabadikan dokumen penting.

Selain kamera belakang, kemampuan merekam video dari kedua perangkat ini sama-sama memiliki kemampuan untuk merekam video dengan resolusi FHD.

Kinerja

Tak hanya memiliki dukungan 4 kamera, baik Huawei Y9 2018 dan Honor 9 Lite sama-sama dibekali dengan dukungan chipset yang serupa yakni HiSilicon Kirin 659. Uniknya lagi besaran RAM dan memory internalnya pun serupa yakni 3GB dan 32GB. Kemampuan chipset yang tertanam ini sudah teruji kualitasnya dalam mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam berbagai aktivitas mulai dari gaming, streaming hingga aktivitas lainnya tanpa adanya masalah yang berarti.

Namun kedua perangkat ini memiliki besaran kapasitas baterai yang berbeda. Honor 9 Lite hadir dengan baterai berkapasitas 3000 mAh sedangkan Huawei Y9 2018 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang tentunya lebih memanjakan pengguna dalam beraktivitas. Namun, meskipun memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil, Honor 9 Lite sudah dibekali dengan fitur pengisian baterai cepat (fast charging) sedangkan Huawei Y9 tidak memiliki dukungan fitur tersebut. Alhasil, pengguna harus berlama-lama saat melakukan pengisian baterai.

Kemiripan lain yang tersedi dari kedua perangkat ini adalah dari sisi konektivitas yang ditanamkan. Keduanya sudah sama-sama memiliki akses jaringan 4G LTE, WiFi, Bluetooth 4.2 dan yang lainnya.

Kesimpulan

Meskipun hadir dengan spesifikasi serta fitur yang nyaris sama, kedua perangkat ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Honor 9 Lite unggul dari sisi desain, kualitas layar dan kemampuan fast charging yang dimilikinya. Sementara itu, Huawei Y9 2018 memiliki kehandalan dari ukuran layar yang lebih besar yang memberikan kenyamanan yang lebih baik saat digunakan dalam aktivitas gaming dan multimedia.

Selain itu, besaran kapasitas baterai yang ditanamkan pada Huawei Y9 2018 lebih menjanjikan daya yang lebih tahan lama karena memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar. Selain itu, kamera depan pada Huawei Y9 2018 memiliki besaran resolusi yang jauh lebih tinggi yang memberikan kualitas foto selfie yang jauh lebih baik pula. Jadi, pilih  Honor 9 Lite atau Huawei Y9 2018? Keputusan ada di tangan Anda.