pulsa-logo

Lenovo K9 vs Huawei Y9 2018, Adu Fitur Smartphone 4 Kamera Rp2 Jutaan


Deni Hardian

Rabu, 31 Oktober 2018 • 13:45

lenovo,huawei,lenovo k9,huawei y9 2018,smartphone 4 kamera,duel smartphone 4 kamera,adu fitur,rekomendasi,pulsa,tabloidpulsa


Lenovo K9 vs Huawei Y9 2018Lenovo K9 vs Huawei Y9 2018

Tren handphone empat kamera yang dipelopori Huawei Nova 2i menjadi titik balik bagi vendor lain untuk ikut meramaikan segmen ini, termasuk Lenovo lewat produk anyar Lenovo K9. Handphone ini juga membawa fitur empat kamera sebagai jualan utamanya. Menariknya, Lenovo K9 ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Kehadiran Lenovo K9 dengan empat kameranya di Indonesia bukan sepi dari persaingan, hadangan dari produk lain juga pasti datang. Salah satunya dari Huawei Y9 2018 yang juga datang dengan fitur empat kamera. Huawei Y9 2018 yang  datang lebih cepat memiliki harga jual yang tidak terpaut jauh dari Lenovo K9, yakni Rp2,2 jutaan.

Memiliki fitur yang nyaris sama dengan rentang harga yang tidak jauh berbeda, smartphone manakah yang lebih layak untuk dimiliki untuk menemani aktivitas sehari-hari? Berikut ulasannya.

Desain

Kita mulai dari sisi desain yang ditanamkan, Lenovo K9 hadir dengan tampilan desain kekinian di mana perangkat ini menyematkan material kaca pada bagian depan dan belakang perangkat. Selain memberikan tampilan yang menawan perangkat ini juga memiliki ukuran bodi yang tidak terlalu besar sehingga lebih memberikan kenyamanan saat digunakan dalam beraktivitas. Sebagai informasi, Lenovo K9 hadir dengan tebal bodi 8mm dan bobot mencapai 155 gram. Untuk ukuran smartphone masa kini, Lenovo K9 sudah memberikan pillihan yang menarik.

Sementara itu, Huawei Y9 2018 hadir dengan material desain yang terbuat dari alumunium dengan kustom warna doff yang memberikan kesan kokoh saat digenggam. Memiliki ukuran bodi dan bobot yang lebih besar dibandingkan Lenovo K9, namun perangkat ini sedikit lebih slim dengan ketebalan hanya 7,8 mm. Untuk bobotnya sendiri Y9 2018 ada di kisaran 175 gram. Untuk kaum Adam hal ini tidak terlalu berpengaruh namun lain halnya jika digunakan untuk kaum wanita. Dengan bobot yang cukup berat tentunya memberikan rasa kurang nyaman saat digunakan apalagi jika digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk fungsionalitas desainnya, Huawei Y9 2018 sedikit lebih baik dibandingkan dengan Lenovo K9. Huawei Y9 2018 memiliki slot kartu microSD yang terpisah dengan slot SIM card. Hal ini tentunya memberikan opsi lebih kepada konsumen untuk meningkatkan kapasitas simpan perangkat menjadi lebih besar tanpa mengorbankan penggunaan dual kartu SIM dalam satu perangkat. Sementara Lenovo K9 memberikan opsi kepada pengguna untuk menggunakan dua kartu SIM atau satu kartu SIM ditambah satu kartu microSD.


Selain perbedaan slot kartu microSD, kedua perangkat ini juga memiliki perbedaan dari port pengisian baterai. Lenovo K9 hadir dengan port USB type-C sedangkan Huawei Y9 2018 masih setia dengan menggunakan port microUSB 2.0.

Layar dan OS

Masuk ke sektor layar, kualitas layar yang ditanamkan pada Huawei Y9 2018 jauh lebih baik dibandingkan dengan Lenovo K9. Huawei Y9 2018 memiliki layar berukuran 5.93 inci dengan resolusi full HD+. Sementara itu, Lenovo hanya membekali perangkat ini dengan layar berukuran 5.7 inci selain itu resolusi layar yang ditanamkan hanya setengah dari Huawei Y9 2018 yakni HD+. Dalam menikmati konten multimedia maupun gaming, tentunya layar yang tertanam pada Huawei Y9 2018 jauh lebih baik. Selain lebih luas, layar yang tertanam juga memiliki detail dan ketajaman yang lebih baik.

Beralih ke bagian antarmuka, kedua perangkat ini sama-sama mengusung sistem operasi Android  Oreo sebagai basisnya. Namun interface kedua perangkat ini sangat jauh berbeda. Lenovo K9 lebih menampilkan perangkat smartphone khas google yakni pure Android yang hadir tanpa tambahan kustom. Namun banyak aplikasi tambahan yang ditanamkan pada perangkat ini ini mulai beberapa aplikasi game dan aplikasi lainnya. Sementara Huawei Y9 2018 hadir dengan interface khas ponsel Huawei lainnya, yakni EMUI 8.0 yang memiliki fitur yang sangat beragam ditambahan dengan fungsi gesture yang cukup lengkap untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas.

Kamera

Sektor fotografi menjadi nilai jual utama dari kedua perangkat ini, selain itu dengan kamera ganda di bagian depan dan belakang perangkat pengguna dapat melakukan eksplorasi secara lebih jauh untuk dapat menghasilkan foto yang baik. Meskipun sama-sama mengusung kamera ganda, namun kamera kedua yang tertanam pada kedua perangkat ini memiliki fungsi yang serupa yakni menghasilkan efek bokeh.

Namun konfigurasi kamera yang tertanam di kedua perangkat ini cukup berbeda baik di bagian depan maupun bagian belakang perangkatnya. Lenovo K9 memiliki konfigurasi yang sama pada bagian depan dan belakang yakni 13MP + 5 MP. Sementara itu, Huawei Y9 2018 pada bagian belakangnya memiliki konfigurasi kamera 13MP + 2MP. Sedangkan untuk di bagian depan yang difungsikan sebagai kamera selfie memiliki konfigurasi 16MP + 5MP.

Secara kualitas memang kedua perangkat ini mampu menghasilkan foto yang memiliki kualitas yang sama baiknya. Namun untuk kamera selfie, Huawei Y9 2018 memiliki kualitas yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan Lenovo K9.

Sedangkan untuk kemampuan merekam video, kedua perangkat ini sudah memiliki kemampuan untuk merekam video beresolusi full HD.

Kinerja

Lanjut ke soal kinerja, kedua perangkat ini telah dibekali dengan prosesor octa-core dengan kombinasi RAM 3GB dan memory internal 32GB. Namun yang membedakannya adalah produsen chipsetnya. Huawei Y9 2018 mempercayakan chipset keluarannya sendiri yakni HiSilicon Kirin 659 yang serupa dengan Honor 9 Lite. Sementara untuk Lenovo K9 mengadopsi chipset Mediatek P22.

Kedua chipset yang tertanam ini sudah sama-sama terbukti kualitasnya di mana kedua chipset ini mampu digunakan untuk mendukung aktivitas pengguna mulai bermain game hingga multimedia. Selain itu, berdasarkan hasil uji smartphone yang menggunakan kedua chipset ini hasilnya tidak jauh berbeda.

Sementara untuk kapasitas baterai yang ditanamkan, Huawei memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar, yakni 4000 mAh. Namun kapasitas baterai yang besar ini tidak dikombinasikan dengan fitur pengisian baterai cepat yang membuat pengguna harus mengorbankan waktu yang lebih banyak untuk melakukan pengisian baterai. Sebaliknya, Lenovo K9 yang memiliki baterai berkapasitas hanya 3000 mAh, namun perangkat ini sudah dibekali dengan fitur pengisian baterai cepat 10A. Alhasil, konsumen tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pengisian baterai.

Kesimpulan

Dengan rentang harga yang tidak jauh berbeda, kedua perangkat ini menawarkan fitur fotografi sebagai nilai jual utamanya. Namun ada beberapa keunggulan dari masing-masing smartphone ini. Huawei unggul dari sisi layar, resolusi layar, dan kapasitas baterai yang lebih besar. Sementara itu, Lenovo lebih menggoda dari sisi desain yang ditanamkan serta kemampuan fast charging yang dimilikinya. Untuk kualitas kameranya, kamera selfie yang tertanam pada Huawei Y9 2018 sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Lenovo K9 karena besaran lensa yang dimilikinya. Bagi pengguna yang tak hanya gemar melakukan aktivitas fotografi Huawei Y9 bisa menjadi piliihan menarik. Namun bagi pengguna yang mengutamakan kualitas desain Lenovo K9 bisa menjadi pilihan menarik.

Selamat memilih.