pulsa-logo

Honor 8X vs Xiaomi Mi 8 Lite, Duel Ponsel Harga 3 Jutaan


Deni Hardian

Selasa, 13 November 2018 • 13:41

adu fitur,adu spek,honor,xiaomi,honor 8x,xiaomi mi 8 lite,kirin 710,snapdragon 660,ai camera,selfie phone,dual kamera,full view display


Honor 8X vs Xiaomi Mi 8 LiteHonor 8X vs Xiaomi Mi 8 Lite

Pasar ponsel tanah air baru-baru ini kedatangan 2 smartphone terbaru dari dua vendor yang berbeda, yakni Honor dan Xiaomi. Keduanya menghadirkan smartphone kelas menengah yang dibanderol di kisaran harga 3 jutaan. Dengan segmen pasar yang serupa, kedua ponsel ini sama-sama dibekali dengan tampilan desain yang menawan serta beragam fitur menarik dan tentunya spesifikasi yang mumpuni dikelasnya.

Honor 8X tiba di pasaran dengan membawa harga resmi Rp 3.999.000, sementara itu Xiaomi Mi 8 Lite tersedia di pasaran dengan harga Rp 3.699.000. Namun kedua ponsel ini menerapakan strategi pasar yang berbeda. Honor lebih menyukai metode penjualan pre-order dimana konsumen dapat memesan perangkat ini dengan waktu yang ditentukan. Selain itu, beragam bonus menarik sudah menanti konsumen yang melakukan pemesanan. Sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite tersedia dengan metode penjualan normal dengan menggandeng mitra distributor ternama dengan stok yang cukup banyak. Selain itu, meski memiliki harga yang sedikit lebih murah, konsumen tidak akan mendapatkan bonus menarik seperti Honor 8X.

Meski sama-sama memiliki tampilan dan harga jual yang tidak jauh berbeda, smartphone manakah yang lebih pantas untuk dimiliki. Berikut PULSA hadirkan adu fitur berdasarkan spesifikasi yang ditanamkan oleh kedua smartphone tersebut.

Desain

Honor: 160.4 x 76.6 x 7.8 mm / 175 g; Black, Blue, Red, Pink; microUSB 2.0, USB On-The-Go

Xiaomi: 156.4 x 75.8 x 7.5 mm / 169 g; Twilight gold, Dream blue, Deep space gray; Type-C 1.0 reversible connector

Kita mulai dari sisi desain, kedua smartphone ini sama-sama memiliki ukuran desain yang nyaris sama namun memiliki ukuran desain yang sedikit berbeda. Honor 8X hadir dengan tampilan body yang bongsor dengan panjang body yang mencapai 160 mm dan lebar 76.6mm. Meski memiliki body yang panjang dan lebar namun perangkat ini memiliki tebal body yang cukup slim yakni 7.8mm. Sementara itu, Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan ukuran body yang sedikit lebih mungil dibandingkan dengan Honor 8X. Perangkat ini memiliki panjang 156.4 mm dengan lebar 75.8mm dan tebal bodynya pun hanya 7.5mm saja. Efek dari ukuran body yang lebih besar, bobot yang dimiliki oleh Honor 8X sedikit lebih berat dibandingkan dengan Xiaomi Mi 8 Lite.


Masuk ke sisi material desain, kedua smartphone ini sama-sama mengadopsi material kaca 2.5D pada bagian depan dan belakang bodynya. Selain itu, material metal juga hadir pada frame yang ditanamkan yang memberikan kombinasi yang sangat apik yang membuat kedua perangkat ini memiliki tampilan yang mewah nan menawan. Yang menarik adalah kedua smartphone ini sama-sama mengadopsi tampilan gradasi pada kover body belakangnya yang membuat kedua perangkat ini memiliki kombinasi warna yang menggoda.

Sementara untuk fungsionalitas desainnya, kedua smartphone ini sama-sama menyematkan tombol power dan volume pada sisi kiri perangkatnya. Pada sisi kanan, Honor 8X menyematkan dua slot kartu SIM ditambah satu slot kartu microSD. Sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite hanya menyematkan dua slot kartu SIM tanpa dukungan slot kartu microSD. Pada sisi atas kedua smartphone ini sama-sama menyematkan kamera depan dan sensor ambient light pada poni yang tertanam diatas layar. Sedangkan di bagian belakang Honor 8X menyematkan kamera belakang dengan posisi vertikal yang ditemani oleh lampu flash LED dan sensor sidik jari di bagian tengah. Sementara itu, kamera belakang Xiaomi Mi 8 Lite memiliki susunan horizontal dengan lampu flash LED dan sensor sidik jari.

Layar dan UI

Honor: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.5 inches, 103.7 cm2 (~84.4% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~396 ppi density); EMUI 8.2, Android 8.1 (Oreo)

Xiaomi: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.26 inches, 97.8 cm2 (~82.5% screen-to-body ratio), 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~403 ppi density); MIUI 10, Android 8.1 (Oreo)

Berbicara soal layarnya, kedua smartphone ini memiliki besaran layar yang cukup berbeda terutama dari sisi dimensi layar yang ditanamkan. Honor 8X yang memiliki ukuran desain yang lebih besar membenamkan layar yang memiliki ukuran yang besar dengan dimensi 6.5 inci, sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite memiliki ukuran layar  yang lebih mungil yakni 6.26 inci. Perbedaan ukuran layar yang tertanam juga berimbas pada besaran resolusi yang ditanamkan. Honor 8X hadir dengan resolusi layar 1080 x 2340 piksel dengan rasio layar 19.5:9 dan kedalalaman layar yang mencapai ~396 ppi. Sementara itu, Xiaomi Mi 8 Lite memiliki resolusi layar 1080x2280 piksel dengan rasio layar 19:9 dan kedalaman layar yang lebih baik dari Honor 8X yakni 403 ppi.

Sama-sama menyematkan poni di bagian atas layarnya, baik Honor 8X maupun Xiaomi Mi 8 Lite mengadopsi sistem operasi Android 8.1 Oreo. Namun keduanya memiliki tampilan UI yang berbeda, Honor 8X memiliki tampilan EMUI 8.2 sedangkan Mi 8 Lite tampil dengan dukungan MIUI 10. Kedua UI yang tertanam ini memiliki ciri khas masing-masing dengan fitur yang yang berbeda diantara keduanya.

Kinerja

Honor: Hisilicon Kirin 710 (12 nm), Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53) GPU Mali-G51 MP4; RAM 4GB / memory internal 128GB

Xiaomi: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm), Octa-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260) GPU Adreno 512; RAM 4GB / memory internal 64GB

Dari sektor kinerja, kedua smartphone ini sama-sama membekalinya dengan chipset yang sudah teruji kualitasnya dimana kedua chipset ini mengutamakan kualitas grafis untuk menopang aktivitas gaming pengguna. Meski begitu kedua smartphone ini memiliki chipset dari vendor yang berbeda. Honor mempercayakan chipset buatan Huawei yakni Kirin 710. Chipset yang juga ditanamkan pada Huawei Nova 3i ini sudah dibekali dengan GPU Turbo yang memaksimalkan kinerja grafis saat memainkan game berat. Sementara Xiaomi mempercayakan chipset buatan Qualcomm yang juga sudah teruji kinerjanya yakni Snapdragon 660. Tak jauh berbeda dengan Kirin 710, chipset besutan Qualcomm ini juga memiliki kinerja yang sangat baik dalam mengakomodasi kebutuhan gaming konsumen. Hal ini berkat dukungan grafis Adreno 512 yang ampuh dalam mengakomodasi grafis game berat.

Dari sisi RAM dan memory internal, kedua perangkat ini sepakat dengan menyematkan RAM sebesar 4GB. Namun untuk kapasitas memory internalnya, Honor 8X jauh lebih besar dengan 128GB sementara Mi 8 Lite hanya 64GB. Tak hanya itu, Honor juga menyediakan slot kartu microSD yang bisa dimaksimalkan hingga 400GB sementara Mi 8 Lite tidak menyematkan slot kartu microSD alhasil konsumen harus puas dengan kapasitas memory internal yang tersedia.

Pada sisi penunjang daya, dengan body dan layar yang besar Honor 8X juga menyematkan baterai berkapasitas besar yakni 3750 mAh dengan dukungan fast charging. Sementara itu, Mi 8 Lite hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 3350 mAh namun sudah dibekali dengan fitur Quick Charge 3.0 yang mampu mengisi daya perangkat secara lebih cepat dan aman.

Kamera

Honor: (Back) 20 MP, f/1,8, PDAF + 2 MP, depth sensor, LED flash, panorama, HDR; (Front) 16 MP, f/2.0, HDR; Video 1080p@30fps

Xiaomi: (Back) 12 MP, f/1.9, 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF + 5 MP, f/2.0, 1.12µm, depth sensor, LED flash, HDR, panorama; (Front) 24 MP, 0.9µm, Auto HDR; Video 1080p@30fps

Hadir dengan dukungan kamera ganda di belakang dan single di bagian depan, kedua perangkat ini memiliki konfigurasi kamera yang berbeda. Honor lebih memfokuskan kamera belakang sebagai andalannya, bagaimana tidak kamera belakang Honor 8X memiliki besaran resolusi 20MP + 2 MP. Sementara Xiaomi Mi 8 Lite hanya menyematkan kamera ganda dengan konfigurasi 12MP + 5MP. Meski begitu kedua kamera smartphone ini juga sudah dibekali dengan AI kamera yang bisa memaksimalkan fungsi dan menambahkan banyak fitur yang tertanam di dalamnya.

Di bagian depan, Xiaomi Mi 8 Lite lebih memanjakan pengguna smartphone yang gemar melakukan aksi selfie berkat lensa 20 megapiksel yang tertanam di dalamnya. Untuk Honor 8X hanya menyematkan kamera depan 16 megapiksel.

Untuk kemampuan merekam video, kedua smartphone ini sama-sama memiliki kemampuan merekam video beresolusi FHD.

Kesimpulan

Memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda, kedua smartphone ini memiliki keunggulan yang berbeda. Honor 8X unggul dari sisi layar yang lebih menjanjikan kenyamanan dalam bermain game dan multimedia. Selain itu, kamera belakang yang tertanam juga menjadi keunggulan tersendiri. Keunggulan lain yang tersedia pada Honor 8X adalah kapasitas memory internal yang ditanamkan yakni 128GB yang bisa menampung data pengguna mulai dari file game, video,foto dan yang lainnya dengan jumlah file yang jauh lebih banyak. Sementara itu, Xiaomi Mi 8 Lite unggul dari sisi harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan Honor 8 Lite, selain itu kemampuan kamera depannya sangat menggoda pecinta selfie dengan besaran resolusi kamera yang tertanam. Selain itu kemampuan Quick Charge 3.0 yang tertanam memberikan solusi praktis kepada pengguna untuk mengisi daya secara lebih cepat.