pulsa-logo

Ini Beda Xiaomi Mi 8 Lite dengan Xiaomi Mi 8 SE


Deni Hardian

Rabu, 21 November 2018 • 15:39

xiaomi,xiaomi mi 8 se,xiaomi mi 8 lite,android,xiaomi mi 8 series,smartphone dual kamera,miui 10


Beda Xiaomi Mi 8 Lite dengan Mi 8 SEBeda Xiaomi Mi 8 Lite dengan Mi 8 SE

Pasar ponsel tanah kembali kedatangan 2 smartphone terbaru dari Xiaomi. Salah satu diantaranya adalah Xiaomi Mi 8 Lite. Versi murah dari smartphone premium ini hadir menghiasi pasaran dengan banderol harga yang terjangkau. Hal ini bisa dimaklumi, karena spesifikasi serta fitur yang ditanamkan pada Mi 8 Lite sangat jauh berbeda dengan Xiaomi Mi 8 yang telah beredar lama secara global. Yang menarik adalah, Xiaomi sebelumnya juga sudah menghadirkan smartphone versi murah Mi 8 lain yang juga telah beredar di pasaran meskipun hanya memiliki garansi distributor yakni Xiaomi Mi 8 SE.

Baik Xiaomi Mi 8 Lite dan Xiaomi Mi 8 SE memang ditujukan untuk pengguna yang ingin mencicipi perangkat smartphone premium Xiaomi namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Yang menarik adalah, meski sama-sama ditujukan untuk kalangan menengah, kedua smartphone ini memiliki perbedaan yang cukup jauh. Mulai dari ukuran layar hingga fitur yang ditanamkan.

Xiaomi Mi 8 Lite sudah mulai beredar resmi di pasaran dengan harga Rp 3.699.000, sedangkan Xiaomi Mi 8 SE sudah cukup lama beredar di pasaran, namun perangkat ini tidak memiliki garansi resmi. Meski tidak memiliki garansi resmi, harga jual perangkat ini tidak jauh berbeda dengan Mi 8 Lite yakni berkisar empat juta rupiah saja.

Namun dari kedua versi murah Xiaomi Mi 8 ini, apa saja perbedaan yang dimiliki serta smartphone manakah yang memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih baik. Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

Kita mulai dari sisi desain, kedua smartphone ini memiliki tampilan yang cukup jauh berbeda. Xiaomi Mi 8 Lite memiliki ukuran body yang cukup bongsor dengan dimensi 156.4 x 75.8 x 7.5 mm selain itu bobot perangkat ini cukup berat yakni 169 gram. Sementara itu, Xiaomi Mi 8 SE tampil lebih ringkas dengan dimensi body hanya 147.3 x 73.1 x 7.5 mm dan bobot 164 gram.

Perbedaan ukuran dimensi ini berimbas pada ukuran layar yang ditanamkan. Mi 8 Lite hadir dengan dimensi layar 6.26 inci sementara Mi 8 SE hanya 5.88 inci. Perbedaan yang mencolok lain dari sisi desain yang ditanamkan adalah penempatan posisi kamera belakang yang ditanamkan. Mi 8 Lite hadir dengan kamera belakang dengan sudut vertikal sedangkan Mi 8 SE memiliki tampilan kamera horizontal.


Dari sisi material desain yang ditanamkan, keduanya sama-sama memiliki material kaca 2.5D namun untuk Mi 8 Lite memiliki warna gradasi sementara Mi 8 SE tidak. Uniknya, kedua smartphone ini sama-sama tidak menyematkan lubang jack audio 3,5mm. Selain itu keduanya juga sama-sama membenamkan slot microUSB Type-C 1.0.

Layar

Meski memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda, kedua perangkat ini memiliki perbedaan ukuran layar yang cukup mencolok. Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan panel layar IPS dengan dimensi 6.26 inci dan memiliki resolusi layar FHD+ 1080 x 2280 serta rasio layar 19:9. Imbas dari ukuran layar yang cukup besar membuat kedalaman layar ini hanya mencapai 403 ppi saja.

Sementara Xiaomi Mi 8 SE yang hadir dengan ukuran layar yang lebih kecil dibekali dengan panel layar Super AMOLED dengan dimensi 5.88 inci FHD+ 1080 x 2244 piksel dengan rasio layar 18.7:9 ratio (~423 ppi). Nilai lebih yang tertanam pada layar Xiaomi Mi 8 SE adalah sudah dilapisi dengan kaca Corning Gorilla Glass 5. Tak hanya itu, fitur layar seperti HDR10 display dan DCI-P3 sudah tertanam diperangkat ini yang membuatnya tampil lebih tajam dan jernih saat digunakan sehari-hari.

Dengan perbedaan kualitas layar yang ditanamkan, membuat Xiaomi Mi 8SE jauh lebih unggul. Namun untuk sistem operasinya, kedua smartphone ini sudah membenamkan OS Android 8.1 Oreo dengan kustom MIUI 10.

Kinerja

Setelah mengungkap sisi desain dan layar kini giliran sisi kinerja yang kita ungkap. Xiaomi Mi 8 Lite beredar di Indonesia dengan membenamkan prosesor Qualcomm Snapdraon 660 AIE dengan kombinasi RAM 4GB, memory internal 64GB dan baterai berkapasitas 3350 mAh. Sementara Xiaomi Mi 8 SE hadir dengan chipset yang lebih bertenaga yakni Qualcomm Snapdragon 710 dengan kombinasi RAM 6GB, memory internal 64GB dan baterai 3120 mAh.

Secara kinerja, Xiaomi Mi 8 SE memiliki kinerja yang jauh lebih gegas dibandingkan dengan Xiaomi Mi 8 Lite. Hal ini sudah terbukti berkat hasil benchmark yang didapatkan oleh Mi 8 SE yang mencapai 161846 (hasil tes benchmark Antutu oleh PULSA). Sementara itu, Snapdragon 660 AIE hanya berkisar diangka 130 ribuan saja (Antutu Benchmark). Perbedaan kualitas ini tentunya berimbas pada kinerja gaming dan grafis yang ditanamkan. Tentunya Xiaomi Mi 8 SE memiliki kinerja yang jauh lebih baik saat digunakan bermaian game ataupun multimedia.

Kamera

Beralih ke sektor fotografi, kedua smartphone ini sama-sama membenamkan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi yang sama yakni 12 MP, f/1.9, 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF + 5 MP, f/2.0, 1.12µm, depth sensor. Sementara itu, untuk kamera depannya sedikit memiliki perbedaan. Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan kamera depan 24 megapiksel berfitur HDR dan kemampuan merekam video FHD. Sementara itu, Xiaomi Mi 8 SE memiliki resolusi kamera depan lebih rendah dengan lensa 20 megapiksel plus fitur HDR dan lampu LED.

Sementara untuk kemampuan merekam video dengan kamera belakangnya, kedua perangkat ini sama-sama mampu merekam video dengan resolusi Full HD.

Konektivitas

Kedua smartphone ini baik Xiaomi Mi 8 Lite maupun Mi 8 SE sama-sama dibekali dengan fasilitas koneksi yang cukup lengkap mulai dari akses jaringan 4G LTE, Bluetooth 5.0, WiFi, hingga USB Type-C 1.0. Namun untuk Xiaomi Mi 8 Lite tidak dilengkapi dengan port InfraRed.

Kesimpulan

Memiliki rentang harga yang tidak jauh berbeda, Xiaomi Mi 8 SE lebih memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih baik dari Xiaomi Mi 8 Lite. Xiaomi Mi 8 SE memiliki kualitas layar, chipset yang dibenamkan, hingga dukungan RAM kualitasnya jauh lebih baik dari Mi 8 Lite. Namun bukan tanpa cela, besaran layar yang dimiliki oleh Mi 8 Lite, kamera depan dan kapasitas baterai yang tertanam membuat Mi 8 Lite masih sangat layak untuk dimiliki. Dan senjata utama dari Xiaomi Mi 8 Lite yaitu jaminan garansi resmi yang tidak dimiliki oleh Xiaomi Mi 8 SE.

Selamat memilih