pulsa-logo

Oppo A7 vs Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Mana yang Layak Beli?


Deni Hardian

Senin, 26 November 2018 • 14:31

adu fitur,duel smartphone,oppo a7,xiaomi redmi note 6 pro,oppo,xiaomi,smartphone dual kamera,android 8.1 oreo,tabloidpulsa


Ilustrasi: Xiaomi Redmi Note 6 Pro vs Oppo A7Ilustrasi: Xiaomi Redmi Note 6 Pro vs Oppo A7

Pasar ponsel tanah air belum lama ini kembali kedatangan beberapa smartphone baru dengan harga jual yang bervariasi mulai dari satu jutaan hingga 8 jutaan. Yang menarik, smartphone dengan harga 3 jutaan cukup mendominasi pasaran. Nama besar seperti Oppo, Vivo hingga Xiaomi turut menghadirkan smartphone direntang harga ini dengan menawarkan fitur yang menggoda. Dari beberapa smartphone yang hadir disekitar harga 3 jutaan, smartphone keluaran Oppo dan Xiaomi cukup memberikan pilihan yang menarik. Dua smartphone tersebut adalah Oppo A7 dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Kedua smartphone ini sama-sama membidik kalangan menengah atas yang mengutamakan tampilan desain, kinerja dan fitur fotografi yang mumpuni.

Dengan segmen pasar yang nyaris sama, kedua smartphone ini tak hanya menawarkan fitur yang menggoda namun juga memberikan jaminan kualitas produk yang baik kepada konsumen dalam mendukung aktivitasnya sehari-hari. Namun smartphone manakah yang lebih layak untuk dimiliki? Apakah Oppo A7 ataukah Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Penasaran simak adu fitur kedua smartphone ini.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Rp 3.500.000

Oppo A7

Rp 3.699.000

Desain


Oppo: 155.9 x 75.4 x 8.1 mm / 168 g

Xiaomi: 157.9 x 76.4 x 8.3 mm / 182 g

Smartphone dengan harga jual 3 jutaan, tentunya memiliki tampilan yang menawan. Baik Oppo A7 maupun Xiaomi Redmi Note 6 Pro, sama-sama menampilkan tampilan desain kekinian yang membuatnya tampil menarik dan menggoda untuk dimiliki. Oppo A7 belum diketahui apakah menggunakan materai body belakang terbuat dari plastik atau metal. Namun kover body belakang ini memiliki garis tegas yang membuatnya tampil mewah apalagi kombinasi warna yang ditanamkan sangatlah menarik. Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang mengadopsi material metal di bagian belakang memberikan kenyamanan yang lebih baik saat digenggam. Selain itu, beragam pilihan warna sudah disediakan oleh Xiaomi untuk konsumen yang memiliki karakter yang berbeda-beda.

Oppo A7Oppo A7

Xiaomi Redmi Note 6 ProXiaomi Redmi Note 6 Pro

Berbicara ukuran desain yang ditanamkan, Xiaomi Redmi Note 6 Pro memiliki ukuran desain yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Oppo A7, selain itu bobot perangkat Redmi Note 6 Pro juga lebih berat. Namun ada perbedaan yang mencolok di kedua perangkat ini, yakni fitur fotografi yang ditanamkan. Xiaomi menyematkan 4 kamera di perangkat ini dengan konfigurasi 2 di depan dan 2 di belakang. Sementara itu, Oppo yang menyematkan kamera ganda di bagian belakang hanya menyematkan single kamera di bagian depan. Tak hanya dari sisi fotografi, besaran layar yang tertanam di kedua perangkat ini juga sedikit berbeda. Xiaomi Redmi Note 6 Pro memiliki ukuran layar 6.26 inci sedikit lebih besar dibandingkan dengan Oppo A7 yakni 6.2 inci.

Layar dan UI

Oppo: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.2 inches, 95.9 cm2 (~81.6% screen-to-body ratio), 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~271 ppi density), Multitouch, Corning Gorilla Glass 3, Color OS 5.2, Android 8.1 Oreo

Xiaomi: 6.26 inches, 97.8 cm2 (~81.1% screen-to-body ratio); 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~403 ppi density), Multitouch, Corning Gorilla Glass, MIUI 9, Android 8.1 Oreo

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kedua smartphone ini memiliki ukuran layar yang sedikit berbeda. Namun dari sisi kualitas yang dihadirkan, Xiaomi Redmi Note 6 Pro jauh lebih baik dibandingkan dengan Oppo A7. Dengan ukuran layar yang mencapai 6.26 inci, Redmi Note 6 Pro memiliki resolusi layar FHD+ (1080 x 2280p) plus rasio layar 19:9 dan kedalaman layar yang mencapai 403 ppi. Hal ini berbanding jauh dengan layar yang tertanam pada Oppo A7 yang hanya memiliki resolusi layar HD+ (720 x 1520p) rasio 19:9 dan kedalaman layar hanya 271 ppi.

Dari sisi kenyamanan, tentu saja Redmi Note 6 Pro memberikan kenyamanan yang jauh lebih baik dibandingkan Oppo A7. Kualitas layar yang lebih tajam tentunya memberikan pengalaman yang lebih baik saat digunakan bermain game maupun menikmati konten multimedia.

Memiliki keunggulan dari sisi kualitas yang ditawarkan, namun kedua perangkat ini sama-sama memiliki tampilan yang menggoda. Xiaomi Redmi Note 6 Pro memiliki poni yang melebar dengan menempatkan sensor kamera ganda dan sensor cahaya. Sementara poni yang tertanam pada Oppo A7 yang biasa disebut waterdrop tampil mungil dengan hanya menempatkan kamera depan saja.

Beralih ke sektor UI, kedua smartphone ini sama-sama membenamkan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Meski begitu, kedua smartphone ini memiliki UI yang berbeda dengan ciri khasnya masing-masing. Xiaomi Redmi Note 6 PRo mengusug MIUI 9 dengan beragam fitur pendukung yang melimpah. Sementara itu, Oppo tampil dengan UInya sendiri yakni Color OS 5.2 yang memiliki ciri khas smartphone Oppo pada umumnya.

Kinerja

Oppo: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm), Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 GPU Adreno 506; RAM 4GB / ROM 64GB; Baterai 4230 mAh

Xiaomi: Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 (14 nm), Octa-core 1.8 GHz Kryo 260 GPU Adreno 509; RAM 4GB / ROM 64GB; Baterai 4000 mAh, Fast Charging 2A/5V 10W

Berbicara soal kinerja, lagi-lagi Oppo A7 memiliki kinerja yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Perbedaan seri chipset yang ditanamkan sangat mempengaruhi kinerja perangkat dalam mendukung aktivitas pengguna sehari-hari.

Oppo A7 hanya menyematkan chipset yang biasa ditanamkan pada perangkat smartphone dengan harga 2 jutaan yakni Snapdragon 450. Dengan harga yang dipatok sudah semestinya, Oppo A7 menggunakan chipset yang memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan chipset Qualcomm keluaran tahun 2018 yakni Snapdragon 636. Dengan kualitas yang sudah teruji dalam mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam berbagai aktivitas mulai dari bermain game, multitasking hingga kegiatan multimedia yang membutuhkan kinerja grafis yang baik.

Meski memiliki perbedaan chipset yang ditanamkan, kedua perangkat ini sama-sama mengusung RAM sebesar 4GB yang dikombinasikan dengan memory internal sebesar 64GB. Namun untuk penambahan kapasitas memory internal yang tersedia, Oppo A7 menyematkan slot kartu microSD secara terpisah dengan slot kartu SIMcard, sementara Redmi Note 6 Pro masih membenamkan slot kartu microSD bersamaan dengan kartu SIM, alhasil konsumen harus memilih apakah menggunakan slot kedua untuk kartu SIM atau kartu memory.

Dari sisi kapasitas baterai, Oppo A7 memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih besar yakni 4230 mAh namun sayangnya, dengan kapasitas baterai yang besar ini Oppo tidak mengkombinasikannya dengan fitur pengisian baterai cepat. Alhasil, konsumen harus menyediakan waktu yang lebih banyak untuk melakukan pengisian baterai. Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang hanya memiliki baterai berkapasitas 4000 mAh sudah dibekali dengan fitur pengisian baterai cepat.

Kamera

Oppo: (Belakang) 13 MP, f/2.2,  AF + 2 MP, f/2.4, depth sensor, LED flash, HDR, panorama; (depan) 16 MP, f/2.0; Video: 1080p@30fps

Xiaomi: (Belakang) 12 MP, f/1.9, 1/2.55", 1.4m, dual pixel PDAF + 5 MP, f/2.2, 1.12m, depth sensor, Dual-LED flash, HDR, panorama; (depan)20 MP, f/2.0, 0.9m + 2 MP, f/2.2, 1.75m, depth sensor HDR; Video: 1080p@30fps

Puas mengulik sisi desain, layar dan kinerja. Kini giliran sektor fotografi yang kita ulas. Dengan segmen pasar yang sama, namun fitur fotografi kedua perangkat ini sangat jauh berbeda diantara keduanya. Oppo A7 yang membenamkan fitur fotografi standar khas smartphone masa kini  hadir dengan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 13MP + 2MP. Tak jauh berbeda dengan smartpone dengan kamera ganda pada umumnya, kamera kedua yang tertanam pada bagian belakang Oppo A7 memfokuskan pada efek bokeh.

Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang juga membenamkan kamera ganda di bagian belakang memiliki konfigurasi kamera yang lebih baik dan tambahan fitur yang mumpuni, Redmi Note 6 Pro hadir dengan kamera belakang 12MP + 5MP dengan dukungan fitur dual-pixel PDAF untuk memberikan kecepatan autofokus yang lebih baik. Selain itu, kamera belakang yang tertanam juga dibekali dengan lampu flash dual-LED yang mampu memancarkan cahaya yang jauh lebih baik.

Yang membuat kamera belakang Xiaomi Redmi Note 6 Pro lebih menarik adalah hadirnya AI (artificial intelegent) yang dapat mendeteksi 27 suasana secara langsung. Selain itu, dengan 6 jenis efek lensa suar yang berbeda untuk menghasilkan foto berkualitas baik untuk segala mode pencahayaan.

Untuk aktivitas selfie, meski tidak secara khusus membidik pengguna smartphone yang gemar melakukan aktivitas selfie, kamera depan Xiaomi Redmi Note 6 Pro memiliki resolusi yang besar dikelasnya. Perangkat ini hadir dengan kamera ganda dengan konfigurasi 20MP + 2MP. Dengan tambahan sensor kamera yang tertanam di bagian depan Redmi Note 6 Pro mampu menghadirkan foto selfie dengan efek bokeh yang tentunya lebih baik. Sementara itu, Oppo yang biasa dikenal sebagai smartphone selfie hanya menyematkan kamera 16 megapiksel dengan tambahan fitur AR Sticker.

Kemampuan merekam video kedua perangkat ini cukup berimbang, dimana kedua perangkat ini sama-sama mampu merekam video dengan resolusi FHD.

Fitur tambahan

Oppo: Fingerprint, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2, A2DP, LE

Xiaomi: Fingerprint, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Infrared, Bluetooth 5.0, A2DP, LE,

Meski sama-sama memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda, namun fitur yang tertanam pada kedua perangkat ini cukup jauh berbeda. Dari sisi koneksi, Xiaomi Redmi Note 6 Pro tampil lebih digdaya dengan teknologi wifi, Bluetooth yang memiliki versi terupdate. Selain itu, perangkat ini juga telah dibekali dengan sensor infrared yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menghubungkan ke perangkat elektronik dan yang lainnya. Sementara itu, Oppo A7 masih mengadopsi teknologi WiFi dan Bluetooh yang tak jauh berbeda dengan smartphone lainnya. Selain itu, perangkat ini tidak disertakan sensor infra-red.

Kesimpulan

Dengan harga jual yang tidak jauh berbeda, kehadiran Xiaomi Redmi Note 6 Pro lebih menggoda untuk dimiliki. Tak hanya memiliki spesifikasi serta fitur yang jauh lebih menggoda dari Oppo A7. Kualitas layar yang jauh lebih baik, fitur kamera yang lebih menggoda hingga fitur tambahan yang lebih lengkap membuat Redmi Note 6 Pro unggul segalanya dari Oppo A7. Namun dari sisi desain, Oppo A7 sedikit lebih menarik dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro.