pulsa-logo

Samsung Galaxy A8s vs Oppo R17 Pro, Duel Smartphone Berteknologi Kekinian


Deni Hardian

Selasa, 11 Desember 2018 • 15:19

samsung galaxy a8s,oppo r17 pro,adu fitur,komparasi smartphone,kompare smartphone,compare,pulsa,tabloidpulsa


Samsung Galaxy A8s vs Oppo R17 ProSamsung Galaxy A8s vs Oppo R17 Pro

Beragam inovasi baru kian gencar dijejalkan ke produk-produk terkini. Mulai dari teknologi layar kekinian, tambahan poni di atas layar, jumlah lensa kamera di bagian belakang, sensor sidik jari yang ditanam di bawah layar dan yang terbaru adalah membenamkan kamera depan di bawah layar.

Teknologi kamera depan yang ditanamkan di bawah layar dipelopori oleh Samsung dengan produknya yang bernama Samsung Galaxy A8s. Smarpthone yang baru memulai debutnya di pasar ponsel China hadir dengan membawa beragam fitur menarik di dalamnya. Jika dilihat dari spesifikasi dan fitur yang ditanamkan, dari sisi kinerja dan perkiraan harga jual smartphone ini tidak jauh berbeda dengan Oppo R17 Pro yang sebentar lagi akan memulai debutnya di pasar global.

Ulasan adu fitur kali ini, PULSA ingin membandingkan kedua smartphone ini yakni Samsung Galaxy A8s dan Oppo R17 Pro. Adu fitur kedua smartphone ini didasarkan pada kemampuan kinerja yang dimilikinya. Namun smartphone mana yang lebih menggoda? Simak ulasannya berikut ini.

Kinerja

Samsung: Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm), Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver), GPU Adreno 616; RAM 6GB/8GB, ROM 128GB; microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot); Non-removable Li-Po 3700 mAh, Fast battery charging: 40% in 10 min

Oppo: Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm), Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver), GPU Adreno 616; RAM 6GB/8GB, ROM 128GB; microSD, up to 512 GB; Non-removable Li-Ion 3400 mAh, Fast battery charging

Kedua smartphone ini sama-sama mengusung chipset Snapdragon 710 yang memiliki kinerja yang sangat baik saat digunakan dalam beragam aktivitas. Chipset ini juga tertanam pada Xiaomi Mi 8 SE, dari ulasan lengkap tim PULSA, smartphone ini memiliki kinerja yang dibutuhkan pada perangkat smartphone kelas menengah atas.


Imbasnya, dengan menggunakan chipset ini harga jual smartphone juga semakin meningkat. Oppo R17 Pro beredar secara global dengan harga sekitar 600 Euro, jika di rupiahkan akan mencapai 9,9 jutaan rupiah. Harga ini juga pasti tidak akan jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A8s ketika beredar di pasar global. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy A9 yang beredar di Indonesia yang hanya menggunakan chipset Snapdragon 660 dijual dengan harga 7,9 jutaan.

Meskipun memiliki harga jual yang tinggi berkat chipset yang ditanamkan, kedua smartphone ini mengimbanginya dengan dukungan RAM dan memory internal berkapasitas besar guna memberikan kenyamanan kepada pengguna. Baik Oppo R17 Pro dan Samsung Galaxy A8s keduanya hadir dengan opsi RAM 6GB dan 8GB serta dibekali dengan kartu memory sebesar 128GB. Selain itu, kedua smartphone ini juga menyediakan slot kartu microSD, namun kapasitas Galaxy A8s 2x lebih besar dari Oppo R17 Pro yakni 512GB.

Meski memiliki jenis chipset dan kapasitas RAM/ROM yang sama, namun kapasitas baterai yang tertanam di kedua perangkat ini sedikit  jauh berbeda. Oppo R17 Pro memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dengan 3700 mAh. Sementara untuk Galaxy A8s hanya 3400 mAh. Menariknya, kedua smartphone ini juga sudah dibekali dengan fitur pengisian baterai cepat.

Desain

Samsung: 158.4 x 74.9 x 7.4 mm / 173 gram; Front/back glass, aluminum frame

Oppo: 157.6 x 74.6 x 7.9 mm / 183 gram; Front/back glass, aluminum frame

Dari sisi desain, kedua smartphone ini memiliki tampilan yang keren dan macho. Selain itu, kedua smartphone ini sama-sama mengadopsi material kaca pada bagian depan maupun belakangnya. Keduanya juga hadir dengan desain yang melengkung pada kover body belakangnya. Namun, pada sentuhan akhirnya Oppo sedikit lebih menarik dengan kombinasi warnanya yang memikat. Sementara Galaxy A8s hanya menggunakan satu warna saja pada kover body belakangnya.

Perbedaan mencolok lainnya adalah Oppo R17 Pro tidak menghadirkan sensor sidik jari pada kover body belakangnya. Sensor sidik jari pada Oppo R17 Pro tertanam di bawah layar utamanya. Sedangkan Samsung masih membenamkan sensor sidik jari konvensional di bagian belakang.

Masih pada bagian kover body belakangnya, Samsung membenamkan 3 kamera belakang sementara Oppo hanya membenamkan 2 sensor kamera saja. Namun keduanya sudah sama-sama dibekali dengan lampu flash LED.

Beralih ke bagian depannya, Samsung Galaxy A8s tidak membenamkan poni pada bagian atas layarnya, namun Samsung menghadirkan inovasi baru berupa "Infinity-O" dimana sensor kamera depan ditanamkan di bawah layar. Sementara itu, Oppo menyematkan kamera depannya pada poni yang berada di atas layar.

Kedua smartphone ini sama-sama hadir dengan lekukan body yang tegas di setiap sudutnya. Selain itu, kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan frame metal yang membuatnya terlihat semakin kokoh.

Layar dan OS

Samsung: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 6.4 inches, 100.5 cm2 (~84.7% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~403 ppi density), Multitouch, Always On Display; Android 9.0 (Pie)

Oppo: AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 6.4 inches, 101.0 cm2 (~85.9% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~402 ppi density), Multitouch, Corning Gorilla Glass 6, Color OS 5.2; Android 8.1 (Oreo)

Beralih ke sektor layar, Kedua smartphone ini sama-sama membenamkan layar berukuran 6.4 inci dengan resolusi FHD+ dan rasio layar yang serupa. Perbedaannya terletak dari teknologi layar yang ditanamkan. Galaxy A8s belum keterangan resmi mengenai jenis layar yang ditanamkan pada perangkat ini. Sementara itu, Oppo R17 Pro sudah dipastikan telah mengusung layar AMOLED yang memiliki kualitas layar yang tajam dan jernih yang sesuai dengan harga jualnya. Selain itu, layar yang tertanam pada R17 Pro sudah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 6 untuk menghindarinya dari goresan.

Pada tampilan UInya, Samsung Galaxy A8s hadir dengan tampilan UI berbasis Android 9.0 Pie, sementara R17 Pro masih mengadopsi tampilan Color OS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo.

Kamera

Samsung: (Back) 24 MP, f/1.7, PDAF + 10 MP, AF + 5 MP, f/2.2, depth sensor, LED flash, panorama, HDR; (Front) 24 MP, f/2.0, HDR; Video: 1080p@30fps

Oppo: (Back) 12 MP, f/1.5-2.4, 26mm (wide), 1/2.55", 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS + 20 MP, f/2.6, AF, TOF 3D stereo camera, Dual-LED flash, HDR, panorama; (Front) 25 MP, f/2.0, 1/2.8", 0.9µm, HDR; Video: 1080p@30fps

Dari sisi fotografi, kedua smartphone ini memiliki jumlah sensor kamera yang berbeda. Samsung Galaxy A8s dibekali dengan 3 kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi yang berbeda. Kamera utama yang tertanam di bagian belakang memiliki resolusi 24 megapiksel dengan bukaan lensa f/1.7 dan tambahan fitur PDAF. Kamera keduanya yang ada di bagian belakang beresolusi 10 megapiksel (telephoto) dengan tambahan fitur autofokus dan kamera terakhir yang tertanam pada bagian belakang Galaxy A8s adalah 5 megapiksel dengan bukaan f/2.2 serta depth sensor (bokeh).

Berbeda dengan Samsung, Oppo R17 Pro membenamkan kamera ganda pada bagian belakang. Kamera utama yang tersedia di bagian belakang memiliki resolusi 12 megapiksel dengan bukaan f/1.5 - f/2.4 serta sudah dibekali dengan fitur seperti dual-pixel PDAF dan OIS. Sementara kamera keduanya memiliki resolusi 20 megapiksel dengan bukaan lensa f/2.6 dengan tambahan fitur autofokus.

Meskipun memiliki jumlah lensa, secara fitur Oppo R17 sedikit lebih menjanjikan dengan hadirnya OIS dan dual-pixel PDAF yang tertanam. Fitur ini memberikan kualitas foto yang lebih stabil dan kecepatan autofokus yang jauh lebih cepat.

Sementara untuk kamera selfienya, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan kamera selfie beresolusi besar. Untuk Samsung 24 megapiksel f/2.0 sedangkan Oppo 25 megapiksel f/2.0. Menariknya, kedua kamera depan pada perangkat ini sudah dibekali dengan fitur HDR.

Untuk kemampuan merekam videonya, kedua smartphone ini memiliki kemampuan untuk merekam video beresolusi Full HD.

Kesimpulan

Meskipun memiliki dukungan kinerja yang serupa, kedua smartphone ini memiiliki kualitas layar yang berbeda. Samsung memfokuskan  pada jumlah sensor kamera untuk memberikan pengalaman baru kepada pengguna untuk menikmati konten fotografi. Sementara itu, Oppo yang unggul dari kualitas layar lebih memfokuskan kemampuan kamera belakang dengan menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengeksplor fitur-fitur yang tertanam untuk mendapatkan kualitas foto yang jauh lebih baik. Untuk ketersediaan di pasaran, Oppo R17 Pro dalam waktu dekat akan segera memulai debutnya di pasaran. Sementara itu, Samsung Galaxy A8s yang saat ini baru tersedia untuk pasar China belum diketahui apakah akan hadir di Indonesia atau tidak.