pulsa-logo

Ini Smartphone Alternatif Samsung Galaxy M20


Deni Hardian

Rabu, 30 Januari 2019 • 14:53

samsung galaxy m20,smartphone lain,smartphone alternatif,oppo a7,asus zenfone max pro m2,vivo y95,vivo y93,realme u1,pulsa,tabloidpulsa


Samsung Galaxy M20 - Samsung Mobile IndiaSamsung Galaxy M20 - Samsung Mobile India

Samsung secara resmi telah meresmikan kehadiran smartphone terbarunya yang hadir dengan banderol harga yang terjangkau namun dibekali dengan beragam fitur kekinian. Adalah Samsung Galaxy M20 yang juga sudah dipastikan akan segera hadir di pasaran setelah mendapatkan sertifikat TKDN. Mengusung spesifikasi serta fitur yang sangat menggoda, smartphone ini sudah tersedia di pasar ponsel India dengan harga mulai 2,2 jutaan hingga 2,6 jutaan rupiah. Harga ini tentunya tidak akan terpaut jauh jika nantinya beredar di Indonesia.

Seperti diketahui, Galaxy M20 hadir dengan teknologi layar terkini yang memiliki ukuran 6,3 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel serta mengadopsi notch waterdrop untuk menempatkan  kamera selfie beresolusi  8MP aperture f / 2.0 yang juga berfungsi sebagai pemindai Face Unlock.  Nilai jual utama lain dari smartphone ini adalah kapasitas baterai yang ditanamkan dimana smartphone ini telah membenamkan baterai berkapasitas 5000 mAh yang menjanjikan daya tahan perangkat yang jauh lebih lama. Tak hanya itu, Galaxy M20 juga sudah dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang. Tertanam pula dukungan prosesor octa-core yang disandingkan dengan pilihan RAM 3GB dan 4GB.

Samsung Galaxy M20Samsung Galaxy M20

Dengan beragam fitur yang tertanam pada Galaxy M20 ini sudah banyak diadopsi oleh perangkat smartphone yang beredar di pasaran. Meski sudah dipastikan akan segera hadir di pasaran, namun smartphone ini belum diketahui kapan akan diedarkan. Jika konsumen tak ingin menunggu lama untuk memiliki smartphone dengan fitur tersebut, berikut PULSA hadirkan smartphone alternatif dari Galaxy M20 yang sudah tersedia di pasaran dengan membawa spesifikasi serta fitur yang tidak jauh berbeda dan harga jual yang setara. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Asus Zenfone Max Pro M2 3GB

Rp  2.999.000

Penantang utama dari Samsung Galaxy M20 adalah smartphone keluaran Asus, tak hanya memiliki spesifikasi serta fitur yang nyaris sama namun beberapa fitur tertentu bahkan Zenfone Max Pro M2 memiliki fitur yang lebih baik terutama dari sektor kinerja. Hal ini cukup dimaklumi, dengan spek yang setara Zenfone Max Pro M2 dijual dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Seperti diketahui, Asus Zenfone Max Pro M2  hadir dengan tampilan desain yang lebih premium dengan coating mewah di bagian belakang dan layar dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 6. Tak hanya itu, Max Pro M2 juga sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 660 yang dilengkapi dengan Artificial Intelligent Engine atau AIE, Max Pro M2 juga dilengkapi dengan sensor kamera terbaru Sony IMX486 12MP+5MP dengan aperture f1.8 dan teknologi AI sehingga memiliki kemampuan menangkap gambar yang lebih baik meski dalam kondisi minim cahaya. Layar seluas 6.3 inci dengan baterai berkapasitas besar 5000mAh membuat smartphone ini cocok untuk heavy user seperti gamer. Yang menarik, MAx Pro M2 menyediakan dua slot kartu SIM dan satu slot micro SD yang terpisah, sehingga pengguna masih dapat menggunakan dua kartu SIm dan miroSD secara bersamaan. Namun sayangnya, poni yang tertanam pada smartphone ini masih mengadopsi tampilan yang lama yakni poni dengan dimensi yang melebar.


2. Oppo A7

Rp 3.299.000

Smartphone Seri A pertama OPPO yang memiliki desain layar unik yang dinamai ‘Waterdrop’. Perangkat ini menawarkan kamera belakang ganda dengan resolusi 13+2 MP dan kamera depan beresolusi 16 MP. Selain itu, OPPO A7 mengusung kapasitas baterai jumbo sebesar 4230mAh.  Di bagian layarnya, smartphone ini membenamkan panel layar HD+ Incell Screen berukuran 6,2 inci di penampang depan A7. Dengan rasio screen-to-body sebesar 88,4% -- terluas di jajaran Seri A -- OPPO A7 menawarkan penggunanya pengalaman visual yang lebih nyata, baik saat menonton video maupun bermain game. Layar OPPO A7 juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass sehingga lebih tahan terhadap goresan. Fitur baru A7 lainnya, yakni AR Stickers, tak hanya mengikuti gerak wajah pengguna seperti stiker kebanyakan. Sebaliknya, AR Stickers juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan sentuhan personal, sehingga pengalaman pengguna bersama kamera OPPO A7 pun semakin menyenangkan.

3. Vivo Y95

Rp 2.699.000

Smartphone ini sudah dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6,22 inci. Layarnya ini  menghasilkan resolusi HD+ 720 x 1,520 piksel. Tak hanya itu, smartphone berlayar bongsor ini juga sudah menyematkan prosesor  Snapdragon 439 SoC dengan tambahan RAM sebesar 4GB dan memory internal sebesar 32GB. Tersedia pula slot kartu microSD untuk memperluas  penyimpanan memori. Seperti Vivo Y93, Y95 juga ditenagai  oleh baterai berkapasitas daya sebesar 4,030mAh. Vivo Y95 menjalankan  OS Android v8.1 Oreo dan menampilkan antarmuka FunTouchOS 5.0.

Ditujukan untuk pengguna yang gemar melakukan foto selfie, smartphone ini menyematkan kamera selfie memiliki resolusi 20MP yang dilengkapi dengan kemampuan AI dan mode Beautification. Kamera depan di smartphone ini dapat digunakan untuk fungsi unlocked (membuka kunci smartphone) dengan pemindai wajah. Sebagai alternatif, smartphone ini dilengkapi juga dengan pemindai  sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang smartphone. Sementara untuk kamera utamanya adalah 13MP + 2MP.

4. Vivo Y93

Rp 2.499.000

Versi murah dari Vivo Y95 ini hadir dengan spesifikasi yang sedikit dibawahnya. Meski begitu, smartphone ini masih memiliki kemiripan spesifikasi serta fitur yang serupa dengan Samsung Galaxy M20. Vivo Y93 hadir dengan mengusung chipset Mediatek MTK6762R atau yang biasa disebut sebagai Mediatek Helio P22. Hal ini menjadi koreksi dari berita sebelumnya yang mengungkap bahwa Vivo Y93 dibekali dengan prosesor snapdragon 439. Chipset yang tertanam sudah dikombinasikan dengan grafis PowerVR GE8320. Tak hanya itu, perangkat ini juga dibekali dengan RAM sebesar 3GB dan memory internal sebesar 32GB. Sebagai smartphone generasi Y series keluaran Vivo, Y93 tetap mempertahankan baterai berkapasitas besar untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Perangkat ini menyematkan baterai berkapasitsa 4030 mAh tanpa dukungan fitur pengisian baterai cepat (fast charge).

Smartphone ini juga ditenagai oleh  baterai berkapasitas daya besar, dengan desain  layar berponi model “waterdrop” yang sedang nge-trend dan fitur dual kamera. Vivo Y93 memiliki layar  LCD berukuran 6,2 inci dengan resolusi HD+ dan aspek rasio layar  19: 9. Dari sektor kamera belakang, Vivo Y93 membenamkan dual kamera dengan konfigurasi 13 MP aperture  f / 2.2 +  kamera sekunder 2 MP aperture  f/2.4. Adapun kamera depannya memiliki resolusi 8 MP aperture  f / 2.0 dan dilengkapi dengan fitur Face Unlock yang Anda perlukan jika Anda ingin melindungi perangkat ini, dikarenakan Vivo Y93 tidak memiliki  fitur pemindai sidik jari.

5. Realme U1 3GB

Rp  2.499.000

Realme U1 merupakan smartphone pertama di dunia yang datang mengusung prosesor terbaru MediaTek Helio P70. Tidak hanya itu, smartphone ini juga dibekali kamera depan 25 MP SelfiePro. Resolusi kamera depan Realme U1 pun diklaim yang terbesar di kelas ya. Untuk spesifikasinya, Realme U1 mengusung layar 6.3 inci dengan reoslusi  Full HD+ (1080 x 2340 piksel) yang telah dilindungi dengan lapisan 2.5D Corning Gorilla Glass 3. Sementara untuk panel belakangnya, smartphone namap telah dilapisi bahan akrilik khusus seperti kaca yang cukup ringan, namun di sisi lain juga tetap solid dan kuat.

Realme U1 sepertinya hadir sebagai smartphone selfie, hal itu lantaran smartphone telah dibekali kamera depan 25 MP sensor Sony IMX576 dengan dengan 0,9µm piksel yang membuat kemampuannya mengambil foto selfie menjadi lebih baik, seperti di malam hari. Adapun alit bidik utama smartphone ini sudah mengadopsi dual-camera dengan konfigurasi 13MP (f/2.2) + 2MP (f/2.4). Di sektor kinerja, smartphone ini ditopang oleh prosesor Octa-Core MediaTek Helio P70 (Quad 2.1GHz Cortex A73 + Quad 2GHz Cortex A53 CPUs) yang ditandem dengan GPU Mali-G72 MP3. Chip Helio P70 merupakan prosesor terbaru MediaTek yang dibuat dengan proses produksi FinFET 12nm. Berdasarkan besaran RAM dan memori internalnnya, smartphone ini akan datang dengan konfigurasi RAM 3GB/32GB dan RAM 4GB/64GB storage. Selain itu, smartphone juga menyediakan slot kartu microSD yang bisa menampung data hingga 256 GB.