pulsa-logo

Adu Fitur Samsung Galaxy M20 vs Realme U1, Duel Smartphone Berlayar Besar dengan Poni Tetesan Air


Deni Hardian

Kamis, 07 Februari 2019 • 17:57

adu fitur,adu fitur samsung galaxy m20 vs realme u1,adu smartphone poni dua jutaan,realme u1,samsung galaxy m20,pulsa,tabloidpulsa


Samsung Galaxy M20 vs Realme U1Samsung Galaxy M20 vs Realme U1

 

Pasar smartphone tanah air dalam waktu dekat akan kedatangan satu smartphone baru yang dibekali dengan spesifikasi serta fitur yang sangat menggoda. Samsung galaxy M20. Meski belum diumumkan secara resmi harganya di pasar Indonesia, kita bisa berharap bahwa produk ini akan dijual dengan harga tidak jauh dari harga jualnya di Negara lain, atau di kisaran harga 2 jutaan.

Smartphone ini memiliki pesona tersendiri bagi penikmat ponsel Tanah Air untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone masa kini yang didominasi oleh gamer's, pecinta fotografi dan sosial media. Samsung Galaxy M20 sudah memastikan kehadirannya pada tanggal 14 Februari mendatang.

Dengan harga yang berkisar 2 jutaan, pasar smartphone tanah air sudah menyediakan smartphone dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Galaxy M20 yakni Realme U1. Realme U1 hadir dengan membawa tampilan desain yang juga menggoda serta fitur dan spesifikasi yang mumpuni.

Namun, dari kedua smartphone ini manakah yang lebih menarik untuk dimiliki berdasar spesifikasi serta fitur yang ditawarkan? Untuk lebih jelasnya, yuuk simak ulasan adu fitur kedua smartphone di bawah ini.

Desain

Samsung: 156.4 x 74.5 x 8.8 mm / 186 g; Front Glass / back, Polycarbonate glossy; Dedicated microSD + Dual SIM, dual stand-by


Realme: 157 x 74 x 8 mm / 186 g; Front Glass (Corning Gorilla Glass 3) / back, Polycarbonate glossy; Dedicated microSD + Dual SIM, dual stand-by

Dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda, kedua smartphone ini hadir dengan tampilan desain plus material body yang tidak jauh berbeda. Pada bagian depan, kedua smartphone ini hadir dengan material kaca berukuran 6.3 inci yang dibalut dengan poni berdesain tetesan air. Sementara pada bagian belakangnya kedua smartphone ini hadir material plastik polycarbonat dengan finishing glossy yang membuatnya tampil berkilau seperti kaca. Sedikit berbeda dengan Galaxy M20 yang hanya mengadopsi warna hitam dan biru, Realme U1 memiliki opsi warna yang sedikit lebih banyak yakni hitam, biru dan emas. Yang menarik adalah warna yang tertanam pada Realme U1 memiliki warna gradasi yang menjadi tren perangkat smartphone masa kini. Hal ini tentunya menjadi nilai lebih tersendiri bagi Realme U1 dalam menggaet minat konsumen tanah air.

Yang menarik adalah, kedua smartphone ini memiliki panjang dan lebar body yang hampir sama. Namun memiliki ketebalan body yang cukup jauh berbeda. Realme U1 tampil lebih slim dengan tebal body hanya 8 mm saja. Sementara itu, Galaxy M20 memiliki tebal body mencapai 8,8 gram. Meski begitu, kedua smartphone ini memiliki bobot yang setara yakni 186 gram.

Meski kurang menggigit dari sisi tampilan warna yang ditawarkan, namun Galaxy M20 menawarkan fungsionalitas yang lebih baik dari sisi port USB yang ditanamkan. Galaxy M20 sudah membenamkan port USB Type-C 1.0 yang tentunya lebih unggul dibandingkan dengan port microUSB 2.0 yang tertanam pada Realme U1.

Namun, kedua smartphone ini sama-sama membenamkan slot kartu SIM ganda dengan tambahan slot kartu microSD yang disediakan secara terpisah.

Layar dan UI

Samsung: PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors, 6.3 inches, 97.4 cm2 (~83.6% screen-to-body ratio); Android 8.1 (Oreo); Experience 9.5

Realme: 6.3 inches, 97.4 cm2 (~83.9% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density); Android 8.1 (Oreo); ColorOS 5.2

Berbicara soal layar, kedua smartphone ini memiliki kemiripan yang identik. Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan panel layar berukuran 6.3 inci dengan resolusi FHD+ (1080 x 2340 piksel) dan rasio layar 19.5: 9. Namun teknologi layar yang tertanam memiliki perbedaan, Samsung mempercayakan PLS TFT sementara Realme lebih mengandalkan layar IPS. Selain itu, jarak tepi dari body ke layar juga memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh. Galaxy M20 memiliki jarak tepi ke layar mencapai 83.6 % sementara Realme U1 mencapai 83.9 %.

Selain memiliki kemiripan dari panel layar yang ditanamkan, kedua smartphone ini juga sama-sama mengusung sistem operasi Android 8.1 Oreo. Untuk Samsung Galaxy M20 hal ini cukup disayangkan, karena smartphone ini baru saja dirilis di pasar global dan sudah semestinya lebih menggunakan sistem operasi Android yang lebih up to date yakni Android 9.0 Pie. Selain itu, tidak ada pemberitaan resmi apakah kedua smartphone ini akan mendapatkan update sistem operasi Android 9.0 kedepannya.

Meski sama-sama mengusung sistem operasi yang serupa, namun kedua smartphone ini memiliki tampilan antarmuka yang jauh berbeda. Samsung memiliki tampilan antarmuka yang lebih simple dan sederhana dengan UI Experience 9.5. Sementara itu, Realme U1 mengadopsi UI buatan Oppo yakni Color OS 5.2. Kedua UI ini memiliki keunggulan masing-masing yang tentunya memberikan pengalaman yang berbeda dalam menggunakannya.

Kinerja

Samsung: Exynos 7904 Octa (14 nm), Octa-core (2x1.8 GHz Kryo 260 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 260 Silver), GPU Mali-G71 MP2; RAM: 64 GB, 4 GB RAM atau 32 GB, 3 GB RAM; Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh, Fast Charging

Realme: Mediatek Helio P70 (12nm),Octa-core (4x2.1 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G72; RAM: 64 GB, 4 GB RAM atau 32 GB, 3 GB RAM; Baterai: Non-removable Li-Ion 3500 mAh, Charging 2A/5V 10W

Secara kinerja, kedua smartphone ini memiliki performa yang sama baiknya. Samsung yang menggunakan chipset besutannya sendiri mempercayakan Exynos 7904 sebagai dapur pacu utamanya. Chipset ini memiliki dukungan prosesor dual quad-core yang sama-sama memiliki clockspeed mencapai 1.8GHz. Sementara untuk grafisnya adalah Mali-G71. Berbeda dengan Samsung, Realme U1 lebih mempercayakan chipset keluaran Mediatek yang sudah teruji kualitasnya dalam mengakomodasi beragam kebutuhan pengguna. Realme U1 didukung dengan chipset Mediatek Helio P70 yang merupakan chipset smartphone kelas menengah yang dikenalkan pada akhir tahun 2018 yang lalu. Tak jauh berbeda dengan chipset keluaran Samsung, chipset besutan Mediatek ini juga memiliki konfigurasi prosesor dual quad-core namun memiliki clockspeed yang jauh lebih baik dibandingkan dengan chipset besutan Samsung. Selain itu, grafis yang digunakan oleh Realme U1 juga sedikit diatas grafis pada Galaxy M20 yakni Mali-G72.

Sementara untuk memaksimalkan kinerjanya, kedua smartphone ini hadir dengan variasi RAM dan memory internal yang berbeda. Untuk harga yang lebih murah didukung dengan RAM 3GB dengan memory internal 32GB. Sementara untuk versi tertinggi dibekali dengan RAM 4GB dan memory internal 64GB. Keduanya juga sudah menyediakan slot kartu microSD tambahan yang hadir terpisah yang bisa dimaksimalkan pengguna untuk menyimpan beragam file tambahan.

Dari sisi daya, Samsung jauh lebih unggul dibandingkan dengan Realme. Samsung Galaxy M20 sudah membekali perangkatnya dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang menjanjikan daya tahan perangkat yang jauh lebih lama. Tak hanya itu, baterai yang tertanam juga sudah dikombinasikan dengan fitur pengisian baterai cepat. Sementara itu, Realme U1 hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 3500 mAh namun sudah dibekali dengan fitur pengisian baterai cepat juga.

Fotografi

Samsung: (belakang) 13 MP, f/1.9, 1/2.8", 1.12µm, PDAF + 5 MP, f/2.2, 1/6", 1.12µm, LED flash, panorama, HDR; (depan) 8 MP, f/2.0; Video: 1080p@30fps

Realme: (belakang) 13 MP, f/2.2, AF + 2 MP, f/2.4, depth sensor, LED flash, HDR, panorama; (depan) 25 MP, f/2.0, 1/2.8", 0.9µm; Video: 1080p@30fps

Masuk ke sektor fotografi, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang dan single kamera pada bagian depan. Namun meski memiliki kemiripan, kedua smartphone ini memiliki perbedaan yang sangat mendasar pada besaran resolusi yang ditanamkan. Samsung yang memfokuskan penggunaan pada kamera belakang membenamkan kamera belakang dengan konfigurasi 13MP + 5MP dimana kamera utama yang tertanam memiliki aperture f/1.9 yang mengakomodasi pengambilan gambar yang lebih baik pada kondisi minim cahaya. Sementara itu, kamera keduanya berfungsi untuk mendapatkan objek foto dengan efek bokeh.

Sementara itu, Realme U1 membekali perangkatnya dengan konfigurasi kamera belakang 13MP + 2MP. Kamera utama yang tertanam ini memiliki aperture yang lebih kecil dibandingkan dengan Galaxy M20 yakni f/2.0. Sementara itu, fungsi kamera kedua yang tertanam serupa dengan Galaxy M20 yaitu menghasilkan hasil foto dengan efek bokeh.

Meski Samsung sedikit lebih baik pada kamera belakang yang ditanamkan, namun Realme U1 yang membidik pecinta selfie mengusung kamera depan dengan resolusi yang sangat besar dikelasnya. Realme U1 dibekali dnegan kamera depan 25 megapiksel yang diklaim mampu menghadirkan foto selfie berkualitas tinggi. Tak hanya itu, kamera depan yang tertanam juga sudah dibekali dengan beragam fitur yang sangat menggoda. Sedangkan Samsung Galaxy M20 hanya menyematkan kamera depan 8 megapiksel, meski memiliki resolusi yang tidak terlalu besar namun kamera depan ini sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan selfie pengguna.

Kemampuan merekam video di kedua smartphone ini sama-sama mampu merekam video dengan resolusi full HD 1080p yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan aktivitas vlogging.

Fitur Tambahan

Samsung: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass; FM radio, RDS, recording; Bluetooth 5.0, A2DP, LE; HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat12 600/50 Mbps

Realme: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass; FM radio;  Bluetooth 4.2, A2DP, LE; HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A Cat6 300/50 Mbps;

Sama-sama dibekali dengan fitur yang sangat menggoda, kedua smartphone ini juga dibekali dengan beragam fitur tambahan yang menarik untuk memudahkan pengguna dalam beraktivitas. Kedua smartphone ini sudah dibekali dengan fungsionalitas dual-SIM dengan akses jaringan 4G LTE. Selain itu, kedua smartphone ini juga sama-sama dibekali dengan sensor sidik jari pada bagian belakang dan sudah dibekali dengan beragam sensor penting seperti accelerometer, proximity dan compass. Namun, sedikit berbeda dengan Realme U1, Samsung Galaxy M20 juga menambahkan sensor gyroscope diperangkatnya. Untuk multimedia, selain sudah dibekali dengan pemutar musik dan video kedua smartphone ini juga sudah dibekali dengan fitur radio FM.

Kesimpulan

Memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda, kedua smartphone ini menawarkan fitur dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Namun, Realme unggul dari sisi kover body yang ditanamkan, kinerja serta kamera depan. Sementara itu, Samsung yang memiliki layar infinity lebih menawarkan fitur kamera belakang dengan kualitas yang lebih baik, baterai berkapasitas jumbo dan jaminan purna jual yang jauh lebih prima. Manakah smartphone yang ingin anda miliki? Pilihannya ditangan anda.