pulsa-logo

5 Smartphone Alternatif Infinix Hot 6X


Deni Hardian

Senin, 11 Februari 2019 • 15:21


Infinix Hot 6XInfinix Hot 6X

Setelah cukup lama vakum menghadirkan perangkat smartphone terbarunya di Indonesia, Infinix Mobility Indonesia akhirnya mulai memperkenalkan dan memasarkan smartphone murah terbarunya yang bernama Infinix Hot 6X.

Tersedia dalam dua versi yang berbeda, Infinix Hot 6X membawa spesifikasi serta fitur yang sangat biasa untuk ukuran smartphone saat ini. Bagaimana tidak, smartphone ini masih menggunakan prosesor quad-core Snapdragon 425 dan dukungan OS Android 8.1 Oreo. Meski begitu, smartphone ini hadir bisa menarik minat konsumen tanah air dengan ukuran layar yang ditanamkan serta kapasitas baterai yang besar. Kedua fitur ini sudah menjadi fitur utama bagi para penikmat smartphone saat ini yang membutuhkan layar berukuran besar untuk menikmati konten multimedia serta daya tahan baterai yang lama.

Seperti diketahui, Infinix Hot 6X dengan varian RAM 2GB hanya tersedia di Akulaku dengan harga Rp 1.499.000, sementara untuk versi RAM 3GB hanya dijual di Shopee dengan harga Rp 1.799.000 (harga promo). Namun, tak jauh berbeda dengan smartphone Infinix sebelumnya, Hot 6X harus dibeli secara online yang tentunya akan sangat menyulitkan bagi konsumen yang jauh dari pusat kota besar. Untuk membelinya secara offline konsumen harus menungu waktu yang cukup lama, selain itu bonus penjualan seperti Infinix Xband 3 smartwatch dan kartu perdana Smartfren plus bonus Unlimited Internet 4G selama 30 hari yang diberikan dalam masa penjualan flash sale tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma oleh konsumen dengan melakukan pembelian secara offline.

Dengan membawa spesifikasi serta fitur yang cukup menarik, pasar ponsel tanah air sudah menyediakan beragam smartphone alternatif yang bisa langsung dibeli oleh konsumen tanpa perlu mengantri lagi. Selain itu, harga jual yang ditawarkan cukup bervariasi bahkan kinerja smartphone alternatif dari Infinix Hot 6X jauh lebih baik karena sudah menggunakan prosesor octa-core yang jauh lebih bertenaga. Apa saja smartphone alternatif dari Infinix Hot 6X tersebut? Berikut pilihannya.

1. Oppo A3s 2GB

Rp 1.799.000

Meski sudah cukup lama beredar di pasaran, namun smarpthone besutan Oppo ini memiliki spesifikasi serta fitur yang tidak jauh berbeda dengan Infinix Hot 6X. Bahkan untuk kinerjanya, Oppo A3s jauh lebih baik karena sudah menggunakan prosesor octa-core Snapdragon 450 yang kualitasnya jauh lebih baik dari Snapdragon 425 yang tertanam di Infinix Hot 6X. Smartphone ini juga menyematkan tampilan layar terkini, Oppo A3s hadir dengan panel layar berukuran 6,2 inci dengan resolusi HD+.


Tak hanya itu, perangkat ini juga dibalut dengan "Super Screen Display" dimana perangkat ini tak hanya tampil cantik dengan poni (notch) yang tertanam namun perangkat ini juga hadir dengan lapisan bezel yang tipis di kelasnya. Handphone ini memiliki rasio layar ke body mencapai 88.8%. Dengan harga Rp 1.799.000, Oppo A3s dibekali dengan RAM 2GB dan memory internal 16GB. Apiknya lagi, perangkat ini juga telah dibekali baterai berkapasitas besar 4230mAh yang menjamin daya tahan perangkat dalam waktu yang lebih lama.

Tak hanya layar, nilai jual utama dari perangkat ini adalah fasilitas fotografi yang ditanamkan. Oppo A3s menyematkan kamera ganda di bagian belakang 13MP + 2Mp. Sementara untuk kamera depannya adalah 8 megapksel dan diklaim sudah didukung dengan fitur AI Beauty 2.0 untuk memaksimalkan aksi swafoto pengguna. Handphone dengan dukungan OS Android 8.1 Oreo dengan kombinasi Color OS 5.1 ini juga hadir dengan dukungan akses jaringan 4G LTE, Bluetooth, WiFi dan port microSD. Sayangnya, perangkat ini tidak disebutkan apakah mendukung fitur fast charging. Dengan kapasitas baterai yang besar tentunya bakal membuat repot pengguna dalam mengisi daya perangkat ini. Sayangnya, smartphone keluaran Oppo ini tidak dibekali dengan sensor sidik jari.

2. Vivo Y91

Rp 1.799.000

Selain Oppo A3s, Vivo juga memiliki smartphone alternatif dari Infinix Hot 6X. Adalah Vivo Y91 yang merupakan smartphone terkini dari Vivo yang hadir dengan membawa tampilan desain yang menawan plus dukungan fitur terkini. Vivo Y91, mengadopsi tampilan desain smartphone masa kini yang hadir dengan tampilan yang bongsor dengan kombinasi layar berukuran 6,22 inci. Semakin menarik, layar yang tertanam sudah dibekali dengan poni berukuran mungil atau yang biasa disebut sebagai dewdrop. Nilai tambah lainnya yang hadir pada layar yang tertanam ini adalah rasio body ke layar yang mencapai 88,6% yang membuatnya memiliki tampilan dengan bezel yang sangat tipis. Uniknya lagi, kover belakang yang tertanam sudah mengadopsi tampilan warna gradasi dimana Vivo mengkombinasikan beberapa warna yang membuatnya semakin menawan. Vivo Y91 tersedia dengan pilihan warna Starry Black dan Nebula Purple.

Tak hanya menggoda dengan tampilan desain yang ditawarkan, Vivo Y91 sudah didukung dengan kinerja yang menggoda. Perangkat ini membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 439 yang merupakan chipset generasi terbaru keluaran Qualcomm yang ditujukan untuk smartphone kelas menengah bawah. Chipset yang tertanam ini memiliki dukungan prosesor octa-core 1,95GHz dengan ukuran 12 nm, tak hanya itu perangkat ini juga menyematkan grafis Adreno 505 untuk memaksimalkan kinerjanya. Menemani chipset yang tertanam, Vivo juga menyematkan RAM sebesar 2GB dan memory internal 16GB serta tambahan slot kartu microSD. Untuk penunjang dayanya, telah tertanam baterai berkapasitas 4030 mAh. Dari sisi fotografi, kamera ganda telah tertanam pada Vivo Y91 dengan konfigurasi 13MP + 2MP yang dibekali dengan beragam fitur unik seperti AI Face Beauty, AI dual-camera dan yang lainnya. Sementara untuk kamera selfinya memiliki resolusi 8 megapiksel. Nilai plus lainnya adalah, smartphone ini sudah dibekali dengan fitur keamanan berlapis mulai dari sensor sidik jari dan sensor pemindai wajah.

3. Realme C1

Rp 1.499.000

Smartphone lain yang bisa dijadikan alternatif dari Infinix Hot 6X adalah Realme C1. Pendatang baru di pasar ponsel tanah air ini menggebrak pasaran dengan membawa spesifikasi serta fitur yang sangat menggoda apalagi harga jualnya setara dengan Infinix Hot 6X. Smartphone ini datang dengan "Baterai Besar", "Layar Besar", dan desain yang trendi. Smartphone ini  hadir dengan membawa berbagai fitur utama seperti Layar Poni 6.2 inci dengan susunan earpiece, kamera depan dan sensor cahaya yang lebih ringkas, ditambah dengan jarak layar tepi tipis 2.05mm dan proses lekukan yang ditingkatkan, bezel layar smartphone ini 16% lebih tipis dan memiliki rasio screen-to-body mencapai 88,8% dengan tampilan layar 19:9. Untuk menopang kinerjanya, Realme C1 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 octa-core. Dengan proses  14nm yang canggih dan frekuensi hingga 1.8GHz, prosesor ini secara efisien dapat mengurangi konsumsi daya dan mengontrol panas. Dengan pemrosesan gambar yang lebih canggih dipadukan dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB yang dapat diperluas hingga 256GB melalui micro SD slot, Realme C1 dapat menjalankan beberapa jenis game dengan lancar, tanpa lag.

Tak hanya sampai disitu, perangkat ini juga sudah dibekali dengan baterai besar 4.230mAh yang dilengkapi dengan AI Power Master, untuk penghematan daya dan umur baterai. Misalnya, App-freezing Power Saver dan Quick App Freezing akan membantu mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan. Untuk fasilitas fotografinya, Realme C1 dilengkapi dengan lensa kamera ganda 13 MP + 2 MP yang dipadukan dengan fitur PDAF, meningkatkan kecepatan fokus, memperpendek waktu fokus, dan menangkap setiap detik yang indah. Kamera depan 5 MP dilengkapi dengan AI Beauty yang memiliki 296 titik pengenalan yang secara cerdas serta Intelligent AI Beauty akan merekam dan mempelajari kebiasaan pengeditan foto pengguna di galeri foto dan menerapkan kebiasaan mengedit tersebut saat mengambil foto. Realme C1 mendukung face unlock dan SmartLock. Face Unlock di Realme C1 dapat menangkap 128 titik pengenalan wajah melalui kamera depan.

4. Asus Zenfone Max M2 3GB

Rp 1.999.000

Asus Zenfone Max M2 memakai chipset Qualcomm Snapdragon 632 dan hadir dalam dua varian RAM/ROM yaitu 3GB/ 32GB dan 4GB/64GB. Smartphone dual SIM milik Asus ini menggamit layar HD 6,26 inci dengan aspek rasio 19: 9. Terdapat dua kamera belakang dengan resolusi 13MP dan aperture f/1.8 dan kamera sekunder 2Mp. Kamera selfienya berkekuatan 8MP dan dilengkapi dengan flash selfie. Asus menyertakan fitur EIS untuk kamera depan. Smartphone ini dilengkapi dengan baterai 4000mAh, jack headphone, dan port micro-USB. Smartphone dengan bobot 160g ini  memiliki slot kartu microSD yang terpisah dari slot micro SIM, sensor sidik jari belakang dan mendukung face unlock.

5. Asus Zenfone Max M1 Pro 3GB

Rp 1.800.000

Smartphone lawas keluaran Asus ini masih menjadi pilihan yang menarik sebagai smartphone alternatif dari Infinix Hot 6X. Dengan harga yang jauh lebih terjangkau, saat ini Asus Zenfone Max Pro M1 dengan varian RAM 3GB dijual dengan harga hanya Rp 1.800.000 saja. Zenfone Max Pro M1 ini juga hadir dengan ukuran layar, RAM serta baterai yang besar. Nilai plus lain dari perangkat ini adalah smartphone ini telah menyediakan slot kartu microSD secara terpisah untuk menambah kapasitas simpan data yang lebih banyak. Seperti diketahui, Asus Zenfone Max Pro M1 hadir dengan  6 inci FHD+ dan baterai berkapasitas 5000 mAh. Selain memiliki fitur tak jauh berbeda, Asus Zenfone Max Pro M1 6GB ini hadir dengan tampilan pure Android. Tak hanya itu, di sektor fotografi Zenfone Max Pro M1 ini juga memiliki kekuatan kamera yang setara di mana perangkat ini hadir dengan kamera ganda 13MP + 5MP. Sementara untuk kamera depannya berkekuatan 13MP, asiknya lagi ZenFone Max Pro M1 juga akan mendukung fitur pengenalan wajah atau Face Unlock. Dari sisi CPU yang ditanamkan, kualitas yang ditawarkan oleh  Zenfone Max Pro M1 jauh lebih baik dari Infinix Hot 6X. Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 636.