pulsa-logo

Honor 10 Lite vs Asus Zenfone Max Pro M2, Duel smartphone 3 Jutaan


Deni Hardian

Senin, 25 Februari 2019 • 15:14


Honor 10 Lite vs Asus Zenfone Max Pro M2Honor 10 Lite vs Asus Zenfone Max Pro M2

Memiliki perangkat smartphone yang bisa digunakan untuk bermain game saat ini menjadi tren seperti PUBG, Freefire, Pointblank ataupun sejenisnya menjadi kenikmatan tersendiri bagi konsumen yang sering memainkan game tersebut ataupun hanya sekedar membuang waktu dikala santai. Memang untuk dapat memainkan game-game tersebut dibutuhkan kriteria khusus pada perangkat smartphone agar game yang dimainkan dapat dijalankan tanpa adanya kendala. Selain digunakan untuk bermain game, smartphone dengan harga 3 jutaan tentunya sudah memiliki fasilitas fotografi yang cukup baik dikelasnya.

Dengan banderol harga 3 jutaan, kriteria smartphone direntang harga ini sudah terbilang kumplit untuk mengakomodasi semua aktivitas pengguna mulai bermain game, fotografi hingga aktivitas disosial media. Smartphone dengan harga 3 jutaan biasanya sudah dibekali dengan panel layar berukuran besar, kapasitas baterai yang besar, kinerja yang mumpuni ditambah dukungan RAM dan memory internal yang besar menjadi standar umum  untuk ukuran smartphone saat ini.

Di pasaran saat ini sudah banyak tersedia perangkat smartphone yang bisa digunakan untuk bermain game diantaranya adalah Asus Zenfone Max Pro M2. Smartphone ini sudah memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan untuk semua aktivitas. Selain itu, jika konsumen ingin menggunakan perangkat smartphone lain sebentar lagi pasar ponsel tanah air akan kedatangan smartphone baru dari Honor yakni Honor 10 Lite. Smartphone ini bakal tersedia di pasaran dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan Asus Zenfone Max Pro M2.

Namun dari kedua smartphone ini, manakah yang lebih menarik untuk dimiliki? Berikut ulasan adu fiturnya berdasarkan spesifikasi yang ditanamkan.

Desain:

Asus: 157.9 x 75.5 x 8.5 mm / 175 g; Dual SIM (Nano), Dedicated slot microSD

Honor: 154.8 x 73.6 x 8 mm / 162 g; Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)


Memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda, kedua smartphone ini hadir dengan dimensi body dengan material yang nyaris sama. Dimana kedua smartphone ini sama-sama memiliki tampilan desain yang menawan dan dikombinasikan dengan material plastik polycarbonate di bagian belakang dan lapisan kaca di bagian depannya. Selain itu, kedua smartphone ini juga terlihat bongsor dengan bobot body yang cukup berat.

Zenfone Max Pro M2 Pro memiliki ukuran body yang sedikit lebih besar dan berat. Smartphone ini memiliki  panjang body mencapai 157.9 mm dan ketebalang 8.5mm. Untuk beratnya, Zenfone Max Pro M2 memiliki bobot mencapai 175 gram. Dibandingkan dengan Honor 10 Lite, smartphone ini tampil dengan ukuran body yang sedikit lebih ringkas. Honor 10 Lite memiliki panjang body mencapai 154.8, tebal 8mm dan bobot mencapai 162 gram saja. Dari perbedaan ukuran body yang ditanamkan ini secara tersirat kedua smartphone ini tentunya memiliki ukuran layar dan kapasitas baterai yang sedikit berbeda.

Pada bagian depan, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan poni di bagian atas layarnya. Namun, Honor 10 Lite hadir dengan tampilan poni yang berukuran mungil jika dibandingkan dengan poni yang tertanam pada zenfone Max Pro M2 yang terlihat konvensional. Sama-sama dibekali dengan kover body belakang dengan warna gradasi yang menawan, kedua smartphone ini juga membenamkan sensor sidik jari yang ditanamkan di bawah kamera ganda yang terletak di bagian belakang.

Namun, untuk memaksimalkan fungsionalitasnya Honor tidak menyertakan slot kartu microSD secara khusus, kartu microSD bisa ditanamkan pada slot SIM kedua. Berbeda dengan Asus, smartphone ini sudah menyediakan slot kartu microSD secara terpisah yang memberikan pilihan yang lebih baik bagi konsumen untuk menempatkan dua kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan.

Layar dan UI

Asus: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 6.26 inches, 97.8 cm2 (~82.0% screen-to-body ratio), 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~403 ppi density), Corning Gorilla Glass 6; Android 8.1 (Oreo)

Honor: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 6.21 inches, 94.7 cm2 (~83.1% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~415 ppi density); Android 9.0 (Pie); EMUI 9

Beralih ke sektor layar, kedua smartphone ini memiliki ukuran layar yang tidak jauh berbeda. Asus memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar yakni 6.26 inci sementara Honor 10 Lite memilki ukuran 6.21 inci. Kedua smartphone ini memiliki besara resolusi yang sama yakni FHD+ namun sedikit berbeda pada ukuran piksel yang ditanamkan. Zenfone memiliki resolusi layar 1080 x 2280piksel dengan rasio layar 19:9. Sementara Honor memiliki resolusi layar yang sedikit lebih memanjang yakni 1080 x 2340 piksel dengan rasio layar 19.5:9. Meski begitu kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan teknologi layar IPS yang memberikan sudut pandang yang lebih luas.

Sayangnya, layar yang tertanam pada Honor 10 Lite belum diketahui apakah sudah dilapisi kaca pelindung atau tidak. Karena hal ini sangat berpengaruh pada keamanan layar saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari yang rawan terhadap benturan. Sementara itu, Zenfone Max Pro M2 sudah menggunakan lapisan kaca keluaran Corning Gorilla generasi keenam yang diklaim lebih tangguh.

Untuk antarmukanya, kedua smartphone ini memiliki keunikan masing-masing. Zenfone dibalut dengan UI standar khas smartphone Google atau biasa disebut sebagai Pure Android yang tidak banyak dibekali dengan aplikasi tambahan. Sementara itu, UI yang tertanam pada Honor 10 Lite yakni EMUI 9.0 hadir dengan kustom UI yang menarik dengan banyak fitur yang ditambahkan untuk memaksimalkan penggunaannya. Untuk sistem operasinya, Honor tampil lebih up to date dengan membawa OS Android 9.0 Pie sementara Zenfone masih menggunakan versi Android 8.1 Oreo.

Kinerja

Asus: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm), Octa-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260), GPU Adreno 512; RAM 4GB, Internal 64GB; Baterai: 5000 mAh, Fast battery charging 5V/2A 10W

Honor: Hisilicon Kirin 710 (12 nm), Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G51 MP4; RAM 4GB, Internal 128GB; Baterai 3400 mAh, Fast battery charging 5V/2A 10W

Dari sektor kinerja, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan chipset yang sudah teruji kualitasnya dalam mengakomodasi semua kebutuhan pengguna masa kini. Berdasarkan hasil pengujian kedua chipset ini memiliki skor benchmark yang tidak jauh berbeda yang tentunya mengindikasikan kinerja yang dimilikinya. Namun dari sisi popularitas, chipset yang tertanam pada Zenfone Max Pro M2 yakni Qualcomm Snapdragon 660 memiliki pesona yang lebih menarik dimata konsumen dibandingkan dengan HiSilicon 710 besutan Huawei.

Meski memiliki chipset yang memiliki kinerja yang tinggi namun kedua smartphone ini memiliki perbedaan dari kapasitas memory internal serta kapasitas baterai yang ditanamkan. Honor 10 Lite memiliki kapasitas memory internal 128GB 2x lebih besar dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M2 yang  hanya 64GB.  Dengan kapasitas memory internal yang berbeda, Honor 10 Lite memiliki kapasitas ruang simpan yang jauh lebih besar untuk menyimpan beragam file penting. Namun dari sisi baterai kapasitas baterai pada Zenfone Max Pro M2 yang memiliki baterai 5000 mAh memiliki daya tahan perangkat yang jauh lebih lama dibandingkan dengan Honor 10 Lite yang hanya dibekali dengan baterai 3400 mAh. Namun kedua perangkat ini sudah dibekali dengan fitur pengisian baterai cepat.

Fotografi

Asus: (Belakang) 12 MP, f/1.8, 1/2.9", 1.25µm, PDAF + 5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor; (depan) 13MP, f/2.0, 1.12µm; Video: 2160p@30fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS

Honor: (Belakang) 13 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF + 2 MP, depth sensor; (depan) 24 MP, f/2.0, 26mm (wide), 0.9µm; Video: 1080p@30/60fps

Tak hanya memiliki tampilan desain yang menawan dengan kombinasi kinerja yang mumpuni untuk memenuhi beragam aktivitas, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang namun memiliki konfigurasi yang sedikit berbeda. Di bagian belakang, kamera yang tertanam pada Asus memiiliki kualitas yang sedikit lebih baik dengan besaran sensor kamera yang ditanamkan. Zenfone Max Pro M2 dibekali dengan konfigurasi kamera belakang 12MP + 5MP. Kamera utama yang tertanam memiliki bukaan lensa f/1.8 untuk mode normal dan kamera keduanya 5 megapiksel hadir untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh. Selain itu, kemampuan video yang dimiliki oleh Zenfone Max Pro M2 sudah mampu merekam video dengan resolusi 4K dan sudah dibekali dengan fitur EIS untuk kualitas video yang lebih stabil.

Sementara itu, Honor 10 Lite yang hadir dengan kamera ganda 13MP + 2MP. Kamera utama yang tertanam juga memiliki bukaan lensa yang besar yakni f/1.8 yang memberikan kemudahan untuk mengambil foto dengan kondisi cahaya yang minim. Sementara untuk kemampuan merekam videonya tak jauh berbeda dengan perangkat smartphone pada umumnya tanpa dukungan fitur EIS.

Meski begitu, Honor 10 Lite unggul di kamera depan yang ditanamkan, pasalnya, smartphone ini telah dibekali dengan kamera depan beresolusi 24 megapiksel yang bakal memanjakan pengguna yang gemar melakukan aktivitas selfie. Sedangkan Zenfone Max Pro M2 hanya dibekali dengan kamera depan 13 megapiksel.

Kesimpulan

Memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda, kedua smartphone ini menawarkan fungsionalias yang mumpuni. Dari sisi kinerja, daya tahan perangkat dan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki kualitas yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan Honor 10 Lite. Namun dari sisi kapasitas memory internal, tampilan desain yang lebih kekinian, dkungan OS yang lebih up to date serta kamera selfie beresolusi besar Honor 10 Lite memiliki kualitas yang lebih baik. Namun, semua keputusan ada ditangan konsumen masing-masing apakah akan memilih Honor 10 Lite atau Asus Zenfone Max Pro M2.