pulsa-logo

Ini Dia Jajaran Smartphone dengan Kamera Belakang 48 Megapiksel


Deni Hardian

Minggu, 17 Maret 2019 • 09:54

oppo f11 pro,oppo f11, vivo v15 pro,redmi note 7,pulsa,tabloidpulsa


Ilustrasi: Oppo F11 ProIlustrasi: Oppo F11 Pro

Di pasar ponsel global, tren smartphone dengan kamera belakang dengan resolusi besar sudah menjadi daya tarik tersendiri. Mengikuti tren ini, para vendor ponsel tanah air mulai menghadirkan perangkat-perangkat tersebut. Tentunya harga jual yang dipatok juga menjadi pertimbangan.

Oppo, sudah menghadirkan perangkat smartphone dengan kamera belakang yang memiliki resolusi yang besar yakni 48 megapiksel. Selain itu, dalam waktu dekat Xiaomi dan Vivo juga akan turut memanaskan pasar dengan memasarkan smartphone andalan terbarunya yang juga dibekali dengan kamera belakang dengan resolusi yang besar. Saat ini, baru ada 2 smartphone yang sudah dipastikan menghiasi pasaran dengan membawa fitur fotografi yang menarik diantaranya adalah Oppo F11 Pro dan Oppo F11. Selain kedua smartphone ini, Redmi Note 7 dan Vivo V15 Pro dikabarkan akan segera memulai debutnya di pasar ponsel tanah air.

Selain membawa fitur kamera belakang dengan resolusi 48 megapiksel, fitur apa saja yang dibawa oleh jajaran smartphone ini? Berikut ulasan singkatnya.

1. Oppo F11 Pro

Rp 4.999.000

Smartphone pertama dengan kamera belakang 48 megapiksel yang tersedia di pasaran ini juga membawa spesifikasi serta beragam fitur unik didalamnya. OPPO F11 Pro ini hadir dengan jargon barunya, “Low Light Portrait”. OPPO F11 Pro akan hadir dengan konsep desain berlayar penuh tanpa poni. Di sisi belakang ini, OPPO menanamkan dua buah kamera, sensor fingerprint dan logo perusahaan dengan struktur vertikal. Sebagai informasi, kamera ganda di OPPO F11 Pro ini salah satunya memiliki sensor dengan kekuatan riil 48 MP. Sensor kamera depan yang memiliki konsep pop-up, posisinya ada di bagian tengah. Konstruksi kamera selfie ini terlihat kokoh, dengan panel yang tidak terlalu menyembul saat tertutup. Di sisi belakang ini, OPPO menanamkan dua buah kamera, sensor fingerprint dan logo perusahaan dengan struktur vertikal.

Sensor kamera depan yang memiliki konsep pop-up, posisinya ada di bagian tengah. Konstruksi kamera selfie ini terlihat kokoh, dengan panel yang tidak terlalu menyembul saat tertutup. Kamera selfie pop-up ini digadang-gadang memiliki kekuatan 16 MP yang dikombinasikan dengan teknologi AI untuk hasil selfie yang lebih maksimal. Untuk dapur pacunya, smartphone ini ditenagai oleh chipset Mediatek Helio P70 yang dikombinasikan dengan RAM 6GB dan memory internal 64GB. Tertanam pula baterai berkapasitas 4000 mAh untuk memaksimalkan aktivitas sehari-hari. Tertanam pula OS Android 9.0 yang tampil dengan kustom UI Color OS 6. Fitur menarik lain yang juga menghiasi perangkat ini adalah VOOC Flash Charge 3.0 yang diklaim sanggup mengisi baterai lebih cepat dibanding VOOC Flash Charge di OPPO F9.


2. Oppo F11

Rp 3.999.000

Versi hemat dari Oppo F11 Pro ini memiliki beberapa perbedaan, meski sedikit berbeda perangkat ini tetap dibekali dengan fitur dan spesifikasi yang sangat menarik dikelasnya.  OPPO F11 juga hadir dengan keunggulan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 48 MP + 5 MP. Namun untuk kamera depannya, OPPO F11 masih meletakan kamera depan ini di bagian poni berbentuk tetesan air (waterdrop screen). Kamera selfie pada perangkat ini juga memiliki resolusi 16MP. Serupa dengan Oppo F11 Pro, Oppo F11 juga dengan layar berukuran 6.53 inci Full HD+ ini diotaki chipset MediaTek Helio P70 Octa-core. Tak hanya itu, F11 juga dilengkapi dengan sistem ColorOS 6 terbaru berbasiskan Android 9.0 Pie yang dirancang khusus untuk smartphone full screen.

Sementara untuk dukungan RAM dan memory internalnya, OPPO F11 dibekali RAM 4GB dengan ROM 128GB, tersedia pula slot memori ekspansi microSD dengan kapasitas maksimal hingga 256GB. Sebagai sumber power, OPPO F11 berkapasitas 4020 mAh. Selain itu, perangkat ini juga sudah dibekali dengan fitur VOOC Flash Charge 3.0.

3. Redmi Note 7

Rp.  TBA (To Be Announced)

Selain Oppo F11 Pro dan Oppo F11, pasar ponsel tanah air juga akan kedatangan smartphone keluaran Xiaomi yang memiliki kamera utama 48 megapiksel di bagian belakangnya. Menurut kabar yang beredar, Redmi Note 7 akan segera diresmikan pada 21 Maret mendatang. Selain membawa kamera belakang dengan resolusi 48MP, smartphone ini juga memiliki dukungan fitur dan spesifikasi yang sangat menarik. Redmi Note 7 hadir dengan dengan lekukan layar rounded, panel belakang dengan gradien warna-warni, sensor sidik jari di belakang, serta dual kamera. Nah, sensor utama di bagian belakang salah-satunya adalah 48 megapiksel dan lensa f / 1.8 dan satu lagi kamera 5 megapiksel untuk mendukung kedalaman gambar. Untuk aktivitas selfie, smartphone ini sudah dibekali dengan kemera depan dengan resolusi 13 megapiksel. Selebihnya Redmi Note 7 dibekali layar 19,5:9 sebesar 6,3 inci dengan 10880p, diotaki Snapdragon 660 dan baterai 4.000 mAh yang sudah mendukung pengisian daya USB-C. Xiaomi Redmi Note 7 juga masih dibekali dengan jack headphone 3,5mm.

4. Vivo V15 Pro

Rp.  TBA (To Be Announced)

Smartphone lainnya yang memiliki kamera belakang utama dengan resolusi 48 megapiksel yang akan menghiasi pasar ponsel tanah air adalah Vivo V15 Pro. Memang kehadiran Vivo V15 Pro masih belum diketahui kapan akan beredar secara resmi. Namun dari rumor yang beredar yang diterima oleh PULSA, smartphone ini akan segera menghiasi pasaran pada akhir Maret 2019 mendatang. Selain membawa fitur fotografi yang menawan, Vivo V15 Pro juga hadir dengan dukungan fitur yang sangat menggoda. Berdasarkan spesifikasi yang terungkap, selain mengandalkan fitur kamera dengan resolusi 48MP, smartphone ini mengadopsi desain kamera pop-up yang kini menjadi tren pada perangkat smartphone. Vivo V15 Pro juga menampilkan layar Super AMOLED  berukuran  6,23 inci dengan resolusi layar Full HD+.  Aspek rasio layar ke bodinya mencapai  91,64%, dan dibekali dengan fitur  pemindaian sidik jari yang tertanam di bawah layar generasi ke-5 yang diklaim sangat akurat dan cepat.

Untuk dapur pacunya, Vivo V15 Pro mempercayakan chipset Qualcomm Snapdragon 675 serta dukungan didukung oleh RAM 6GB dan ruang penyimpanan memori internal  mencapai 128GB, dan kapasitas memori ini  dapat diperluas dengan kartu microSD. Smartphone berbasis Android v9.0 Pie dan menampilkan  antarmuka FunTouch 9  ini ditenagai oleh baterai Non-removeable Lithium Polymer  berkapasitas  3700 mAh yang mendukung pengisian daya super cepat. Beralih ke sektor fotografi, smartphone ini dibekali dengan triple-camera belakang  yang memiliki konfigurasi  kamera utama dengan  sensor Sony 48MP +  kamera ultra wide angle  8MP + kamera depth sensor  5MP. Fitur kamera belakangnya memiliki kemampuan  untuk melakukan perekaman  video  2,160p@30fps, dan 1,080p@30fps. Kamera belakang ini disusun  secara vertikal di bagian belakang smartphone.  Sementara itu, kamera depan dari Vivo V15 Pro  memiliki resolusi 32MP, dan dapat merekam video dengan resolusi  1080p@30fps.