pulsa-logo

Nokia 3.1 Plus vs Asus Zenfone Max M2, Adu Smartphone 2 Jutaan


Deni Hardian

Rabu, 20 Maret 2019 • 15:48

adu fitur,nokia,asus,adu fitur nokia 3.1 plus,adu fitur asus zenfone max m2,harga nokia 3.1 plus,harga asus zenfone max m2,smartphone 2 jutaan,pulsa,tabloidpulsa


Adu Fitur Nokia 3.1 Plus vs Asus Zenfone Max M2Adu Fitur Nokia 3.1 Plus vs Asus Zenfone Max M2

Ketersedian perangkat smartphone dengan harga yang terjangkau sudah banyak menghiasi pasar ponsel tanah air. Banyak pilihan smartphone menarik dengan harga mulai satu jutaan hingga 3 jutaan yang menjejali pasar dengan membawa spesifikasi serta fitur yang menarik. Seperti diketahu, baru-baru ini pasar ponsel tanah air kembali kedatangan smartphone terbaru besutan HMD Global yang bernama Nokia 3.1 Plus. Dibanderol dengan harga 2,4 jutaan, smartphone ini hadir dengan membawa jargon Android One sebagai nilai jual utamanya.

Namun kehadiran Nokia 3.1 Plus di Indonesia sudah mendapatkan perlawanan dari smartphone besutan vendor lain yang tak hanya memiliki harga jual yang sama namun spesifikasi serta fitur yang ditanamkan tidak jauh berbeda. Salah satunya adalah Asus Zenfone Max M2, smartphone yang tersedia dengan harga jual yang nyaris sama ini juga membawa spesifikasi serta fitur yang tidak jauh berbeda.

Namun, dari kedua smartphone ini manakah yang lebih layak untuk dimiliki? Penasaran, yuuk kita ulas kedua smartphone ini berdasarkan spesifikasi serta fitur yang ditanamkan.

Desain

Nokia: 156.9 x 76.4 x 8.2 mm / 180 gram; Front glass, aluminum body; microUSB 2.0, USB On-The-Go

Asus: 158.4 x 76.3 x 7.7 mm / 160 gram; Front glass, aluminum body; microUSB 2.0, USB On-The-Go

Membahas kedua smartphone ini kita mulai dari sisi desain yang ditanamkan. Seperti perangkat Nokia pada umumnya, Nokia 3.1 Plus hadir dengan membawa material body dengan kualitas tinggi. Di bagian depan perangkatnya dibalut dengan layar sementara di bagian belakangnya mengadopsi material alumunium dengan kombinasi warna doff yang memikat. Tak hanya Nokia 3.1 Plus, Asus Zenfone Max M2 juga mengadopsi material body yang serupa pada bagian depan maupun bagian belakangnya. Perbedaannya pada dimensi body yang ditanamkan. Zenfone Max M2 memiliki ukuran body yang lebih memanjang serta bobot yang lebih ringan (160 gram).


Hal ini cukup menarik, padahal kapasitas baterai yang tertanam pada Max M2 jauh lebih berat dibandingkan dengan Nokia 3.1 Plus yang memiliki dimensi body yang lebih pendek namun memiliki bobot body yang jauh lebih beratk yakni 180 gram. Kedua smartphone ini hadir dengan lapisan bezel yang terbuat dari alumunium yang memberikan perlindungan lebih baik. Selain itu, kedua smartphone ini sama-sama sudah dibekali dengan port microUSB 2.0 serta sensor sidik jari di bagian belakang. Namun penempatan posisi kamera belakang yang ditanamkan Asus lebih memilih menempatkan sensor kamera belakang pada sisi kiri atas perangkat. Sementara itu, Nokia menempatkan kamera belakang berada di bagian tengah atas. Namun keduanya menempatkan posisi kamera belakang dengan mode vertikal.

Layar dan UI

Nokia: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.0 inches, 92.9 cm2 (~77.5% screen-to-body ratio), 720 x 1440 pixels, 18:9 ratio (~268 ppi density); Android 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie); Android One

Asus: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.26 inches, 97.8 cm2 (~80.9% screen-to-body ratio), 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~269 ppi density); Android 8.1 (Oreo) Pure Android

Imbas dari perbedaan dimensi body yang dimiliki, kedua smartphone ini memiliki besaran layar yang berbeda. Asus memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar yakni 6.26 inci dengan resolusi layar 19:9 serta kedalaman layar yang mencapai 269 ppi. Yang menarik, perangkat ini memiliki jarak tepi body ke layar mencapai 80.9 % yang membuatnya tampil menawan. Tak hanya itu, Zenfone Max M2 memiliki poni di bagian atas layar yang menempatkan kamera depan yang beresolusi 8 megapiksel.

Sementara  itu, Nokia 3.1 Plus hadir dengan ukuran layar yang lebih mungil yakni 6.0 inci dengan resolusi layar 720 x 1440 piksel serta rasio layar 18:9. Di bagian atas layar tidak terdapat poni layaknya smartphone kekinian. Meski begitu hal itu tidak terlalu berpengaruh pada penampilan yang ditawarkan. Nokia 3.1 Plus masih memiiliki pesona tersendiri yang membuat perangkat ini tampil menawan.

Beralih ke tampiilan antarmukanya, kedua smartphone ini sebenarnya memiliki tampilan yang sangat mirip. Kedua smartphone ini sama-sama mengadopsi tampilan android murni. Perbedaannya, Nokia 3.1 Plus mengadopsi program khusus Google yakni Android One yang memberikan jaminan update OS secara berkala. Sementara itu, Zenfone Max M2 hanya sekedar mengadopsi tampilannya saja, untuk update OS tergantung dari pihak Asus apakah akan menyediakan atau tidak. Namun, sejauh ini Asus tengah menyiapkan update OS terbaru untuk Zenfone Max M2.

Dengan mengadopsi tampilan Android murni, kedua smartphone ini terlihat lebih sederhana dan simple yang memberikan kemudahan kepada siapa saja yang menggunakannya.

Kinerja

Nokia: Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm), Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, GPU PowerVR GE8320; Baterai Non-removable Li-Ion 3500 mAh

Asus: Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm), Octa-core (4x1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 250 Silver), GPU Adreno 506; Baterai Non-removable Li-Ion 4000 mAh

Meskipun memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda, dari sisi kinerja kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Disini Asus Zenfone Max M2 tampil lebih jumawa dibandingkan dengan Nokia 3.1 Plus. Seperti diketahui, Asus Zenfone Max M2 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 632. Berdasarkan uji tes yang dilakukan oleh PULSA, Zenfone Max M2 memiliki kinerja yang sangat baik dalam mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam beragam aktivitas seperti gaming tentunya. Kemampuan bermain game yang dimiliki perangkat ini sudah mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna yang gemar bermain game PUBG, Freefire dan yang lainnya.

Sementara itu, Nokia 3.1 Plus lebih mempercayakan chipset Mediatek Helio P22, meskipun kinerja yang dimilikinya baik namun jika dibandingkan dengan performa yang dimiliki oleh Zenfone Max M2 sangat jauh berbeda. Selain itu, dengan harga yang sama Asus Zenfone Max M2 sudah dibekali dengan RAM 4GB dan memory internal 64GB. Sedangkan Nokia 3.1 Plus hanya dibekali dengan RAM 3GB dan memory internal 32GB.

Dari sisi daya tahan baterai perangkat lagi-lagi Asus Zenfone Max M2 lebih digdaya dibandingkan dengan Nokia 3.1 Plus. Zenfone Max M2 hadir dengan baterai berkapasitas 4000 mAh sedangkan Nokia 3.1 Plus hanya dibekali dengan baterai 3500 mAh.

Fotografi

Nokia: (Belakang) 13 MP, f/2.0, AF + 5 MP, f/2.4, depth sensor, LED flash, HDR, panorama; (depan) 8 MP, f/2.2; Video:720p@30fps

Asus: (Belakang) 13 MP, f/1.8, 1.12µm, PDAF + 2 MP, depth sensor, LED flash, HDR, panorama; (depan) 8 MP, f/2.0, 1.12µm; Video:2160p@30fps, 1080p@30fps

Dari sisi fotografi, kedua smartphone ini memiliki perbedaan kualitas yang tidak terlalu jauh. Kedua smartphone ini sama-sama mengadopsi kamera ganda di bagian belakang namun besaran lensa yang dimiliki berbeda pada kamera kedua yang ditanamkan. Kamera utama pada bagian belakang di kedua smartphone ini memiliki resolusi 13 megapiksel. Sementara untuk kamera keduanya, Nokia 3.1 Plus hadir dengan resolusi 5 megapiksel dengan aperture f/2.4. Sedangkan kamera kedua Zenfone Max M2 hanya memiliki resolusi 2 megapiksel namun kamera belakang pada Asus sudah dibekali dengan fitur PDAF yang dapat membidik focus objek secara lebih cepat. Fitur ini tidak hadir pada Nokia 3.1 Plus, sebagai gantinya Nokia hanya menyematkan fitur autofocus biasa.

Untuk kamera depannya kedua smartphone ini memiliki besaran resolusi yang sama yakni 8 megapiksel. Namun bukaan lensa yang dimiliki oleh Zenfone Max M2 sedikit lebih baik dengan aperture f/2.0 yang lebih mampu menyerap cahaya yang lebih banyak dibandingkan dengan bukaan lensa yang tertanam pada kamera depan Nokia 3.1 Plus.

Selain itu, kemampuan merekam video pada Asus Zenfone Max M2 juga jauh lebih baik yang memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 4K. Sementara itu, kemampuan merekam video Nokia 3.1 Plus hanya sebatas HD saja.

Konektivitas dan Fitur Tambahan

Nokia: GSM / HSPA / LTE (HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps), Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.1, A2DP, LE,  A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, NFC, Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass; Radio FM

Asus: GSM / HSPA / LTE (HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps), Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, A2DP, LE,  A-GPS, GLONASS, BDS, dedicated Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass; Radio FM

Sementara untuk konektivitasnya, Nokia 3.1 Plus hadir dengan fitur yang sedikit lebih lengkap karena hadirnya NFC yang tertanam. Sayangnya, port kartu SIM pada smartphone ini masih hybrid yang membuat pengguna harus berbaginya dengan kartu microSD. Sementara itu, Zenfone Max M2 hadir tanpa dukungan NFC. Meski begitu perangkat ini sudah dibekali dengan slot kartu SIM dan kartu microSD secara terpisah.

Kesimpulan

Dengan banderol harga yang serupa, kehadiran Asus Zenfone Max M2 jauh lebih mempesona dibandingkan dengan Nokia 3.1 Plus. Dari sisi layar, Zenfone Max M2 lebih memberikan kenyamanan yang lebih baik  untuk digunakan dalam bermain game, multimedia hingga aktivitas social media berkat ukuran layar yang lebih besar. Dari sector kinerja, performa yang dihadirkan Zenfone Max M2 jauh lebih mumpuni dibandingkan dengan Nokia 3.1 Plus. Sementara untuk fitur tambahan seperti fotografi, multimedia, konektivitas perangkat ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Selamat memilih.