pulsa-logo

Oppo A5s vs Samsung Galaxy M10, Duel Smartphone Kekinian Harga Terjangkau


Deni Hardian

Selasa, 02 April 2019 • 10:14

oppo a5s,samsung galaxy m10,adu fitur,duel smartphone sejutaan,adu fitur smartphone sejutaan,pulsa,tabloidpulsa


Samsung Galaxy M10 vs Oppo A5sSamsung Galaxy M10 vs Oppo A5s

Belum lama ini pasar ponsel tanah air sudah kedatangan banyak smartphone baru dari berbagai segmen. Mulai dari segmen menengah atas hingga segmen menengah bawah. Untuk segmen menengah bawah yang  hadir dengan harga di bawah 2 jutaan juga cukup banyak pilihannya namun kali ini, PULSA akan mengulas fitur yang tertanam pada smartphone terbaru keluaran Oppo dan Samsung yang sudah tersedia di pasaran dengan harga jual yang sangat menarik. Adalah Samsung Galaxy M10 dan Oppo A5s dimana kedua smartphone ini baru saja memulai debutnya di pasaran.

Kedua smartphone ini memiliki fitur dan spesifikasi yang cukup unik dikelasnya, mulai dari layar berkuran besar, baterai berkapasitas besar, kamera ganda di bagian belakang serta poni berdesain mungil di bagian depannya. Samsung Galaxy M10 beredar di pasaran dengan harga resmi Rp 1.699.000, namun fakta di lapangan smartphone ini dijual oleh pelapak dengan harga mulai 1,8 jutaan. Sementara itu, Oppo A5s memiliki harga resmi Rp 1.999.000. Namun harga resmi ini bisa lebih murah jika konsumen membelinya secara online dengan kover garansi yang sama.

Dengan kemiripan fitur yang ditanamkan serta harga jual yang tidak jauh berbeda, smarpthone manakah yang lebih pantas untuk dimiliki untuk pengguna millenial berbujet terbatas? Berikut ulasan adu fiturnya.

Desain

Oppo : 155.9 x 75.4 x 8.2 mm / 170 gram; Front glass, Plastic Polycarbonate; Fingerprint, microUSB 2.0

Samsung: 155.6 x 75.6 x 7.7 mm / 163 gram; Front glass, Plastic Polycarbonate; microUSB 2.0

Dari sisi desain kedua smartphone ini memiliki ukuran desain yang hampir sama, perbedaannya terletak pada ketebalan bodynya saja. Galaxy M10 memiliki tebal body yang lebih slim, hal ini dikarenakan kapasitas baterai yang tertanam lebih kecil dibandingkan dengan Oppo A5s. Selain memiliki tampilan desain yang hampir mirip, penempatan kamera depan serta ukuran layar yang ditanamkan juga memiliki kemiripan. Baik Oppo maupun Samsung, sama-sama menempatkan kamera depan pada poni yang tertanam di bagian atas layar. Sementara untuk layarnya, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan layar berukuran besar tanpa tombol fisik di bagian bawahnya.


Beralih ke bagian belakang, kedua smartphone ini hadir dengan material body yang serupa yakni plastik polycarbonate dengan finishing glossy yang membuatnya tampak berkilau. Namun, kedua smartphone ini memiliki opsi warna yang berbeda. Oppo menyediakan warna hitam dan merah sementara itu, Samsung tersedia dengan pilihan warna biru charcoal dan hitam. Selain itu, penempatan kamera belakang yang ditanamkan juga memiliki perbedaan yang mencolok. Oppo A5s hadir dengan kamera belakang ganda berdesain horizontal dengan tambahan lampu flash LED. Sementara itu, Samsung Galaxy M10 menempatkan kamera ganda di bagian belakang dengan sudut vertikal plus lampu flash LED di bagian bawahnya.

Salah satu perbedaan yang nyata dari kedua perangkat ini adalah dukungan sensor sidik jari yang ditanamkan. Oppo A5s sudah dibekali dengan sensor sidik jari sementara itu, Samsung Galaxy M10 tidak dibekali dengan fitur keamanan ini.

Layar dan UI

Oppo: S-IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.2 inches, 95.9 cm2 (~81.6% screen-to-body ratio), 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~271 ppi density); Android 8.1 (Oreo), ColorOS 5.2

Samsung: PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors; 6.22 inches, 96.6 cm2 (~82.1% screen-to-body ratio), 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density); Android 8.1 (Oreo), Experience 9.5

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kedua smartphone ini memiliki ukuran layar yang nyaris sama. Oppo A5s hadir dengan panel layar S-IPS LCD dengan ukuran 6.2 inci dan memiliki rasio body ke layar mencapai 81.6%. Sementara untuk resolusi layarnya adalah 720x1520 piksel dengan kerapatan layar yang mencapai 271 piksel per inci. Sementara itu, Samsung memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar yakni 6.22 inci dengan panel layar PLS. Untuk resolusi layarnya serupa dengan Oppo A5s namun memilki jarak tepi yang lebih baik yakni 82.1%. Namun dari sisi kualitas layar, teknologi layar yang ditanamkan pada Oppo A5s lebih baik dibandingkan dengan Galaxy M10. Kualitas layar yang dihadirkan pada A5s lebih tajam dan memiliki sudut pandang yang lebih luas.

Oppo A5s hadir dengan desain waterdrop notch yang  jauh lebih kecil dan lebih elegan ditempatkan di bagian atas dibandingkan dengan pendahulunya. Waterdrop notch ini  berfungsi sebagai “rumah”  untuk menempatkan kamera depan dengan resolusi 8MP. Sementara itu, Samsung hadir dengan teknologi layar infinity yang menempatkan kamera selfie beresolusi 5 megapiksel. Selain itu, Galaxy M10 telahmendapatkan sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten HD tanpa batas melalui aplikasi populer.

Beralih ke sistem operasi yang ditanamkan, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan OS Android 8.1 Oreo. Cukup disayangkan memang, dimana  pada smartphone kekinian sudah banyak yang dibekali dengan OS Android yang lebih up to date yakni Android 9.0 Pie. Kedua smartphone ini hadir dengan tampilan UI dengan ciri khas masing-masing.

Kinerja

Oppo: Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm), Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), GPU PowerVR GE8320; Baterai Non-removable Li-Ion 4230 mAh; RAM 2GB, ROM 32GB

Samsung : Exynos 7870 Octa (14 nm), Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T830 MP1; Baterai Non-removable Li-Ion 3400 mAh; RAM 2GB, ROM 16GB

Dari sektor kinerja, Oppo A5s datang dengan chipset MediaTek  Helio P35, SoC Helio P35 adalah chipset yang dibangun dengan teknologi 12nm yang terdiri dari  processor octa-Core Cortex-A53 dengan clock speed  hingga 2.3GHz dan dukungan  GPU PowerVR GE8320.  Kinerja Oppo A5s  dipasangkan dengan RAM 2GB dan ROM 32GB. Sementara itu, Galaxy M10 hadir dengan chipset buatannya sendiri yakni Exynos 7870 Octa yang hadir dengan teknologi 14nm dengan prosesor octa-core 1.6GHz. Selain itu, smartphone ini hanya dibekali dengan RAM 2GB dan memory internal sebesar 16GB. Diatas kertas kinerja Oppo A5s  serta manajemen daya sedikit lebih baik dibandingkan dengan Galaxy M10. Tak hanya itu, kapasitas memory internal yang ditanamkan Oppo A5s jauh lebih luas dibandingkan dengan Galaxy M10 yang hanya memiliki memory internal hanya 16GB.

Chipset yang tertanam pada Oppo A5s sudah teruji kinerjanya yang mampu digunakan untuk mendukung aktivitas yang padat mulai bermain game berkualitas tinggi seperti PUBG, Asphalt dan lainnya.

Dari sisi daya, Oppo A5s kembali lebih perkasa dengan kapasitas baterai yang ditanamkan. Berbekal baterai berkapasitas 4230 mAh tentunya Oppo A5s lebiih menjanjikan daya tahan perangkat yang jauh lebih lama dibandingkan dengan Galaxy M10 yang hanya memiliki baterai berkapasitas 3400 mAh.

Fotografi

Oppo: (Belakang) 13 MP, f/2.2, AF + 5 MP, 2 MP, f/2.4, depth sensor, LED flash, HDR, panorama; (depan) 8 MP, f/2.0, HDR; Video:1080p@30fps

Samsung: (Belakang) 13 MP, f/1.9, 1/3.1", 1.12µm, PDAF + 5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), LED flash, HDR, panorama; (depan) 5 MP, f/2.0, HDR; Video:1080p@30fps

Sedikit dibawah pada sektor kinerja, Samsung membalasnya dengan menghadirkan fasilitas kamera belakang yang lebih mumpuni dibandingkan dengan Oppo A5s. Kamera utama pada Samsung Galaxy A5s yang memiliki resolusi 13 megapiksel sudah dibekali dengan fitur autofokus yang cepat yakni PDAF. Selain itu, kamera kedua di bagian belakang memiliki resolusi 5 megapiksel yang mampu menghadirkan foto dengan sudut yang luas (wide-angle). Hadir pula fitur live focus untuk memaksimalkan hasil kamera yang didapatkan selama melakukan pengambilan objek.

Sementara itu, Oppo A5s yang memiliki kamera utama 13 megapiksel hanya dibekali dengan fitur autofokus biasa. Sementara untuk kamera kedua yang tertanam hanya memiliki resolusi 2 megapiksel yang memfokuskan pada hasil foto dengan efek bokeh. Namun, pada kamera depan yang tertanam, Oppo A5s memiliki resolusi yang lebih tinggi yakni 8 megapiksel sedangkan Galaxy M10 hanya memiliki resolusi 5 megapiksel.

Kesimpulan

Memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda, kedua smartphone ini hampir memiliki tampilan desain yang mirip. Perbedaan utama pada ketersediaan sensor sidik jarinya saja, dimana fitur ini tidak tersedia pada Samsung Galaxy M10. Selain dari sisi desain kedua smartphone ini juga sama-sama dibekali dengan prosesor octa-core  meskipun dari dua vendor yang berbeda. Selain itu, kedua smartphone ini juga sama-sama dibekali dengan RAM sebesar 2GB. Untuk memory internal dan kapasitas baterai yang ditanamkan, Oppo A5s hadir dengan kapasitas yang jauh lebih baik. Oppo A5s hadir dengan kapasitas memory internal sebesar 32GB dan baterai berkapasitas 4230 mAh. Sementara itu, Galaxy M10 hanya dibekali dengan memory internal 16GB dan baterai berkapasitas 4230 mAh.

Dengan popularitas yang hampir sama, kedua smartphone ini memiliki keunikan tersendiri dimata konsumen. Samsung lebih menjanjikan kualitas produk yang lebih prima dan jaminan layanan purna jual yang memanjakan konsumen. Sementara itu, Oppo A5s hadir dengan menawarkan fitur yang lebih lengkap yang dibutuhkan oleh millenial berbujet terbatas.