pulsa-logo

Mau Smartphone Selfie dengan Fitur Kekinian? Ini Pilihannya


Deni Hardian

Selasa, 02 April 2019 • 10:21

smartphone selfie,vivo v15 pro,vivo v15,oppo f11 pro,oppo f11,samsung galaxy a50,samsung galaxy a30


Ilustrasi: Vivo V15 ProIlustrasi: Vivo V15 Pro

Meski tren smartphone kekinian sudah mulai bergeser menuju peningkatan fungsi kamera belakang, namun smartphone selfie masih menjadi primadona di pasar ponsel tanah air. Keinginan masyarakan untuk memiliki perangkat smartphone yang ditujukan untuk aktivitas selfie masih diakomodasi oleh para vendor dengan menghadirkan smartphone selfie yang juga dibekali dengan fitur yang mengadopsi kebutuhan masyarakat dalam beragam aktivitas. Mulai dari aktivitas fotografi dengan menggunakan kamera belakang, aktivitas gaming hingga aktivitas sosial media dengan membenamkan dukungan RAM dan kapasitas memory internal besar.

Namun kehadiran smartphone selfie di pasaran tak lengkap rasanya jika tidak dibekali dengan fitur selfie yang saat ini sedang "naik daun" yakni fitur Live Focus, fitur ini diprediksi menggantikan fitur depth of field alias bokeh yang saat ini menjadi idaman bagi para pecinta selfie. Tak hanya itu dukungan ai sticker pada perangkat smartphone juga menambah nilai jual bagi konsumen dalam berkreasi dengan menambahkan stiker unik dalam setiap aktivitas selfie yang dilakukan.

Di pasaran saat ini sudah muncul smartphone baru yang mengandalkan fitur selfie serta tambahan fitur lain yang sudah disebutkan di atas. Apa saja smartphone tersebut dan berapa harga jual smartphone selfie baru yang beredar di pasaran? Berikut ulasannya.

1. Vivo V15 Pro

Rp. 5.699.000

Vivo V15 Pro menjadi smartphone pertama yang direkomendasikan untuk penggila selfie. Bagaimana tidak, smartphone ini hadir dengan membawa inovasi para pada sebuah perangkat smartphone, terutama smartphone  yang memang ditujukan untuk aktivitas selfie. V15 Pro hadir dengan lensa kamera pop-up beresolusi 32 megapiksel yang sudah dibekali dengan beragam fitur pendukung untuk memaksimalkan aktivitas selfie seperti bokeh, photo focus, ai sticker dan yang lainnya. Selain mengandalkan kamera selfie yang ditanamkan, smartphone ini juga hadir dengan fitur fotografi yang menggunakan kamera belakang dengan resolusi yang sangat besar. Tak hanya satu kamera belakang, smartphone ini sudah dibekali dengan 3 kamera belakang yang memiliki mode yang berbeda seperti normal, wide-angle (sudut lebar) serta depth of field (bokeh).

Dari sisi antarmuka, Vivo V15 Pro menampilkan layar Super AMOLED  berukuran  6,23 inci dengan resolusi layar Full HD+.  Aspek rasio layar ke bodinya mencapai  91,64%, dan dibekali dengan fitur  pemindaian sidik jari yang tertanam di bawah layar generasi ke-5 yang diklaim sangat akurat dan cepat. Smartphone Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) ini memiliki dimensi 157.3 x 74.7 x 8.2 mm dan bobot 185 gram.


Kinerja  Vivo V15 Pro akan ditopang oleh prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 675, GPU Adreno 612, didukung oleh RAM 6GB dan ruang penyimpanan memori internal  mencapai 128GB, dan kapasitas memori ini  dapat diperluas dengan kartu microSD. Smartphone berbasis Android v9.0 Pie dan menampilkan  antarmuka FunTouch 9  ini ditenagai oleh baterai Non-removeable Lithium Polymer  berkapasitas  3700 mAh yang mendukung pengisian daya super cepat.

2. Vivo V15

Rp. 4.399.000

Tak jauh berbeda dengan Vivo V15 Pro, Vivo V15 juga hadir dengan menawarkan fitur selfie sebagai nilai jual utamanya. Perbedaannya terletak pada dukungan chipset yang ditanamkan, kapasitas baterai, ukuran layar serta kamera belakang yang ditanamkan. Vivo V15 yang juga memiliki pop-up kamera depan dengan resolusi 32 megapiksel ini hadir dengan ukuran layar dan kapasitas baterai yang lebih besar. Namun untuk kamera belakangnya terdapat penyesuaian untuk mengimbangi harga jualnya.

Serupa denga  Vivo V15 Pro, Vivo V15 juga sudah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang memerlukan kamera selfie dengan kualitas mumpuni. Mulai dari fitur body shaping, portrait lightning dan yang lainnya. Sementara untuk kamera utamanya Vivo membenamkan 3 lensa kamera dengan LED Flash ditempatkan horizontal diantara dua kamera bagian atas. Untuk kamera belakangnya, ponsel pintar ini memiliki konfigurasi 12MP + kamera ultra wide angle 8MP + kamera depth sensor 5MP. Yang menarik adalah, kamera utama yang tertanam pada bagian belakang ini memiliki 24 juta unit fotosensitif ditambah dengan sensor 1/2,8 inci, aperture f/1,78 ukuran piksel 1.28µm x1.28µm dan teknologi dual-pixel. Sementara itu, kamera kedua yang memiliki lensa wide mampu menghadirkan objek foto dengan sudut hingga 120 derajat.

Dari sisi desain, Vivo menghadirkan tampilan desain yang inovatif pada Vivo V15. Berbeda dengan smartphone unggulan Vivo sebelumnya, Vivo V15 hadir tanpa dukungan poni di bagian atas layarnya. Layar yang tertanam disebut Vivo sebagai Ultimate Screen. Layar Vivo V15 memiliki ukuran 6.53 inci dengan resolusi FHD+ (1080x2340piksel) serta rasio layar 19.5:9. Canggihnya lagi, layar yang tertanam ini memiliki rasio layar ke body mencapai 90.95%. Dari sisi belakang, Vivo V15 dibekali dengan kover body belakang dengan inovasi warna yang menarik. Kover body belakang yang tertanam hadir  dengan gradasi warna yang menarik dan unik dengan lengkungan 3D yang membuatnya tampil menawan.

Untuk menopang kinerjanya, Vivo V15 hadir dengan dukungan chipset Helio P70 yang dikombinasikan dengan RAM 6GB dan kapasitas memory internal sebesar 64GB. Tertanam pula baterai berkapasitas 4000 mAh untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Apiknya lagi, baterai yang tertanam sudah dikombinasikan dengan fitur dual-engine fast charging dimana fitur ini memberikan pengisian daya yang jauh lebih cepat dibandingkan smartphone pada umumnya.

3. Samsung Galaxy A50

4GB/64GB Rp 4.099.000

6GB/128GB Rp 4.899.000

Smartphone Galaxy A50 ini hadir dengan menyematkan sejumlah fitur ala ponsel premium pada Galaxy A50 yang mengisi segmen kelas menengah ini. Salah satunya adalah kamera depan yang ditanamkan, smartphone ini sudah dibekali dengan kamera selfie 25 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Tak hanya itu, kamera depan yang ditanamkan juga sudah dibekali dengan beragam fitur pendukung untuk memaksimalkan aktivitasnya. Sementara untuk kamera belakang yang ditanamkan, A50 membawa konfigurasi triple camera dengan komposisi 25MP sebagai sensor utama, 8 MP dengan lensa Ultra-Wide serta sensor pendeteksi kedalaman (depth sensor) 5MP. Kombinasi ini memungkinkan kamera A50 untuk mengambil gambar dengan area pandang mencapai 123° menggunakan lensa Ultra-Widenya  atau mengabadikan foto dengan efek bokeh berkat bantuan kamera Depth Sensor dan fitur Live Focus. Selain Live Focus, kamera A50 juga membawa fitur Scene Optimizer yang mampu mengenali hingga 20 scene berbeda serta Flaw Detection yang akan memastikan setiap foto yang diambil berada dalam hasil yang optimal.

A50 dibekali layar berpanel SuperAMOLED dengan bentang diagonal 6,4” FHD+ yang membawa desain Infinity-U. Tak sampai disitu, Samsung juga mengadopsi inovasi khas ponsel premium yakni On Screen Fingerprint yang menyembunyikan sensor biometrik pemindai sidik jari dibalik layar A50. Sebagai penyuplai daya, A50 membawa baterai berkapasitas besar mencapai 4000mAh yang juga didukung dengan fitur pengisian daya cepat 15Watt Adaptive Fast Charging. A50 juga membawa fitur Bixby Vision dan Samsung Pay yang mulai bisa digunakan di tanah air lewat kerjasama non-eksklusif dengan platform pembayaran instan digital, Dana.

4. Oppo F11 Pro

Rp. 4.999.000

Meski tak lagi memfokuskan nilai jualnya pada kamera selfie yang ditanamkan, namun smartphone ini tetap menghadirkan kamera selfie dengan fitur yang mumpuni. Tak jauh berbeda dengan smartphone besutan Vivo, Oppo F11 Pro juga sudah dibekali dengan kamera depan dengan teknologi raising up kamera (pop-up) dengan resolusi 16 megapiksel. Tak jauh berbeda dengan smartphone selfie Oppo sebelumnya, Oppo F11 Pro juga sudah dibekali dengan beragam fitur pendukung untuk memaksmilkan aktivitas selfienya mulai dari ai sticker dan lain-lain.

OPPO F11 Pro hadir dengan konsep desain full screen dan menerapkan model kamera depan pop-up dan layar panorama. Tidak hanya itu saja, kedua produk ini juga menggadang-gadang kemampuan pengisian baterai cepat generasi terbarunya, VOOC Flash Charge 3.0 yang diklaim sanggup mengisi baterai lebih cepat dibanding VOOC Flash Charge di OPPO F9. Untuk spesifikasi resmi, smartphone berlayar 6.53 inci Full HD+ ini diotaki chipset MediaTek Helio P70 Octa-core. F11 dan F11 Pro juga dilengkapi dengan sistem ColorOS 6 terbaru berbasiskan Android 9.0 Pie yang dirancang khusus untuk smartphone full screen.

Hadir dengan tagline yang baru "Brilliant Portrait", OPPO F11 Pro dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 48 MP + 5 MP. Kamera ini menawarkan kemampuan utama foto portrait dalam kondisi minim cahaya.

5. Oppo F11

Rp. 3.999.000

Memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Oppo F11 Pro, smartphone ini juga hadir dengan kamera selfie yang sangat menggoda. Namun ada sedikit perbedaan dari spesifikasi yang ditanamkan pada smartphone ini. Dari sisi layar, smartphone ini masih mengadopsi poni di bagian atasnya yang menempatkan kamera depan di dalamnya yang memiliki resolusi 16 megapiksel. Fitur tambahan yang tertanam seperti ai sticker, bokeh juga sudah tersedia di smartphone ini. Selain perbedaan teknologi layar yang ditanamkan, smartphone ini juga memiliki perbedaan dari dukungan RAM dan media penyimpanan internal yang ditanamkan. Oppo F11 Hadir dengan dukungan RAM sebesar 4GB yang dikombinasinakan dengan memory internal sebesar 128GB. Namun untuk dapur pacu, kamera ganda yang tertanam hingga fitur pendukung lainnya memiliki kesamaan dengan Oppo F11 Pro.

6. Samsung Galaxy A30

Rp. 3.399.000

Smartphone selfie terakhir yang bisa dijadikan pilihan menarik adalah Samsung Galaxy A30, Galaxy A30 dibalut dengan layar AMOLED yang berukuran dan beresolusi sama dengan Galaxy A50. Smartphone yang juga ditujukan untuk penggila selfie ini sudah dibekali dengan kamera dpan 16 megapiksel (f/2.0) yang termuat di poni. Bedanya, layar Galaxy A30 tak memiliki pemindai sidik jari terintegrasi. Galaxy A30 menempatkan fingerprint scanner konvensional di bagian punggung, berdampingan dengan kamera 16 megapiksel (f/1.7), dan 5 megapiksel (ultra-wide, f/2.2). Samsung Galaxy A30 memiliki dua kamera belakang dan pemindai sidik jari konvensional. Samsung Galaxy A30 memiliki dua kamera belakang dan pemindai sidik jari konvensional. (OIK YUSUF/KOMPAS.com) Jeroan Galaxy A30 terdiri dari chip Exynos 7904, RAM 4 GB storage 64 GB, baterai 4.000 mAh dengan fast charging, dan OS Android 9.0 dengan antarmuka One UI.

Samsung mengisi lini A Series terbaru dengan A30 yang juga membawa lensa Ultra-Wide 123°di sisi belakang. Meski tanpa kamera depth sensor, namun A30 juga ikut membawa fitur Live Focus. Yang menarik, A30 tampil identik dengan A50 pada sektor layar dengan membawa panel SuperAMOLED beresolusi FHD+ seluas 6,4” dan desain Infinity-U. Dan bukan hanya di bagian layar, A30 juga memiliki kemiripan dengan A50 di sektor baterai dengan kapasitas dan fitur pengisian cepat yang identik.