pulsa-logo

Mau Smartphone Harga 4 Juta Hingga 5 Jutaan? Ini Daftarnya


Deni Hardian

Kamis, 18 April 2019 • 09:51

rekomendasi smartphone 4 jutaan,samsung galaxy a50,samsung galaxy a70,oppo f11 pro,vivo v15,vivo v15 pro,android,smartphone 4 jutaan,smartphone android 4 jutaan,helio p70,snapdragon 675,pulsa,tabloidpulsa


Illustrasi: Smartphone 4 JutaanIllustrasi: Smartphone 4 Jutaan

Ingin memiliki perangkat smartphone dengan dukungan hardware yang lebih bertenaga menjadi salah satu alasan kenapa pengguna smartphone ingin mengganti perangkat smartphone yang dimilikinya. Tentunya untuk mendapatkan perangkat smartphone dengan kinerja yang jauh lebih mumpuni membuat konsumen harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk memiliki perangkat smartphone tersebut.

Saat ini, pasar ponsel tanah air sudah dibanjiri perangkat smartphone dengan harga diatas 4 jutaan. Segmen pasar ini cukup menarik dimana ceruk pasar di kelas ini masih terbuka sangat lebar dan memiliki potensi pasar yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat para vendor smartphone untuk menghadirkan perangkat smartphone dengan harga yang bersaing dengan menawarkan fitur dan spesifikasi yang menawan. Teknologi kekinian, dapur pacu yang lebih bertenaga, kapasitas RAM dan baterai yang jauh lebih besar menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli perangkat smartphone.

Namun yang jadi pertanyaan, smartphone manakah yang lebih menarik untuk dimiliki dengan fitur dan spesifikasi yang ditanamkan sesuai bujet yang dimiliki oleh konsumen kelas menengah atas. Penasaran? berikut PULSA hadirkan daftar smartphone dengan kisaran harga 4 juta hingga 5 jutaan yang sudah tersedia di pasaran.

1. Samsung Galaxy A50

4GB/64GB Rp 4.099.000

6GB/128GB Rp 4.799.000

Dikelas 4 jutaan, smartphone yang paling menarik untuk dimiliki adalah Samsung Galaxy A50. Smartphone yang hadir dengan dua versi RAM yang berbeda ini tampil menawan dengan tampilan desain yang ditawarkan. Tak hanya itu, smarpthone ini juga sudah dibekali dengan teknologi kekinian mulai dari 3 kamera belakang dengan fungsionalitas yang beragam, sensor sidik jari di bawah layar, kamera selfie beresolusi besar dengan tambahan AI sticker hingga kinerja yang mumpuni untuk memenuhi beragam aktivitas  pengguna.


Smartphone yang hadir dengan tampilan desain yang kekinian ini dibekali dengan layar Infinity-U Super-AMOLED 6,4 inci FHD+. Ini berarti tampilannya akan memiliki poni kecil berbentuk U yang merupakan rumah bagi kamera depan dengan kamera selfie beresolusi 25 megapiksel.

Untuk kamera belakang, Samsung Galaxy A50, menggunakan kamera utama 25 megapiksel yang juga menawarkan aperture f / 1.7. Sensor utama ini dipasangkan dengan kamera sudut lebar 8-megapiksel, sehingga memberikan pengguna pilihan untuk menangkap lebih banyak objek dalam satu gambar, dan sensor kedalaman 5 megapiksel khusus yang seharusnya meningkatkan citra bokeh secara signifikan. Sementara untuk dapur pacunya, smartphone ini sudah dibekali dengan chipset Exynos 9610 serta baterai berkapasitas jumbo 4000 mAh.

2. Huawei P30 Lite

Rp 4.399.000

Huawei P30 Lite diotaki oleh  prosesor Kirin 710 ditandem dengan RAM 4GB dan ROM 128GB. Terdapat juga varian RAM 6GB/ROM  128GB yang untuk sementara akan tersedia di pasar Filipina. Huawei P30 Lite dibekali dengan fitur triple-camera yang menjadikan fitur ini sebagai unggulannya. Secara konfigurasi, tripel camera smartphone  terdiri dari kamera reguler 24MP, lensa sudut lebar 8MP, dan depth sensor dengan resolusi  2MP.  Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 32MP.

Huawei P30 Lite menampilkan layar LCD berukuran 6.15 inci dengan resolusi Full HD+ (2312 x 1080 piksel) dan memiliki aspek rasio 19,5:9 plus memiliki notch berkonsep waterdrop di atasnya. Smartphone ini  memiliki fitur pengisian daya super cepat  QuickCharge 18W. Amat disayangkan memang, kenapa masih 18W, karena  rata-rata flagship Huawei lainnya sudah  memiliki dukungan pengisian daya 22,5W. Huawei P30 Lite ditenagai  baterai berkapasitas daya 3340 mAh dan diisi melalui port USB Type-C.

3. Vivo V15

Rp 4.399.000

Vivo V15 akan datang dengan layar Ultimate Screen berukuran 6.53 inci dengan resolusi FHD+ (1080x2340piksel) serta rasio layar 19.5:9. Canggihnya, layar yang tertanam ini memiliki rasio layar ke body mencapai 90.95%. Untuk menopang kinerjanya, Vivo V15 hadir dengan dukungan prosesor octa-core yang dikombinasikan dengan RAM 6GB dan kapasitas memori internal sebesar 64GB. Tertanam pula baterai berkapasitas 4000 mAh untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Apiknya lagi, baterai yang tertanam sudah dikombinasikan dengan fitur dual-engine fast charging dimana fitur ini memberikan pengisian daya yang jauh lebih cepat dibandingkan smartphone pada umumnya.

Dari sisi kamera, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vivo V15 hadir dengan membawa selling point berupa pop up kamera depan beresolusi 32MP yang sudah tertanam teknologi kecerdasan buatan (AI). Mulai dari fitur body shaping, portrait lightning dan yang lainnya. Sementara untuk kamera utamanya Vivo membenamkan 3 lensa kamera dengan LED Flash ditempatkan horizontal diantara dua kamera bagian atas. Kamera belakang yang tertanam ini memiliki konfigurasi 12MP + kamera ultra wide angle 8MP + kamera depth sensor 5MP. Yang menarik adalah, kamera utama yang tertanam pada bagian belakang ini memiliki 24 juta unit fotosensitif ditambah dengan sensor 1/2,8 inci, aperture f/1,78 ukuran piksel 1.28µm x1.28µm dan teknologi dual-pixel. Sementara itu, kamera kedua yang memiliki lensa wide mampu menghadirkan objek foto dengan sudut hingga 120 derajat.

4. Oppo F11 Pro

Rp 4.999.000

OPPO F11 Pro ini hadir dengan jargon barunya, “Low Light Portrait”. OPPO F11 Pro akan hadir dengan konsep desain berlayar penuh tanpa poni. Di sisi belakang ini, OPPO menanamkan dua buah kamera, sensor fingerprint dan logo perusahaan dengan struktur vertikal. Sebagai informasi, kamera ganda di OPPO F11 Pro ini salah satunya memiliki sensor dengan kekuatan riil 48 MP. Sensor kamera depan yang memiliki konsep pop-up, posisinya ada di bagian tengah. Konstruksi kamera selfie ini terlihat kokoh, dengan panel yang tidak terlalu menyembul saat tertutup. Di sisi belakang ini, OPPO menanamkan dua buah kamera, sensor fingerprint dan logo perusahaan dengan struktur vertikal.

Sensor kamera depan yang memiliki konsep pop-up, posisinya ada di bagian tengah. Konstruksi kamera selfie ini terlihat kokoh, dengan panel yang tidak terlalu menyembul saat tertutup. Kamera selfie pop-up ini digadang-gadang memiliki kekuatan 16 MP yang dikombinasikan dengan teknologi AI untuk hasil selfie yang lebih maksimal. Untuk dapur pacunya, smartphone ini ditenagai oleh chipset Mediatek Helio P70 yang dikombinasikan dengan RAM 6GB dan memory internal 64GB. Tertanam pula baterai berkapasitas 4000 mAh untuk memaksimalkan aktivitas sehari-hari. Tertanam pula OS Android 9.0 yang tampil dengan kustom UI Color OS 6.

5. Vivo V15 Pro

Rp 5.699.000

Vivo V15 Pro menampilkan layar Super AMOLED  berukuran  6,23 inci dengan resolusi layar Full HD+.  Aspek rasio layar ke bodinya mencapai  91,64%, dan dibekali dengan fitur  pemindaian sidik jari yang tertanam di bawah layar generasi ke-5 yang diklaim sangat akurat dan cepat. Kinerja  Vivo V15 Pro akan ditopang oleh prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 675, GPU Adreno 612, didukung oleh RAM 6GB dan kapasitas memory internal sebesar 128GB. Menariknya, kapasitas memori ini  dapat diperluas dengan kartu microSD.

Smartphone berbasis Android v9.0 Pie dan menampilkan  antarmuka FunTouch 9  ini ditenagai oleh baterai Non-removeable Lithium Polymer  berkapasitas  3700 mAh yang mendukung pengisian daya super cepat. Tak jauh berbeda dengan pendahulunya, smartphone ini juga mengusung keunggulan pada 32MP Pop-Up Camera, layar penuh Ultimate All Screen, AI Triple Camera dan dilengkapi dengan Screen Touch ID. Yang menarik, kamera belakang pada Vivo V15 Pro tampil lebih trengginas dibandingkan dengan Vivo V15 yang belum lama ini diresmikan. Kamera belakang pada Vivo V15 Pro yang terdiri dari 3 lensa kamera masing-masing dibekali dengan sensor Sony 48MP +  kamera ultra wide angle  8MP + kamera depth sensor  5MP.

6. Samsung Galaxy A70

Rp 5.799.000

Samsung Galaxy A70 merupakan smartphone Samsung Galaxy A Series yang menggunakan chipset besutan Qualcomm yakni Snapdragon 675. Tak hanya itu, smartphone ini merupakan smartphone seri A dengan layar cinematic pertama dari Samsung, Galaxy A70 datang mengusung panel Super AMOLED berukuran 6.7 inci berkonsep Infinity-U display dan memiliki rasio 20:9. Nah, di notch berbentuk huruf U itulah terdapat sensor kamera depan beresolusi 32MP. Perlu dicatat, meski datang dengan layar ekstra lapang hingga 6.7 inci, oleh karena rasio yang diadopsinya, secara dimensi smartphone ini cukup sebanding dengan Galaxy A7 (2018) dengan lebar hanya 76.7 mm.

Di sektor fotografi, selain kamera depan, Galaxy A70 juga diracik dengan triple-camera belakang dengan resolusi 32MP (f/1.7) + 8 MP (ultra-wide angle) + 5 MP (depth sensor). Menariknya lagi, Galaxy A70 juga sudah mengadopsi sensor sidik jari di layar dan face recognition. Berlanjut ke spesifikasi lainnya, Galaxy A70 datang mengemas RAM 6GB dengan memori internal 128GB yang bisa diperluas via kartu microSD hingga 512GB. Untuk menyuplai daya, smartphone dibekali baterai 4500 mAh yang sudah didukung fast charging 25W. Samsung Galaxy A70 akan dirilis ke pasar dengan system oeprasi Android 9 Pie dan One UI di atasnya. Fitur yang dibawa antara lain Night Mode, serta fitur bawaan Samsung, semisal Pay, Knox, dan lain-lain. Dari struktrur bodi, Galaxy A70 dibangun dengan konsep ‘3D Glasstic’ seperti seri A lainnya. Efek prisma akan memberi sentuhan apik pada varian warna Coral, Blue, Black dan White yang diusungnya.