pulsa-logo

Realme 3 Pro vs Redmi Note 7 Pro, Duel Smartphone dengan Kinerja Tinggi Harga Terjangkau


Deni Hardian

Kamis, 02 Mei 2019 • 21:55


Realme 3 Pro vs Redmi Note 7 ProRealme 3 Pro vs Redmi Note 7 Pro

Serbuan perangkat smartphone berkinerja mumpuni berbalut spesifikasi serta fitur yang mumpuni semakin kencang semenjak kehadiran Realme di Indonesia. Sebelumnya hanya Xiaomi yang berani menghadirkan perangkat smartphone dengan kinerja tinggi dengan harga jual yang terjangkau. Kehadiran Realme di Indonesia seolah ingin mendobrak eksistensi Xiaomi di Indonesia dengan menghadirkan perangkat smartphone yang memiliki kinerja tinggi namun dijual dengan harga yang terjangkau.

Realme 2 Pro menjadi tonggak bagi Realme dalam menancapkan eksistensinya di pasar ponsel tanah air untuk merobohkan kekuasaan Xiaomi di segmen pasar kelas menengah bawah. Respon yang sangat baik dari konsumen tanah air membuat Realme semakin percaya diri dalam memasarkan perangkat smartphone di Indonesia. Dalam waktu dekat Realme akan menghadirkan smartphone tangguh terbarunya yang bernama Realme 3 Pro. Mengusung spesifikasi serta fitur yang mumpuni dikelasnya, Realme 3 Pro siap menggoda konsumen tanah air dengan beragam kemampuan yang dimilikinya terutama bagi pengguna smartphone yang gemar melakukan aktivitas gaming dan fotografi.

Namun konsumen tanah air diberikan opsi yang cukup sulit, pasar ponsel tanah air saat ini sudah kedatangan smartphone terbaru Xiaomi yakni Redmi Note 7 Pro. Meski masih beredar secara tidak resmi di Indonesia, namun kehadiran Redmi Note 7 Pro cukup memberikan alternatif yang sangat menarik bagi konsumen yang menginginkan perangkat smartphone dengan kinerja yang mumpuni plus fitur fotografi yang menggoda.

Baik Realme 3 Pro maupun Redmi Note 7 Pro tersedia di pasaran dengan harga jual 3 juta hingga 4 jutaan rupiah. Sebuah harga yang menggoda bagi pecinta ponsel tanah air dimana kedua smartphone ini memberikan penawaran yang sangat menarik. Namun, dari kedua smartphone ini manakah yang lebih layak untuk dimiliki? Penasaran, simak ulasan adu fiturnya dibawah ini.

Desain

Redmi: 159.2 x 75.2 x 8.1 mm / 186 gram; Front/back glass (Gorilla Glass 5); Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); USB 2.0, Type-C 1.0

Realme: 156.8 x 74.2 x 8.3 mm / 172 gram; Front glass, plastic body; Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); micro USB 2.0


Sekilas kedua smartphone ini memiliki tampilan desain yang hampir sama, mulai dari besaran body yang ditanamkan hingga ukuran layar yang disematkan. Faktanya, body yang tertanam pada Redmi Note 7 Pro sedikit lebih panjang, body yang lebih slim hingga bobot yang lebih berat dibandingkan dengan Realme 3 Pro. Dari sisi antarmukanya, baik Realme 3 Pro maupun Redmi Note 7 Pro menawarkan kualitas yang menggoda dimana kedua perangkat ini sudah dilapisi oleh lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5. Namun dari sisi pengisian baterai Redmi Note 7 Pro sudah mengadopsi USB type-C untuk mengakomodasi pengisian daya maupun sebagai penghubung ke perangkat PC.

Meskipun sama-sama dibekali dengan kover body dengan warna gradasi, namun finishing pada Realme 3 Pro terlihat lebih menarik dengan tambahan tekstur garis. Dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan Redmi Note 7 Pro, Realme 3 Pro lebih menjanjikan penggunaan perangkat yang jauh lebih lama saat digunakan dalam beraktivitas. Hal ini cukup unik, padahal kedua smartphone ini memiliki baterai yang sama-sama besar. Nilai plus lainnya adalah, Realme 3 Pro sudah dibekali dengan slot kartu SIM dan kartu microSD secara terpisah. Sementara itu Redmi Note 7 Pro masih mengadopsi slot kartu hybrid.

Meski memiliki perbedaan dimensi yang cukup mencolok, namun kedua smarthone ini sama-sama sudah dibekali dengan layar berukuran sama yakni 6.3 inci dengan resolusi FHD+. Selain itu, kedua smartphone ini juga sama-sama mengadopsi desain smartphone dengan sudut yang membulat

Layar dan UI

Redmi: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.3 inches, 97.4 cm2 (~81.4% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density), Corning Gorilla Glass 5; Android 9.0 (Pie); MIUI 10

Realme: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.3 inches, 97.4 cm2 (~83.7% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density), Corning Gorilla Glass 5; Android 9.0 (Pie); ColorOS 6

Beralih ke sisi penampang layarnya, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan panel layar berukuran yang sama yakni 6.3 inci dengan resolusi yang serupa. Meski begitu, Realme 3 Pro memiliki tampilan yang lebih memikat dengan lapisan bezel yang lebih tipis dibandingkan dengan Redmi Note 7 Pro. Hal ini dikarenakan, Realme 3 Pro memiliki persentase jarak layar ke tepi mencapai 83.7% sementara Redmi Note 7 Pro hanya 81.4%.

Tak hanya serupa dari sisi ukuran layar yang ditanamkan, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan panel layar berteknologi IPS. Seperti yang sudah disebutkan diatas, kedua smartphone ini sudah dibekali dengan kaca lapis Corning Gorilla Glass 5 yang berfungsi untuk melindungi perangkat dari goresan saat digunakan. Yang menarik, kedua smartphone ini juga sama-sama mengadopsi layar 2.5D yang semakin mempercantik tampilannya.

Selain memiliki ukuran layar yang cukup besar, kedua smartphone ini juga telah membekali layar yang tertanam dengan poni yang menempatkan kamera depan didalamnya. Meski begitu, resolusi kamera depan yang tertanam pada kedua perangkat ini berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Berbicara soal sistem operasi yang ditanamkan, kedua smartphone ini sama-sama membenamkan sistem operasi Android 9.0 Pie. Namun, untuk antarmukanya, kedua smartphone ini mengadopsi UI yang berbeda. Redmi Note 7 Pro mengadopsi MIUI 10 sementara itu, Realme 3 Pro mengadopsi Color OS versi 6.

Kinerja

Redmi: Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm), Octa-core (2x2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver), GPU Adreno 612; 128 GB, 6 GB RAM / 64 GB, 4 GB RAM; Li-Po 4000 mAh, Fast battery charging 18W (Quick Charge 4)

Realme: Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm), Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver), Adreno 616; 64/128 GB, 6 GB RAM / 64 GB, 4 GB RAM; Li-Ion 4045 mAh, Fast battery charging 20W: 50% in 30 min (VOOC 3.0)

Masuk ke sektor kinerja, kedua smartphone ini mengadopsi chipset besutan Qualcomm namun memiliki versi yang berbeda. Realme 3 Pro tampil lebih gahar dengan menggunakan Snapdragon 710 sebagai dapur pacu utamanya. Prosesor dengan fabrikasi 10 nm ini sudah teruji mampu mengakomodasi beragam aktivitas pengguna. Selain itu, prosesor yang ditanamkan diklaim lebih ramah baterai. Sementara itu, Redmi Note 7 Pro mengadopsi chipset Qualcomm terbaru yakni Snapdragon 675.

Meskipun sama-sama memiliki kinerja yang sangat baik dalam mengakomodasi aktivitas pengguna mulai dari multimedia, gaming hingga fotografi namun nilai jual pada Snapdragon 710 jauh lebih menarik. Hal ini memang dikarenakan chipset ini ditujukan untuk perangkat smartphone kelas menengah atas.

Dari sisi kapasitas baterai, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas besar yakni 4000 mAh. Kedua smartphone ini juga sudah dibekali dengan fitur pengisian baterai cepat. Namun, fitur fast charge pada Realme 3 Pro sedikit lebih baik dengan kekuatan 20W yang dimilikinya sementara itu Redmi Note 7 Pro hanya memiliki kekuatan 18W. Hal ini cukup berpengaruh pada proses kecepatan pengisian baterai. Realme 3 Pro dapat mengisi baterai sedikit lebih cepat dibandingkan dengan Redmi Note 7 Pro.

Kamera

Redmi: 48 MP, f/1.8, 1/2", 0.8µm, PDAF + 5 MP, f/2.4, depth sensor; 13 MP, HDR (kamera depan); Video: 2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps,

Realme: 16 MP, f/1.7, 1/2.6", 1.22µm, Dual Pixel PDAF + 5 MP, f/2.4, depth sensor; 25 MP, f/2.0, 1/2.8", 0.8µm (kamera depan; Video: 2160p@30fps, 1080p@30/120fps, 720p@960fps, gyro-EIS

Lebih menarik dari sisi kinerja, namun pada sisi fotografi kualitas yang ditanamkan pada Redmi Note 7 Pro jauh lebih menggoda terutama pada sisi kamera belakang yang ditanamkan. Bagaimana tidak, kamera utama yang tertanam pada bagian belakang Redmi Note 7 Pro sudah memiliki resolusi 48 megapiksel dengan aperture f/1.8. Sedangkan kamera kedua yang tertanam pada bagian belakang memiliki resolusi 5 megapiksel yang dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Berbeda dengan Redmi Note 7 Pro, Realme 3 Pro hanya membenamkan kamera belakang beresolusi 16 megapiksel dengan aperture f/1.7. Meski memiliki ukuran resolusi yang lebih kecil, kamera utama yang tertanam pada Realme 3 Pro sudah dibekali dengan fitur dual-pixel mendongkrak kinerja kamera utama menjadi 2x lipat. Sementara untuk kamera keduanya tak jauh berbeda dengan Redmi Note 7 Pro yakni 5 megapiksel untuk menghasilkan foto bokeh.

Meski lebih unggul dari sisi kamera belakang, namun Realme 3 Pro lebih menawan pada sisi kamera selfie yang ditanamkan. Hal ini dikarenakan Realme 3 Pro sudah menyematkan kamera selfie dengan resolusi 25 megapiksel. Sementara itu, Redmi Note 7 Pro hanya mengadopsi kamera selfie beresolusi 13 megapiksel.

Dari sisi kemampuan merekam video kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan kemampuan yang tidak jauh berbeda plus tambahan fitur EIS yang dimilikinya yang berfungsi untuk meredam goncangan saat melakukan pengambilan video.

Kesimpulan

Lebih menarik dari sisi desain, kinerja dan kamera selfie yang ditanamkan, Realme 3 Pro juga memberikan penawaran yang jauh lebih menggoda. Dimana perangkat ini akan tersedia di pasaran dengan  harga jual yang terjangkau dan jaminan garansi resmi yang memberikan kenyamanan kepada pengguna. Sementara itu, Redmi Note 7 Pro yang unggul dari sisi kamera belakang yang ditanamkan masih tersedia secara ilegal yang hanya diakomodasi oleh para pedagang ponsel online.