pulsa-logo

Pilihan Smartphone 5 Jutaan Kekinian


Deni Hardian

Selasa, 22 Oktober 2019 • 10:27

smartphone 5 jutaan,smartphone 5 jutaan pilihan,pulsa,tabloidpulsa


Ilustrasi: Huawei Nova 5TIlustrasi: Huawei Nova 5T

Memiliki perangkat smartphone dengan beragam fitur yang mumpuni sudah menjadi idaman tersendiri bagi pengguna smartphone tanah air. Seperti diketahui, smartphone idaman bagi konsumen tanah air tak hanya berbicara soal kinerja yang dihasilkan namun semua fitur yang tertanam pada perangkat smartphone tersebut harus memiliki kemampuan yang menarik yang tak hanya bisa memanjakan pengguna dalam beraktivitas mulai dari fotografi, gaming, hingga aktivitas bekerja.

Di pasaran saat ini sudah banyak perangkat smartphone yang memiliki kriteria tersebut mulai dari harga 3 jutaan hingga 5 jutaan. Namun kali ini, PULSA ingin mengulas smartphone dengan harga 5 jutaan yang bisa dijadikan pilihan yang menarik guna memenuhi kebutuhan pengguna dalam beraktivitas. Tak hanya didominasi oleh perangkat smartphone yang baru beredar, smartphone dengan harga 5 jutaan juga bisa didapatkan dari perangkat smartphone yang sudah lama beredar di pasaran. Apa saja smartphone yang bisa dijadikan pilihan dengan harga 5 jutaan? Berikut daftarnya.

1. Huawei Nova 5T

Rp 5.300.000

Smartphone terbaru keluaran Huawei ini belum lama beredar resmi di pasaran. Membawa spesifikasi serta fitur khas smartphone premium Huawei Nova 5T bisa menjadi pilihan yang sangat menarik bagi pengguna smartphone masa kini. Faktor kinerja menjadi andalan utama dari perangkat ini, berbekal chipset HiSilicon Kirin 980 yang telah memakai fabrikasi 7 nm. Tak hanya itu, smartphone ini juga bakal didukung oleh RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Berbekal dukungan chipset yang ditanamkan perangkat ini tak hanya menghasilkan kinerja yang sangat baik dalam mendukung aktivitas pengguna terutama aktivitas gaming yang kini makin banyak peminatnya. Tak hanya itu, Nova 5T juga membawa fasilitas fotografi kelas atas dengan membenamkan 4 kamera di bagian belakang. Perangkat ini memiliki kamera utama 48 MP f/1.8 yang ditambah dengan kamera 16 MP f/2.2 ultrawide + 2 MP f/2.4 macro + 2 MP f/2.4 depth sensor. Selain itu, untuk aktivitas selfinya, telah tertanam kamera depan 32 MP f/2.0.

Huawei Nova 5T hadir dengan membenamkan panel layar IPS berukuran 6,26 inci dengan kamera selfie yang ditanamkan di bawah layar (punch hole). Layarnya sendiri sudah memiliki resolusi FHD+ 1080×2340 piksel.


Soal daya tahan baterai, Nova 5T sudah ditanamkan baterai berkapasitas berkapasitas 3.750 mAh yang dikombinasikan dengan fitur fast charging 22,5 watt yang bisa mengisi 50 persen dalam 24 menit.

2. vivo V17 Pro

Rp 5.699.000

Smartphone berikutnya yang bisa dijadikan  pilihan adalah vivo V17 Pro, smartphone 4 kamera pertama vivo ini hadir dengan membawa fasilitas fotografi sebagai nilai jual utamanya. Vivo V17 Pro hadir di Indonesia dengan dua pilihan warna esensial hitam dan putih, serta layar penuh Ultimate All Screen khas V-Series, dengan bingkai tipis di setiap sudut smartphone. Seri terbaru ini juga menghadirkan pembaruan pada fitur kamera dengan Dual Pop-Up Selfie Camera beresolusi 32MP yang dilengkapi Super Wide-Angle Selfie untuk mendapatkan hasil swafoto yang lebih luas, serta 48MP AI Quad Camera yang didukung dengan fitur Super Night Mode untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan tajam meski di pencahayaan yang minim atau malam hari.

V17 Pro memiliki bazel tipis di setiap sisi yang menghadirkan tampilan layar tanpa batas. V17 Pro tersedia dalam dua pilihan warna yang trendi; Satin Black dan Silk White. Untuk layar, ponsel ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 6,44 inci dengan rasio aspek 20:9 dan rasio layar ke bodi 91,65%. E3 OLED terbaru dengan gamut warna DCI-P3 sebesar 100% menghadirkan warna yang hidup dan otentik. Untuk prosesor, V17 Pro ditenagai Qualcomm Snapdraqon 675 dengan Android 9.0 dan Funtouch OS 9 terbaru. Dengan baterai 4.100 mAh dan Dual-Engine Fast Charging, pengisian daya V17 Pro menjadi lebih cepat dan aman.

3. Oppo R17 Pro

Rp 5.999.000

Meskipun sudah cukup lama beredar di pasaran, smartphone besutan Oppo ini masih sangat layak untuk dimiliki oleh para pengguna smartphone masa kini. Smartphone yang memulai debutnya di Indonesia dengan harga resmi Rp 9.999.000 ini kini memiliki  harga jual hanya Rp 5.999.000. Smartphone yang mengedepankan kemampuan Night Shot  dari Triple Camera dan juga disokong teknologi pengisian daya SuperVOOC Flash Charge.

OPPO R17 Pro hadir dengan membawa tiga kamera utama dengan resolusi 12 MP + 20 MP, dengan satu sensor lainnya adalah TOF 3D stereo camera yang dapat digunakan pengguna untuk memindai objek. Menariknya, kamera utama ini digadang-gadang menjagokan fitur Night Shot.

Kemampuan ini tidak lepas dari kehadiran Smart Lens yang merupakan lensa pintar, dengan fungsi utama untuk secara otomoatis mengatur diafragma dengan banyaknya cahaya yang masuk. Smart Lens mengusung diafragma ganda alias Dual Aperture dengan bukaan F/1.5 dan F/2.4. Selain kecaanggihan kamera belakang, R17 Pro juga tetap mempertahankan ciri khas OPPO yakni sebagai ponsel selfie terbaik di kelasnya dengan menanamkan kamera selfie berkekuatan 25MP dan bukaan f/2.0 yang tentunya disokong beragam fileter keren, AR Sticker dan juga mode Beauty.

Layaknya seri premium, OPPO R17 Pro juga didukung sederet fitur serta spesifikasi tingkat tinggi. Layarnya yang memiliki poni waterdrop (tetesan air) sudah menggunakan jenis AMOLED berukuran 6.4 inci dan memiliki resolusi Full HD+. Konsep layar fullscreen yang diusungnya pun benar-benar digjaya, aspek rationya sendiri mencapai 19,5:9 dan tentu saja mampu menampilkan konten gambar dengan sangat tajam dan jernih.

Di bagian daleman, OPPO R17 Pro diotaki chipset terbaru kelas menengah besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 710. Untuk pasar Indonesia sendiri, OPPO R17 Pro menjadi produk resmi dengan Snapdragon 710 pertama di pasaran. Tidak hanya itu, jeroan R17 Pro untuk pasar Indonesia dilengkapi RAM 8GB serta penyimpanan internal 128GB. Hanya saja, tidak ada dukungan slot kartu microSD untuk ruang penyimpanan tambahan.

Untuk urusan koneksi dan data, OPPO R17 Pro mendukung jaringan Dual 4G LTE dengan VoLTE ready, WiFi, Bluetooth 5.0, GPS, NFC serta USB Type-C.

4. Oppo Reno 2F

Rp 5.799.000

OPPO Reno2 F memiliki bentangan layar 6.5 inci dengan rasio aspek 19.5:9. Layarnya sendiri memiliki jenis AMOLED, yang tentunya sanggup menghadirkan ketajaman serta kejernihan gambar dan warna. Area layar yang luas ini tak lepas dari model kamera depan yang mengusung konsep pop-up (rising camera). Selain itu, layar perangkat ini juga tetap akan ramah mata berkat hadirnya sokongan fitur night shield.

Masih terkait desain, OPPO Reno2 F dibekali port koneksi berupa USB Type-C. Model ini sebelumnya sudah digunakan pada Reno generasi pertama juga perangkat baru seri A yakni OPPO A9 2020. Tidak hanya itu, port ini juga tetap mendukung fungsi USB-OTG yang memungkinkan Reno2 F untuk bisa membaca perangkat penyimpanan file eksternal (flashdisk). Satu lagi yang tidak kalah pentingnya, OPPO Reno2 F juga tetap menghadirkan 3 slot kartu yang bisa untuk disisipi 2 kartu SIM dan 1 microSD.

Ini dia salah satu unggulan utama dari OPPO Reno2 F. Perangkat ini memiliki 4 kamera di bagian belakang. Formasi keempat kamera ini berbentuk vertikal. Terdiri dari kamera utama 48MP dengan aperture F/1.79 + 8MP Ultra wide-angle lens yang punya bukaan F/2.2 + 2MP mono lens + 2 MP Portrait lens. Serupa OPPO A9 2020, konvigurasi Quad CameraReno2 F ini juga menjagokan kemampuan untuk mengambil foto dengan sudut luas (Ultra Wide), yang pastinya akan mampu memenuhi hasrat pecinta fotografi landscape.

5. Samsung Galaxy A70

Rp 5.700.000 (8GB)

Rp 5.200.000 (6GB)

Smartphone besutan Samsung ini juga tak kalah menarik dibandingkan smartphone lain yang sudah disebutkan di atas. Sebagai smartphone seri A dengan layar cinematic pertama dari Samsung, Galaxy A70 datang mengusung panel Super AMOLED berukuran 6.7 inci berkonsep Infinity-U display dan memiliki rasio 20:9. Nah, di notch berbentuk huruf U itulah terdapat sensor kamera depan beresolusi 32MP.

Di sektor fotografi, selain kamera depan, Galaxy A70 juga diracik dengan triple-camera belakang dengan resolusi 32MP (f/1.7) + 8 MP (ultra-wide angle) + 5 MP (depth sensor). Menariknya lagi, Galaxy A70 juga sudah mengadopsi sensor sidik jari di layar dan face recognition.

Berlanjut ke spesifikasi lainnya, Galaxy A70 datang mengemas RAM 6GB/8GB dengan memori internal 128GB yang bisa diperluas via kartu microSD hingga 512GB. Untuk menyuplai daya, smartphone dibekali baterai 4500 mAh yang sudah didukung fast charging 25W.

Samsung Galaxy A70 akan dirilis ke pasar dengan system oeprasi Android 9 Pie dan One UI di atasnya. Fitur yang dibawa antara lain Night Mode, serta fitur bawaan Samsung, semisal Pay, Knox, dan lain-lain

Dari struktrur bodi, Galaxy A70 dibangun dengan konsep ‘3D Glasstic’ seperti seri A lainnya. Efek prisma akan memberi sentuhan apik pada varian warna Coral, Blue, Black dan White yang diusungnya.