pulsa-logo

Mau Smartphone Gaming? Ini Dia 6 Smartphone Pilihannya


Deni Hardian

Senin, 09 Desember 2019 • 21:28

smartphone gaming terkini,smartphone gaming 2019,asus rog phone 2,black shark 2 pro,blackshark 2,pulsa,tabloidpulsa


Ilustrasi: Black Shark 2 ProIlustrasi: Black Shark 2 Pro

Memiliki perangkat smartphone untuk aktivitas gaming kini sudah menjadi angan-angan semata. Para vendor ponsel yang bersaing di pasar ponsel tanah air sudah mulai menghadirkan smartphone andalannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut.

Berbicara soal smartphone gaming, tentunya kita berbicar soal spesifikasi yang ditanamkan. Chipset serta besaran RAM sangat menentukan kinerja pada sebuah perangkat smartphone gaming. Tak hanya itu, peripheral pendukung untuk memaksimalkan aktivitas gaming pengguna tentunya juga sangat dibutuhkan. Meski begitu, saat ini baru hanya dua smartphone saja yang benar-benar pantas disebut dengan smartphone gaming yakni Asus ROG Phone 2 dan Black Shark 2 Pro. Tak hanya memfasilitas pengguna dengan kinerja gaming yang lengkap, kedua smartphone ini juga sudah membekali aksesoris pendukung dalam paket penjualannya.

Meski begitu, banyak smartphone yang telah beredar di pasaran yang layak disebut sebagai smartphone gaming. Meskipun tidak memiliki aksesoris pendukung yang lengkap, smartphone gaming lainnya sudah memenuhi kriteria dengan membenamkan chipset yang bertenaga serta dukungan RAM yang besar.

Tak perlu berpanjang lebar, berikut PULSA hadirkan daftar smartphone gaming yang sudah tersedia di pasaran lengkap dengan harga dan spesifikasi yang ditanamkan.

1. Asus ROG Phone 2

Rp 8.499.000

ROG Phone II sejak awal tampil sebagai smartphone yang dirancang khusus untuk gamer. Dari segi performa, ROG Phone II dibekali dengan spesifikasi terbaik mulai dari SoC Qualcomm Snapdragon 855+ dengan clock speed hingga 2,96GHz, penyimpanan UFS 3.0 hingga 512GB, serta RAM LPDDR4X hingga 12GB. Kombinasi ketiganya memastikan semua game dapat berjalan dengan kualitas dan performa terbaik.


ROG Phone II juga dilengkapi dengan fitur gaming khusus, salah satunya adalah Air Trigger yang merupakan sensor khusus di bagian samping bodi ROG Phone II yang dapat digunakan sebagai tombol tambahan ketika bermain game. Selain itu, terdapat juga port USB Type-C khusus di bagian samping bodi ROG Phone II yang berfungsi sebagai fasilitas untuk mengisi daya sekaligus menghubungkan berbagai aksesori khusus ROG Phone II. Apiknya lagi, smartphone juga didayai baterai berkapasitas ektra besar, yakni 6000 mAh.

Di sektor fotografi, smartphone ini mengemas dual-camera belakang dengan resolusi 48MP + 13MP (ultra-wide angle). Adapun bagi penggemar selfie, smartphone ini menawarkan resolusi 24MP. Untuk audio, smartphone ini didukung dengan speaker depan DTX:X Ultra yang dikatakan Asus 2.5 kali lebih keras dibanding sang pendahulu. Untuk pendinginan, smartphone ini dibekali kipas AeroActive Cooleer 2 generasi kedua yang lebih senyap dan efisien dalam menjaga ponsel agar tetap dingin.

2. BlackShark 2 Pro

12GB/256GB Rp 10.499.000

8GB/128GB Rp 8.499.000

Sebagai smartphone gaming, spesifikasi Black Shark 2 Pro tentu identic dengan fitur dan spesifikasi yang kencang dan tahan panas. Pesaing terdekat Black Shark 2 Pro adalah Asus ROG Phone 2 yang sama-sama mengandalkan chipset Qualcomm generasi terbaru yakni  Snapdragon 855+.

Black Shark 2 Pro menampilkan  layar 6,39 inci, RAM 12GB, dan  dual kamera utama  48MP + 12MP, dan kamera selfie dengan resolusi 20MP. Mengingat bahwa ini adalah smartphone gaming, Black Shark 2 Pro juga akan hadir dengan fitur-fitur yang sangat menunjang untuk  perangkat gaming.  Seperti teknologi Liquid Cool 3.0+ dan dukungan DC Dimming 2.0. Black Shark 2 Pro akan ditenagai baterai berkapasitas daya 4,000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 27W. Fitur lainnya meliputi  sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar.

3. realme X2 Pro

Rp 7.799.000

Mengutamakan kinerja sebagai nilai jual utamanya, smartphone ini dibekali  Qualcomm Snapdragon 855+ yang melalui proses fabrikasi 7nm dan GPU Adreno 640, memberikan prosesor rendering grafis 15% lebih cepat dari Snapdragon 855. Selain itu, prosesor tersebut juga memiliki chip pemrosesan AI 3x lebih cepat dan LPDDR4X 12GB + 256GB dengan UFS 3.0 Flash Storage terbaru.

Realme X2 Pro memiliki baterai 4000mAh dan mendukung teknologi 50W SuperVOOC Flash Charge di dalam kotak penjualan yang sanggup mengisi baterai secara penuh hanya dalam waktu 35 menit. Kecepatan pengisian yang super cepat ini dilindungi oleh sistem chip lima inti cerdas yang menyediakan pemantauan real time dari arus listrik. 50W SuperVOOC Flash Charging juga memungkinkan pengguna untuk mengisi daya tanpa perlu takut mengganggu performa permainan.

Bukan hanya itu saja, realme X2 Pro juga membawa kamera yang kuat dengan pengaturan quad camera 64MP seperti realme XT. Selain sensor utama Samsung GW1 64-megapiksel, sistem kamera realme X2 Pro juga menyertakan lensa telefoto 13MP dengan dukungan hybrid zoom 20x, lensa ultra-wide angle 8MP dan lensa portrait 2MP.

4. Asus Zenfone 6

Rp 6.999.000

Sebagai smartphone flagship termurah yang tersedia di pasaran, Zenfone 6 menawarkan fitur kamera sebagai nilai jual utamanya. Smartphone ini hadir dengan membawa fitur Flip Camera dimana fitur ini menyematkan kamera ganda yang bisa digunakan sebagai kamera belakang maupun kamera depan. Kamera utama pada smartphone ini adalah 48 megapiksel yang terbuat dari sensor Sony IMX586. Sementara untuk kamera keduanya adalah 13 megapiksel yang memiliki kemampuan untuk mengabadikan momen dengan sudut ultra lebar. Berbicara soal spesifikasinya, smartphone ini hadir dengan panel layar berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+ 2.340 x 1.080 piksel.

Meski mengandalkan fitur fotografi sebagai nilai jual utamanya, smartphone ini sudah dibekali dengan kinerja yang bertenaga guan memenuhi kebutuhan konsumen dalam bermain game. Smartphone yang menyematkan prosesor octa-core Snapdragon 855 ini telah dilengkapi GPU Adreno 640, RAM 6GB, dan memori internal 128GB.

Zenfone 6 berbasis pada OS Android 6 dengan ZenUI 6. Asus sudah merilis pembaruan OS, Android 10, untuk Zenfone 6. Fitur andalan lainnya yang ada di smartphone ini adalah pemindai sidik jari, Face Recognition, NFC, dukungan teknologi Quick Charge 4.0, dan Reserve Charge 10W. Di pasaran Zenfone 6 tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Midnight Black dan Twilight Silver.

5. Black Shark 2 6GB/128GB

Rp 5.999.000

Di sisi kinerja, Black Shark 2 menampilkan chipset  octa core unggulan Qualcomm yakni Snapdragon 855 yang disandingkan dengan RAM 6GB, dan teknologi Liquid Cooling 3.0 untuk menjaga suhu smartphone  tetap dingin dan menghindari overheat.

Black Shark 2 menampilkan layar AMOLED True View berukuran 6,01 inci dengan resolusi  FullHD 1,080x2,160 piksel, aspek rasio 19,5 : 9 dan kerapatan layar 402ppi. Layar Black Shark 2 juga mendukung 'teknologi peredupan DC' dan fungsi tampilan adaptif untuk secara otomatis menyesuaikan efek tampilan  layar dengan suasana di sekeliling pengguna apakah sinarnya sangat terik atau redup.

Handset dapat dikonversi menjadi GamePad 3.0 yang terpasang di samping dan memungkinkan bermain dengan tombol fisik. Dual kamera utama memiliki kombinasi  resolusi 48MP + 13MP yang didukung dengan lensa aperture f / 1.75 dan f / 12.2. Untuk selfie, smartphone ini dilengkapi dengan  kamera depan beresolusi 20MP  dengan aperture f / 2.0. Handset ini tidak mendukung jack headphone 3.5mm, akan tetapi menawarkan speaker stereo ganda dan tiga mikrofon.

Huawei Nova 5T

Rp 5.499.000

Huawei nova 5T membawa SoC yang terbilang sekelas flagship, yaitu Kirin 980. Kirin 980 membawa prosesor 8 inti dengan konfigurasi 2x prosesor berbasis Cortex -A76 dengan clock speed 2.6 GHz, lalu ada 2x chip prosesor berbasis Cortex-A76 dengan clock speed 1.92 GHz dan terakhir ada 4x prosesor Cortex-A55 dengan clock speed 1.8 GHz.

Kedelapan chip prosesor ini kemudian ditemani oleh Dual NPU (Neural-Network Processing Unit) yang bertugas penting dalam melakukan efektivitas kerja Chipset, termasuk di dalamnya menjadikan baterai lebih tahan lama. Membawa RAM 8 GB dan ROM 128 GB, maka proses yang berjalan pada sistem dapat berjalan dengan lebih baik.

Layaknya smartphone kekinian, Huawei Nova 5t juga mengandalkan fitur fotografi sebagai nilai jual utamanya. Di bagian belakang smartphone ini telah membenamkan konfigurasi 4 kamera dengan kamera utama 48 MP f/1.8 yang ditambah dengan kamera 16 MP f/2.2 ultrawide + 2 MP f/2.4 macro + 2 MP f/2.4 depth sensor. Selain itu, untuk aktivitas selfinya, telah tertanam kamera depan 32 MP f/2.0.

Soal daya tahan baterai, Nova 5T sudah ditanamkan baterai berkapasitas berkapasitas 3.750 mAh yang dikombinasikan dengan fitur fast charging 22,5 watt yang bisa mengisi 50 persen dalam 24 menit.