pulsa-logo

Antara HONOR Magic Watch 2 dan Samsung Galaxy Watch Active 2, Mana yang Lebih Menarik?


PULSA

Jum'at, 20 Desember 2019 • 01:30

HONOR,Honor Magic Watch 2,Samsung Galaxy Watch Active 2,HONOR Magic Watch 2 vs Samsung Galaxy Watch Active 2,harga honor magic watch 2


Honor Magic Watch 2 vs Samsung Galaxy Watch Active 2Honor Magic Watch 2 vs Samsung Galaxy Watch Active 2

Pasar Smartwatch di Indonesia bisa dikatakan sedang tumbuh.  Kehadirannya semakin populer bahkan smartwatch khusus anak-anak pun cukup laku di pasaran. Nah, merek-merek besar seperti Apple, Samsung dan beberapa pabrikan asal Cina sudah lama melirik pasar ini.  

Smartwatch yang dirilis baru-baru ini adalah HONOR Magic Watch 2. Dengan banderol harga yang lebih terjangkau, HONOR mencoba melirik pasar kalangan pecinta olahraga dan juga mereka yang tertarik dengan fashion. 12 Desember lalu HONOR menawarkan pre-order Magic Watch 2 dengan harga Rp2.099.000 saja.

Sebelum HONOR Magic Watch 2, Samsung juga telah merilis smartwacth terbaru mereka lewat seri Galaxy Watch Active 2. Jam pintar Samsung ini ditawarkan seharga Rp5 jutaan. Meskipun kedua smartwatch memiliki perbedaan harga yang tergolong jauh, ternyata keduanya tetap dapat bersaing satu sama lain. Yuk, kita lihat perbandingannya!

1. Desain

Samsung Galaxxy Watch Active 2 (kiri), HONOR Magic Watch 2 (kanan)Samsung Galaxxy Watch Active 2 (kiri), HONOR Magic Watch 2 (kanan)

HONOR Magic Watch 2 sejatinya memiliki dua model, varian dengan ukuran lingkar bezel 42mm dan 46mm. Namun, yang baru dipasarkan di Indonesia adalah vaian 46mm. Samsung Galaxy Watch Active 2 pun punya sama-sama punya 2 varian 44mm dan 40mm.

Selain itu, keduanya punya fleksibilitas yang sama yang memudahkan pengguna menggonta-ganti tali jam. Tak harus pakai strap/tali bawaan, pengguna juga bisa menggantinya dengan tali aftermarket asalkan ukurannya sesuai.


Disain HONOR Magic Watch 2 menurut kami tampil lebih sporty, ini bisa dilihat dari disain bezel Tachymeter yang biasa terdapat di jam kelas professional. Sementara bezel Samsung Galacy Watch Active 2 tampil polos.  Bezel HONOR Magic Watch 2 terbuuat dari bahan Stainless Steel 316L, sedangkan Galaxy Watch Active 2 menggunakan aluminium.

Secara umum bisa disimpulkan, kami cenderung menyarankan HONOR Magic Watch 2 buat kaum lelaki, meskipun buat wanita juga rasanya tak masalah toh ada pilihan warna lain yang sesuai seperti coklat dan biru. Tapi untuk Samsung Galaxy Watch Active 2 rasanya kurang pas untuk pria, terlalu kalem.  Padahal varian yang kami pegang ini sudah yang paling gahar dengan strap berwarna hitam.

Satu lagi, HONOR Watch Magic 2 tampil lebih elegan dengan ketebalan hanya 9.0mm, berbeda dengan Samsung Galaxy Active 2 yang lebih tebal dengan 10.9mm. Apalagi dengan lingkar bezel yang lebih kecil, Samsung Galaxy Watch Active 2 terlihat lebih gambot. Jadi terasa betul perbedaannya ketika ada di pergelangan tangan. HONOR Watch Magic 2 kami rasakan lebih nyaman digunakan.

2. Layar

Honor Watch magic 2 (kiri) Samsung Galaxy Watch Active 2 (kanan)Honor Watch magic 2 (kiri) Samsung Galaxy Watch Active 2 (kanan)

Meksipun ukuran bezel HONOR Watch Magic 2 lebih lega, tapi ukuran layarnya relative sama dengan layar Samsung Galaxy Watch Active 2. Layar HONOR Watch Magic 2 berukuran 1,39 inci sedangkan layar Samsung Galaxy Watch Active 1,40 inci, bedanya hanya  0,1 inci saja.

Keduanya sama-sama menggunakan layar Super AMOLED. Layar jenis ini dipercaya lebih baik ketimbang jenis LCD. Warnanya lebih tajam dan lebih kontras ketika berada di bawah terik matahari. Kendati demikian, layar HONOR Watch Magic 2 lebih tajam dengan resolusi 458x458 piksel, dibandingkan dengan layar Samsung Galaxy Watch Active 2 yang punya reolusi 360 x 360 piksel.

3. Daya Tahan Baterai

Baterai HONOR Watch Magic 2 memiliki kapasitas 455mAh dan menggunakan Chipset Kirin A1 yang hemat daya, sehingga memiliki daya tahan baterai hingga 14 hari dengan penggunaan normal.  Jika menggunakan fitur Always on Display tentu bisa lebih boros. Dibandingkan dengan Samsung Galaxy Watch Active 2 yang menggunakan bateri 39 mAh, daya tahan baterai HONOR Watch Magic 2 lebih unggul.

Laman spesifikasi resmi Samsung mengungkapkan, daya tahan baterai Samsung Galaxy Watch Active 2 bisa bertahan hingga 60 jam (sekitar 2-3 hari) untuk pemakaian aktif dan 131 jam sekitar 5 harian untuk pemakaian biasa-biasa saja.

4. Jenis Olahraga

HONOR Magic Watch 2 (kiri), Samsung Galaxy Watch Active 2 (kanan)HONOR Magic Watch 2 (kiri), Samsung Galaxy Watch Active 2 (kanan)

HONOR Magic Watch 2 memiliki 15 jenis olahraga berbeda serta 13 Running Course (Program Lari) dengan Voiceover Coach, dimana akan terdapat suara yang memberikan instruksi saat lari. Hal ini dimungkinkan oleh built-in speaker yang dimiliki Magic Watch 2.

Nah, mode olah rada pada Samsung Galaxy Watch Active 2 memang lebih banyak, mendukung hingga 39 macam olah raga. Tapi, fitur tersebut tidak memiliki Voiceover Coach serta mode latihan Triathlon yang dimiliki Magic Watch 2.

5. Fitur Kesehatan

HONOR Magic Watch 2 (kiri), Samsung Galaxy Watch Active 2 (kanan)HONOR Magic Watch 2 (kiri), Samsung Galaxy Watch Active 2 (kanan)

Kedua smartwatch memiliki fitur deteksi detak jantung, stress, dan tidur. Namun HONOR Magic Watch 2 mampu menampilkan informasi terkait detak jantung dan stress sepanjang hari dengan simpel dan cepat. Sementara untuk menampilkan informasi kesehatan di Galaxy Watch Active 2, diperlukan swipe dan tap beberapa kali agar dapat mengakses informasi detak jantung dan stress sepanjang hari tersebut.

Magic Watch 2 juga memiliki saran cara meningkatkan kualitas tidur via aplikasi Huawei Health, sedangkan Galaxy Watch Active 2 tidak menawarkan saran untuk meningkatkan kualitas tidur.

6. Fitur Lainnya

HONOR Magic Watch 2 (kiri), Samsung Galaxy Watch Active 2 (kanan)HONOR Magic Watch 2 (kiri), Samsung Galaxy Watch Active 2 (kanan)

HONOR Magic Watch 2 tidak mendukung aplikasi pihak ketiga, sedangkan Galaxy Watch Active 2 memungkinkan penggunanya untuk mengunduh berbagai aplikasi via Galaxy Store. Dengan ini, Galaxy Watch Active 2 dapat menggunakan fitur-fitur seperti kalkulator, browser, dan lain sebagainya. Kedua smartwatch juga mampu menampilkan fitur notifikasi dari berbagai aplikasi berbeda, namun Galaxy Watch Active 2 memiliki fitur untuk merespon pesan yang masuk.

Terakhir, kedua smartwatch dapat menyimpan dan memutar lagu langsung dari smartwatch tanpa perlu tersambung ke smartphone, serta menerima dan membuat panggilan.

Itulah perbandingan sekilas antara HONOR Magic Watch 2 varian 46mm dan Samsung Galaxy Watch Active 2 varian 44mm. Samsung Galaxy Watch Active 2 varian 44mm dijual mulai Rp 4 - 5 jutaan tergantung varian yang dipilih, sedangkan HONOR Magic Watch 2 dijual dengan harga Rp 2.499.000 dengan harga promo dari 12-18 Desember 2019 terdapat Potongan Harga Rp400.000 di Shopee, sehingga harga semasa Pre Order menjadi Rp 2.099.000. (*)