pulsa-logo

Adu Fitur realme C15 vs Vivo Y15: Smartphone Entry Level Berbaterai Monster


Hairuddin

Rabu, 29 Juli 2020 • 15:25

realme C15, Vivo y15, Adu realme C15 dengan Vivo Y15, realme C15 vs Vivo Y15, Keunggulan realme C15,


realme C15 vs Vivo Y15realme C15 vs Vivo Y15

realme kembali menggebrak pasar smartphone tanah air dengan menghadirkan produk baru di lini C Series. Mengusung slogan “6000mAh with 18W Quick Charge”, realme C15 bakal menjadi idola baru kawula muda.

Hadir di level harga 2 jutaan, tentunya banyak smartphone sekelasnya yang menawarkan spesifikasi serta fitur unggulan yang hampir sama. Untuk konsumen yang berniat membeli realme C15 namun masih bingung dengan keputusannya, ada baiknya mencari tahu perbandingan yang paling dekat dengan realme C15 ini.

Salah satu produk yang masuk dalam radar komparasi adalah Vivo Y15. Sama seperti realme C15, smartphone entry level Vivo ini pun menjanjikan daya tahan baterai powerful lewat kapasitasnya yang cukup besar.

Pertanyaannya, apa saja perbedaan paling signifikan dari kedua perangkat ini? Cek dulu ulasannya ya.

Desain

Soal tampilan, kedua perangkat ini memang memiliki ciri khas masing-masing. Vivo Y15 hadir dengan gradient warna yang terinspirasi oleh pancaran cahaya di malam hari. Konsep gradasi warnanya sudah umum digunakan oleh banyak perangkat di kelas entry level.

Berbeda dengan realme C15 yang menerapkan desain geometric gradient. Konsep ini baru pertama kalinya dimunculkan realme pada produk C Series. Gradasi warna terbagi atas 3 area berbentuk trapesium, yang memancarkan warna-warna berbeda di tiap area.


Model desain yang dibawa realme C15 ini tentu saja terlihat lebih segar, dan sangat cocok dengan gaya anak muda masa kini. Apalagi, realme C15 hadir dengan pilihan warna yang trendi yakni Marine Blue dann Seagull Silver.

Untuk mendapatkan model desain seperti itu, realme kabarnya menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan menggunakan mesin ukiran lima sumbu presisi. Satu lagi yang cukup menarik, bodi belakang realme C15 juga terasa solid dan nyaman digenggam. Tidak terlalu licin layaknya bodi Vivo Y15.

Namun, kekurangan dari desain realme C15 jika disandingkan dengan Vivo Y15 adalah bobot yang sedikit lebih berat. Berdasarkan data spesifikasi, realme C15 memiliki berat sekitar 209 gram, sedangkan Vivo Y15 punya bobot 190,5 gram. Selain lebih berat, bodi realme C15 juga lebih besar dibanding Vivo Y15.

Satu lagi yang patut diperhatikan, struktur kamera belakang. Jika di Vivo Y15 menerapkan model vertikal yang terasa sudah ketinggalan zaman, susunan kamera belakang di realme C15 terlihat cukup kekinian. Berbentuk kotak, layaknya model kamera yang saat ini banyak diusung oleh smartphone flagship kenamaan.

Display

Terkait bodi yang besar, tentunya menjadi berkah bagi layar. Dan realme C15 unggul dengan ukuran layar yang lebih luas. Smartphone ini membawa display berukuran 6,5 inci, atau sekitar 16,5 cm. Sementara Vivo Y15 layarnya 0,15 inci lebih kecil. Pun demikian dengan rasio aspek, realme C15 mendukung 20:9 sementara Vivo Y15 hanya 19,3:9.

Kedua smartphone ini sama-sama menerapkan konsep layar waterdrop, dan mengandalkan jenis IPS LCD. Meski sama-sama mengusung HD+, namun resolusi yang dimiliki layar perangkat ini sedikit berbeda. Vivo Y15 membawa resolusi 720x1544 piksel, sementara realme C15 720x1600 piksel.

Kerapatan piksel layar yang dimiliki realme juga lebih baik dari Vivo. Imbasnya tentu saja pada tampilan gambar yang lebih tajam dan jernih.

Soal kenyamanan saat digunakan untuk menonton tayangan video dan bermain game, layar HD+ di kedua perangkat ini masih tergolong mantap. Apalagi, keduanya pun sama-sama menyertakan teknologi layar yang ramah mata.

Sistem Operasi

Kedua perangkat hadir dengan membawa model antarmuka kustom khas masing-masing vendor. Vivo Y15 menyuguhkan user interface Funtouch OS versi 9, yang menggunakan basis Android 9 (Pie). Sistem Operasi ini tentu saja sedikit jadul jika dibandingkan dengan milik realme C15, yang sudah membawa Android 10 dengan realme UI.

Soal tampilan dan struktur menu, keduanya memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Yang pasti, tetap membuat penggunanya nyaman dan mudah dalam menggunakan fungsi-fungsi ponsel.

Hanya saja, dengan membawa Android 10 realme C15 membawa beberapa fitur baru yang tidak ada di Android 9, diantaranya Dark Mode (mode gelap). Di realme C15, opsi ini mendapatkan optimalisasi dan mendukung banyak aplikasi pihak ketiga. Selain itu, dengan mode gelap ini, konsumsi baterai pun bisa lebih hemat dan yang pasti layar jadi lebih ramah mata.

Satu lagi yang cukup menarik, realme C15 juga menyertakan Mode Fokus. Fitur ini membantu pengguna untuk berkonsentrasi dan rileks, tanpa terganggu dari ponsel dan dunia luar. Dengan mengaktifkan mode ini, sistem akan secara otomatis memainkan lagu yang menenangkan, mengaktifkan DND (Mode jangan ganggu), dan mencegah notifikasi baru menumpuk.

Hardware dan Performa

Ini merupakan kali kedua realme menjejalkan Helio G35 di smartphone entry level-nya. Prosesor yang difokuskan untuk gaming ini sebelumnya juga digunakan oleh realme C11. Sementara Vivo Y15 menggunakan MediaTek Helio P22.

Secara teknis, kedua prosesor ini dibangun dengan pabrikasi yang sama, yakni 12nm. Hanya saja, Helio G35 memiliki struktur prosesor yang setingkat di atas Helio P22. Chipset MediaTek Helio G35 di realme C15 mengadopsi struktur Cortex-A53 dengan speed mencapai angka maksimal di 2.3GHz.

Sedangkan Helio P22 Vivo Y15 memiliki clock speed maksimal di angka 2.0GHz. Dari data itu saja sudah bisa ditebak kalau performa realme C15 unggul sedikit di atas Vivo Y15.

Untuk mendukung kinerja secara keseluruhan, realme C115 yang hadir di Indonesia menawarkan pilihan varian memori yang lebih beragam. Mulai dari RAM 3GB dengan ROM 64GB, RAM 4GB dengan ROM 64GB hingga varian tertinggi dengan RAM 4GB dengan ROM 128GB. realme C15 selain menyuguhkan ROM 128GB juga masih bisa menambah memori hingga 256GB dengan kartu microSD. Sementara Vivo Y15 yang tersedia di pasaran hanya tersedia satu varian yakni RAM 4GB dengan ROM 64GB.

Baterai

Inilah keunggulan yang digaungkan oleh keduanya, baterai berkapasitas monster. Sebelum hadirnya realme C15 di Indonesia, Vivo Y15 bisa jadi merupakan salah satu smartphone entry level dengan baterai berkapasitas sangat besar. Berdasarkan data teknis, smartphone ini dibekali baterai 5000mAh.

Coba deh bandingkan dengan realme C15 yang sudah membawa baterai berkapsitas 6000mAh. Gimana perasaan Anda jika memiliki smartphone dengan baterai monster seperti di realme C15 ini? Pastinya, bisa tenang dalam beraktifitas sepanjang hari tanpa takut kehabisan baterai.

Selain memiliki kapasitas lebih besar, realme C15 juga sudah didukung teknologi pengisian daya cepat, Quick Charge dengan daya 18Watt. Sementara Vivo Y15 tidak mendukung kemampuan pengisian cepat. Jadi, dengan kapasitas baterai yang dibawanya tersebut untuk mengisi daya baterai akan memakan waktu jauh lebih lama.

Untuk teknologi Quick Charge 18W realme C15 sendiri, bisa mengisi daya sebanyak 25% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Baik Vivo maupun realme, sama-sama menghadirkan fitur penghemat daya. Poin plusnya, realme C15 mendukung fitur OTG reverse charging yang fungsinya mirip powerbank untuk mengisi daya perangkat lain.

Bicara soal penghemat daya, di realme C15 terdapat fitur App Quick Freeze, Screen Battery Optimization, Sleep Standby Optimization dan Super Power Saving Mode. Yang terakhir, Super Power Saving Mode, Anda bisa memilih 6 aplikasi yang paling sering digunakan sementara smartphone akan menjalankan strategi penghemat daya secara agresif, semisal membekukan aplikasi yang jarang digunakan juga yang sedang berjalan di latar.

Kamera

Selain baterai yang lebih besar, realme C15 juga menawarkan konfigurasi kamera yang lebih baik. Di bagian belakang, smartphone ini didukung empat kamera (Quad Camera) dengan susunan 13MP kamera utama dengan aperture f/2.2. Ada juga kamera ultra-wide 8MP dengan bukaan f/2.25 dan sudut bidikan 119 derajat. Lalu kamera B&W 2MP, dan lensa Retro 2MP.

Sementara Vivo Y15 hanya dibekali Triple Camera, dengan konfigurasi 13MP f/2.2 + 8MP f/2.2 Ultra-wide + 2MP f/2.4 depth sensor.  

Baik di Vivo muapun realme, kamera utamanya sudah dibekali fitur PDAF dan dilengkapi pula dengan LED flash untuk foto di lokasi minim cahaya. Selain itu, kamera keduanya pun telah disokong dengan kecerdasan buatan (AI) untuk memaksimalkan hasil foto.

Tapi menariknya, kamera realme C15 ini mendapat tambahan fitur yang lumayan keren yakni Super Nightscape Mode. Kemampuan fotografi malam ini bisa dibilang masih cukup jarang ada di smartphone entry level.

Jika realme C15 unggul dengan Quad Camera, Vivo Y15 hadir dengan kamera selfie yang lebih baik. Smartphone ini punya kamera depan dengan resolusi 16MP f/2.0, dan disokong AI Face Beauty yang punya kinerja maksimal.

Sementara realme C15 hanya membawa kamera selffie 8MP. Beruntungnya, kamera depan ini membawa sejumlah fitur keren seperti HDR, AI Beauty, Portrait mode dan juga Panoselfie yang berguna untuk selfie dengan sudut yang lebih luas.

Kesimpulan

Dengan tampilan desain yang lebih ramping dan ringan, Vivo Y15 memiliki keunggulan di sisi kamera selfie yang memiliki resolusi lebih besar dan hasil jepretan yang terkenal cantik. Namun, realme C15 ternyata mampu menandinginya lewat sejumlah fitur unggulan, diantaranya dukungan Quad Camera, layar luas dan chipset yang lebih tangguh terutama untuk gaming.

Tidak cukup di situ saja, realme C15 juga hadir dengan sokongan baterai super besar, 6000mAh, yang dikolaborasikan pula dengan teknologi 18W Quick Charge. Tak lupa fitur penghemat daya yang cerdas mengatur aplikasi tanpa harus mengorbankan penggunaan sehari-hari. Fitur-fitur tersebut menjadikan realme C15 memang pantas menjadi pilihan di harga 2 jutaan dan cocok dijadikan teman beraktifitas untuk anak muda masa kini.

Penulis: Hairuddin Ali/@hairuddin_ali