pulsa-logo

Review CrossX CB98


Fauzi

Selasa, 18 Januari 2011 • 10:16

Review Cross X CB98, Review, Cross X CB98, Unik, berbeda, ponsel, seri CB98, Cross, QWERTY, tabloid pulsa


Unik dan berbeda. Tidak seperti kebanyakan ponsel Cross X yang hadir lebih dulu, seri CB98 memberanikan diri merubah tampilan disain dan model secara mencolok. Apakah hal ini akan diikuti keberhasilan memikat konsumen atau hanya sekedar numpang lewat dan pemanis tampilan semata?

Disain

Awalnya PULSA seperti melihat kembaran Microsoft Kin One hadir kembali di etalase toko ponsel. Tapi setelah dilakukan pendekatan dan ditelusuri lebih jauh, ternyata ini adalah produk lokal. Benar sekali, Cross X CB98 hampir mirip atau memang dengan sengaja mencontek disain dan model ponsel bikinan Microsoft tersebut.

Seperti kembarannya tersebut, Cross X CB98 mengambil genre ponsel sliding alias buka tutup. Biasanya pengguna merasa ngeri dengan ponsel yang berdisain sliding lantaran kerap terasa ringkih dan kurang solid. Tapi mekanisme slider di Cross X CB98 solid dan kokoh. Sangat lancar dan nyaman melakukan geseran ke atas antar kedua bidang yang berbeda.

Berbahan dasar plastik, hampir keseluruhan permukaan Cross X CB98 dicat warna merah mengkilap. Aksentuasi warna perak mengitari dan jadi jurang pemisah antara bodi atas dengan bodi bawah. Seperti biasa, model glossy rentan terhadap sentuhan jari dan terlihat berminyak.

Muka depan Cross X CB98 berbentuk bundar, sekilas mirip kue Dorayaki dari negeri Sakura. Pada ruang di bawah layar, ditempatkan tombol on/off, shortcut audio player, home dan dua tombol SIM. Bulatan bundar di tengah bukan merupakan trackpad tapi ternyata alat navigasi menu empat arah.


Cross X CB98 menyembunyikan papan ketik pada area di bawahnya. Baru saat didorong ke atas, gugusan QWERTY muncul di permukaan. Bentuk keypad tampak mungil dan pengguna berjari besar akan kesulitan menjamahnya. Area dasar berwarna putih berpadu keypad merah melengkapi pewarnaan yang cantik dari ponsel ini.