pulsa-logo

Adu Nokia C6-01 vs Samsung Wave II


PULSA

Jum'at, 01 April 2011 • 13:14

Nokia C6-01, Samsung Wave II, OS, Vs, operating sistm, pabrikan, adu tangguh, tabloid pulsa


 

Kali ini PULSA mencoba mempertemukan dua smartphone dengan sematan OS khas dari masing-masing pabrikan. Adalah Nokia C6-01 dengan platform Symbian^3 menjajal ketangguhan OS Bada v1.2 milik Samsung Wave II. Symbian^3 merupakan platform teranyar milik pabrikan ponsel asal Finlandia tersebut, sementara Bada v1.2 merupakan platform gres besutan Samsung. Keduanya kerap disematkan pada beberapa ponsel cerdas keluaran terbaru belakangan ini.

Disain

Secara fisik C6-01 memiliki ukuran lebih kecil yakni 103.8 x 52.5 x 13.9 mm dengan bobot 131 gram, jika dibandingkan dengan Wave II yang berpostur jangkung yang memiliki dimensi 123.9 x 59.8 x 11.8 mm dan 4 gram lebih berat dari C6-01.

Walau mungil, C6-01 terkesan mewah dengan balutan dominan metal silver di sekujur tubuhnya, sementara Wave II mengkombinasikan metal gelap bertekstur yang dikombinasikan dengan bahan material plastik glossy, khususnya pada bagian atas dan bawah ponsel. Secara tampilan keduanya sama elegan dengan beberapa sematan akses khas masing-masing bawaan ponsel.

C6-01 menyematkan switch zoom/volume pada sisi kanan body ponselnya, sejajar dengan switch unlock dan shutter kamera. Sedangkan pada jajaran bawah ponsel dihadirkan slot micro USB, port charger, serta jack audio 3,5 mm. Pada bagian muka didominasi oleh kaca anti gores gorilla glass yang dihadiri switch menu yang diapit oleh tombol call dan end/power. Sedangkan kamera 8 megapiksel yang dilengkapi dual LED flash dan speaker multimedia tertanam di bagian belakang ponsel.



Sementara pada Wave II disisi kiri body rampingnya terdapat switch zoom/volume, dan persis diseberangnya shutter kamera hadir sejajar dengan switch unlock. Bagian muka yang cukup lapang dari ponsel ini terpasang panel kaca anti gores, Samsung menyebutnya dengan oleophobic surface.

Keanggunannya ditemani oleh tombol call dan end/power yang mengapit tombol menu yang berbentuk unik. Pada sisi belakang ponsel yang elegan diperkaya oleh kamera 5 megapiksel dan LED flash, keduanya cukup menarik dengan bentuk belah ketupat. Menyisir bagian atas ponsel tersemat speaker multimedia yang ditemani port jack audio 3,5 mm dan micro USB guna kepentingan tukar data dan charger.

Dilihat dari sisi disain, keduanya memiliki khas yang tak dimiliki oleh rivalnya. Nokia dengan disain mungil nan elegan, sementara Samsung dengan karakter mewah. Namun cukup disayangkan adalah, walau keduanya mendukung kehadiran memori eksternal, tak tampak dari keduanya kehadiran akses hotswap guna membenamkan kartu penampung data tersebut secara ringkas.