pulsa-logo

Review Cross CB 96T


PULSA

Senin, 25 April 2011 • 10:31

Cross CB 96T, Review, Handphone Cross, HP Cross, Game, tabloid pulsa


Inovasi di sisi desain kerap menjadi ‘plan B’ vendor lokal ketika tampilan Qwerty ala BlackBerry saja sudah tidak menjual. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Cross, lewat poduk anyar Cross CB 96T, mereka menawarkan desain gaming yang cukup menarik.

Kelengkapan Handset

Baterai

Charger

Kabel data

Handsfree

Kartu garansi


Buku manual

Gamepad

Desain

Dimensi 119,2x58,2x13,6mm; Bahan Plastic Glossy.

Sesuai dengan kelasnya sebagai ponsel game, Cross CB96T menawarkan sebuah gamepad yang disediakan pada paket penjualan. Sayang, tombol QWERTY berukuran kecil dan licin, kurang nyaman dan rentan kesalahan dalam mengetik sms.

Rating: 3 (skala 1-5)

Layar

Layar 2,4 inci QVGA LCD 240—320 Pixels

Layar Cross CB 96T memiliki tingkat kontras dan kecerashan yang minim. Padahal faktor ini penting sekali sebagai penampil visual games. Layar LCD-nya berbahan plastik yang dari sisi ketahanan, tentu tidak sekuat kaca.

Rating: 3

Menu dan Interface

Software MTK, 6 buah shortcut di bagian bawah layar pada homescreen (dapat di-edit), tidak banyak perbedaan dengan HP Cina lainnya, Cross CB96T menggunakan platform software MTK. Selain tampilan UI sederhana, juga ikon yang tertampil di halaman menu belum dipoles.

Rating: 3,5

Games

Kategori games bawaan: NES Games (dalam MicroSD)

Anda dimudahkan untuk akses langsung  ke menu Games dengan hadirnya tombol game yang terdapat di bagian depan ponsel. Meski terdapat  2000 game yang dijejalkan di MicroSD sebagai media storage, kategori games-nya hanya setingkat  NES (nintendo Entertainment System), dimana merupakan game lawas era 90-an.

Rating: 4

TV Analog

Terdapat 60 chanel list, snap shot, antenna eksternal

Sebagai alternatif hiburan, TV analog di Cross CB96T bisa menjadi pilhan.  Selain tangkapan siarannya cukup jernih dan kualitas audio cukup nyaring, Anda bisa menjepret adegan di TV yang sedang berlangsung dengan  snap shot, dengan klik adjust button di navigation key.

Rating: 3

Konektivitas

Bluetooth, microUSB

Tidak berbeda jauh dengan konektivitas pada ponsel Cina lainnya, Cross CB 96T memiliki fungsi koneksi via nirkabel. Saat diuji coba mentrasfer data jpeg berbobot 49KB ke HP Mini 110 proses pairingnya hanya memangkas waktu 11 detik saja.

Rating: 3

Kelebihan

Fitur game NES yang didukung oleh Gamepad

TV analog

Video player dan recorder

FM Radio

Kamera

Video Player dan recoder

Kekurangan

Internetan bergantung oleh GRPS 10

Material casing plastik  ringkih

Keypad QWERTY berukuran terlalu kecil dan licin

Belum didukung oleh motion shake sensor untuk games

Ponsel tandingan :

Micxon MX 8

Kesimpulan

Ponsel ini memiliki tampilan tak ubahnya ponsel gamer sejati, yang lengkap dengan gamepad-nya. Hadirnya tombol pembantu, shortcut dan disain ala ponsel game  cukup menunjang. Sayangnya, game bawaan masih NES game, alias game jadul dan soal legalitas pun tergolong abu-abu. Karena bagaimanapun game NES yang dibawa ponsel ini adalah ROM alias ekstraksi dari cartridge NES asli.

(Nariswari)