pulsa-logo

Review: Sony Xperia Z2 D6503, Flagship Sony Tangguh Bisa Rekam Video 4K


Hairuddin

Selasa, 24 Juni 2014 • 16:37


Flagship terbaru Sony ini merupakan smartphone berkamera besar ketiga setelah Xperia Z1 dan Z1 Compact. Menariknya, kamera yang dimiliki Xperia Z2 sudah didukung kemampuan merekam video 4K loh. Ini merupakan teknologi terbaru yang kedepannya diprediksi bakal booming. Tak hanya itu saja, sokongan hardware yang lebih tangguh serta dukungan fitur terkini, nampaknya disiapkan Sony untuk 'menjegal' pesaing terdekatnya seperti Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8. Seperti apa sih ketangguhan ponsel yang menyasar kelas high-end ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

Dimensi: 146,8x73,3x8,2 mm, 163 gram; full touchscreen; material kaca anti pecah dan gores, bodi aluminium solid; port audio 3.5 mm; slot microSIM, tombol power/lock, pengatur volume suara, Shutter camera, speaker; lubang mic; konektor dock, port microUSB, slot microSD (sekeliling ponsel dari sisi atas); IP58

Secara umum, desain Xperia Z2 terlihat sama persis dengan Xperia Z1. Ya, struktur bodi smartphone ini juga terlihat 'flat' dan dihiasi material metal aluminium yang dikombinasikan bahan kaca anti gores. Untuk penggunaan sehari-hari, desain kotak smartphone ini masih kalah nyaman ketimbang bodi ergonomis milik Galaxy S5. Selain itu, bahan kaca yang membalut seluruh permukaan bodi Z2 juga agak mengganggu. Pasalnya, saat smartphone ini diletakkan di permukaan yang tidak rata, ponsel ini sangat mudah tergelincir dan jatuh.

Untuk dimensi, Xperia Z2 memang lebih besar ketimbang Z1 maupun Galaxy S5. Wajar, smartphone ini membawa ukuran layar yang juga lebih luas. Untungnya, bingkai (bezel) yang ada di sekeliling bodi agak tipis. Alhasil, ukuran bodinya tak ikut melebar.


Masih sama seperti pendahulunya, Xperia Z2 juga mengamankan lubang port micro USB, slot SIM card dan microSD dengan penutup khusus berlapis karet untuk mencegah masuknya debu dan air. Hal ini sesuai dengan kemampuan Xperia Z2 yang mengantongi sertifikasi IP58. Artinya, smartphone ini anti debu dan tahan air selama 30 menit di kedalaman hingga 1,5 meter. Bagian yang tak berpenutup hanya port audio jack 3.5mm dan corong loudspeaker stereo, meski begitu tetap tahan air loh. Seperti halnya Z1, Xperia Z2 pun dibekali tombol shutter camera untuk memudahkan Anda mengambil foto di berbagai kondisi, termasuk di dalam air.

2018-01-18 10:32:37


Menebak Nama Android 9.0