pulsa-logo

Review: IMO G313


PULSA

Jum'at, 27 Mei 2011 • 00:00

Review, IMO G313, Pamer Speaker Besar, Candybar, IMO, Ponsel, Ponsel alfanumerik, tabloid pulsa


Kembali Candybar, Pamer Speaker Besar

Pilihan Warna Hitam, merah

Baterai Compatible Battery Lithium Ion (800 mAh)3,7V

Harga Rp.299.000;

Kelengkapan Handset

Baterai


Charger

Kabel data

Handsfree

Kartu garansi

Buku manual

Debut ponsel pintar tidak menyurutkan vendor lokal dalam menciptakan produk terbarunya yang dikemas dengan teknologi sederhana. Mengedepankan sisi hiburan, ponsel berkonsep alfanumerik ini membidik kelas low end. Apa kehandalan lain yang dimilikinya?

Desain

Dimensi Tinggi Ukuran/Berat:110*45*15 mm; Bahan hard plastik di bagian muka dan dibagian casing belakang, lis metal di sekeliling ponsel,  circle navigation pad, alfanumerik, 6 tombol  softkey (call 1, call2, menu, back, tombol audio, dan disconnect), torch, port micro Audio jack.

Ponsel alfanumerik yang berdisain sederhana ini memiliki sudut elips di keempat sudutnya. Bahan plastik yang membalut casing belakang, sayangnya memberikan efek cepat kotor dan mudah gores. Sesuai dengan kodratnya sebagai mobile entertainment, ponsel ini membekali diri dengan speaker hole berukuran jumbo.

Rating: 3 (skala 1-5)

Layar

Layar:QCIF Ukuran layar:2,0" resolusi 128*160

Pada layar QCIF-nya, IMO memberikan tampilan visual yang terbatas. Tingkat brightness dan kekontrasan warnanya saat ditempa terik matahari visual screen-nya menjadi sedikit buram dan tidak jelas terbaca. Bahan layar LCD-nya berbahan plastik yang rapuh saat menerima tekanan.

 

Rating: 3

Menu dan Interface

Software MTK. UI interface (jam digital, tanggal, dan nama operator yang digunakan) 9 buah ikon (contact, message, call logs, entertainment, multimedia, setting, tools, internet, file list)

Konsep sederhana yang diemban oleh IMO G313 ternyata juga diaplikasikan pada simple-nya menu yang ditanamkan di ponsel ini. Tidak terdapat satupun shortcut yang terdapat pada interface, dan ponsel ini tidak mendukung akses ke jejaring sosial, hanya terdapat pintu akses ke internet via bookmarks.

Pada sisi grafis masih melekat identitas sisi lokal-nya dan tidak dikemas dengan avatar yang rumit.

Rating: 3

Kamera Foto

Kamera:1,3 MP Camera, 1280×960 pixel, terdapat quality picture, shutter sound, display parameter, brightness, contrast, EV, white balance, delay picture dan auto save.

 

Perihal jeprat jepret gambar, IMO G313 dibekali dengan kamera 1,3MP, dengan minim settingan gambar. Terlebih lagi, tidak didukung oleh LED Flash. Bicara kualitas, kamera IMO G313 menghasilkan gambar yang berbintik dan sedikit berkabut.

Rating: 2.5

Recording& Video Player

Kualitas resolusi maksimal QVGA (320x240, 176x144, 160x128, 128x96 piksel) dengan speed rekam @15fps, video quality brightness, contrast, effect. Mampu memutar file 3gp, avi, wav.

 

Tidak berbeda jauh dengan fungsi fotografi, di sektor ini IMO G313 mampu merekam gambar bergerak dengan hasil yang kurang optimal. Masih dijumpai gambar berbintik dan lag (gambar patah-patah) saat merekam gambar bergerak. Kepuasan visual video pun kurang optimal karena pengaruh ukuran layar yang sempit.

Rating: 2

Audio Recorder dan Player

Audio Support: MP3, MIDI, Poliphonic, Big Speaker, earphone, Music Equalizer (regular, classic, odium, jazz, rock, soft rock), lyric display, Play mode (repeat, shuffle) loudspeaker, Shortcut button, audio recorder unlimited duration.

Di sektor hiburan audio, IMO G313 memiliki perangkat audio yang di mana dari sisi skin maupun setting bawaan IMO standar seperti ponsel lainnya. Sentuhan audio enchancement yang terdapat di ponsel ini tidak memberikan perubahan yang signifikan pada perbedaan musik yang diputar. Output audio yang disemburkan dari speaker bawaan IMO cukup nyaring dan kuat, akan tetapi pecah dan tidak bulat pada volume tinggi. Sedangkan pada sektor perekam audio, IMO G313 dibekali dengan unlimited duration, hanya saja fitur ini terpisah bukan di folder multimedia seperti kebanyakan ponsel lainnya, akan tetapi diselipkan di menu Tools.

Rating: 3

FM Radio

40 Favorit list, antenna eksternal (headset), open speaker, multitasking.

Sebagai alternatif di sektor hiburan, IMO G313 menyematkan FM Radio dengan kualitas tangkapan siaran yang cukup jernih. Pencarian chanel radio bisa dilakukan secara manual ataupun automatis. FM Radio yang sedang dijalankan pun, dapat bekerja secara multitasking . Sayangnya, tidak didukung oleh FM radio yang lazim ditemui di ponsel lokal.

Rating: 3

Internet

GPRS Class 12, Browser WAP, GPRS Setting (always open, open when needed)Â

Mendukung layanan internet, IMO G313 mengandalkan kinerja GRPR/WAP dalam berselancar ke dunia maya. Aktivitas browse terasa lambat dan sering menemui kendala. Selain pengaruh jaringan operator, belum didukung oleh Java di ponsel ini, untuk mendownload OperaMini yang mampu mengupload berbagai situs dengan compress data.

Rating: 3

Konektivitas

Bluetooth

Untuk kelancaran transfer data antar perangkat via nirkabel, IMO G313 menyediakan Bluetooth . Saat diuji coba mentrasfer data jpeg berbobot 41KB ke HP Mini 110 proses pairingnya hanya memangkas waktu 14 detik.

Rating: 3

Fitur Lain

Organiser: Alarm, Calculator, Calendar, Clock, STK, EBook Reader, Games (Sokoban), Torch.

Tidak terdapat fitur yang luar  biasa di ponsel ini. Hanya terdapat fitur oraganise yang dimana fitur di dalamnya tidak berbeda jauh dengan ponsel lokal lainnya.

Tanpa dukungan Java, Anda harus berpuas diri dengan 1 games bawaan IMO di ponsel ini, yakni Sokoban, yang format gamesnya tidak berbeda jauh dengan Boxman.

Rating: 3

Kelebihan :

- Dual GSM on.

- Dukungan Big Speaker pada sektor audio player.

Kekurangan :

- Kinerja internet yang lambat.

- Tidak didukung oleh Java.

Ponsel Tandingan :

Nexian Colourbox G236, HT Mobile A10, MITO 238

Kesimpulan

Sebagai referensi ponsel low end, IMO G313 dapat dijadikan pilihan. Dengan konsep sederhana yang diusung oleh ponsel IMO G313, ponsel ini sangat cocok untuk pengguna pemula. Akan tetapi tidak direferensikan bagi Anda yang mengutamakan kinerja internet yang cepat dan kualitas multimedia yang mumpuni. (Nariswari)