pulsa-logo

Review: Motorola CHARM


PULSA

Selasa, 31 Mei 2011 • 00:00

Motorola CHARM, Review, Motorola, Charm, Éclair, OS Android, smartphone, eknologi touchscreen, tabloid pulsa


Motorola bukan nama baru di  segmen ponsel berplatform Android. Vendor asal AS ini kerap mengemas ponsel berbasis OS Google dengan disain yang tak biasa. Salah satunya adalah Motorola Charm, ponsel berdisain minimalis dengan keypad QWERTY yang tampil dengan karakter unik. Lantas apa saja sajian fitur tak biasa yang dikemas ponsel ini?

Disain

Tampil sebagai ponsel berplatform OS Android, Motorola Charm layak masuk dalam kategori smartphone. Charm juga menonjolkan posisinya sebagai ponsel untuk segmen 'community', hal tersebut terlihat pada tampilannya yang menunjang keypad QWERTY.

Secara fisik, bodi ponsel terbuat dari material plastik yang dikombinasi dengan karet halus pada balutan. Secara dimensi, Charm memberikan kesan 'lebar' saat pertama kali kita menggenggamnya. Pada bagian kiri ponsel, kita menemukan port berjenis micro USB untuk kepentingan charger dan kabel data yang sederet switch zoom (+/-). Melirik pada formasi atas kita mendapatkan switch power (on/off)  dan jack audio universal 3,5 mm yang tersemat dengan kesan minimalis.



Menelisik jauh pada bagian muka, ponsel ini dibekali jajaran keypad QWERTY yang menemani layar sentuh anti gores Gorilla Glass. Tiga ikon sentuh tersemat persis di antara layar dan jajaran keypad yang masing-masing dapat dipakai mengakses shortcut, menu dan back. Pada keypad QWERTY juga terdapat tombol shortcut yang mewakili akses perpesanan, kamera, dan search, Posisinya persis di sebelah bar spasi yang membuatnya lebih efisien.

Pada bagian belakang, Motorola Charm menyajikan sesuatu yang tak biasa berupa trackpad yang cukup lebar untuk bisa diakses dua jari. Pada bagian ini Charm menyebutnya dengan backtrack. Hanya saja disain yang kurang familiar, membuat kalangan yang belum terbiasa jadi canggung memakainya.

Posisi backtrack sendiri sebenarnya cukup strategis, yakni berdampingan dengan kamera berkekuatan 3 megapiksel yang minus LED flash. Sedikit ke bagian bawah, tersemat speaker stereo yang terpapar apik dengan model stick.

 

Layar & Menu

Lepas dari disain minimalis dan unik, ponsel ini juga ditunjang layar yang mengadopsi teknologi touchscreen berdiagonal 2,8 inci dan support 256 ribu warna untuk memperkuat tampilan antarmuka. Accelerometer sensor UI auto-rotate dan Motoblur UI v1.5 Live Widgets melengkapi kemampuan interface khas Motorola.

Dengan menyediakan shortcut aplikasi dan tampilan nan atraktif, Charm menambah kekayaan antarmuka dengan kemampuan multitouch (aksi zooming dengan mencubit layar). Membuat aksi jelajah web dan aplikasi pemetaan lebih efisien. Melirik pada grid kanan interface, tersedia secara default akses contact, menu dan call dengan konsep vertikal.

Berbekal OS Android Eclair (v2.1) ponsel ini cukup cepat dalam menjalankan kinerjanya. Beberapa aplikasi handal pun tersaji pada jajaran menu, semisal Motorola Phone Portal, Android Market, Navigation dan Quick Office. Sedangkan untuk sarana jejaring sosial Charm menyediakan secara default Myspace dan Facebook. Semuanya dapat ditampilkan sebagai shortcut di desktop.

Soal fitur backtrack, Charm menyediakan pilihan bagi kita untuk dapat melakukan aktivasi (on/off) backtrack pada menu pengaturan. Switch virtual tersebut cukup meminimalisasi kesalahan yang mungkin kita lakukan saat menjelajah menu atau fitur karena belum terbiasa dengan konsep yang diterapkan Charm.

Selain Motorola menyematkan full keypad pada fisik Charm, kita juga akan selalu menemukan keypad virtual ketika hendak mengakses penulisan, baik itu jelajah internet, SMS, maupun aktifitas office. Bagi PULSA itu merupakan sebuah keborosan yang tidak perlu.

 

Keasyikan menjelajah interface Charm pun didukung oleh jajaran tiga tombol sentuh yang memberikan nuansa khas smartphone. Panel kiri sanggup mengakses perubahan tampilan homescreen saat kita ingin mengganti widget maupun wallpaper. Panel tengah merupakan akses homescreen. Sedangkan panel kanan berfungsi sebagai pembatalan (cancel/back).

 

Multimedia

Tampil beda, tak membuat Motorola melupakan sarana entertaintment sebagai salah satu fitur hiburan andalan. Sebagai permulaan di sektor ini Charm membenamkan kamera berkekuatan 3,15 megapiksel (2048 x 1536 piksel) sebagai sarana pengabadian gambar.

Walaupun tanpa dukungan LED flash sebagai penyokong pencahayaan, kekayaan bagian ini dihadiri fitur autofokus dan kemampuan geo-tagging. Secara kualitas ponsel ini lumayan baik dalam pengabadian gambar dengan penerangan memadai. Untuk foto sesi indoor kita tak akan risau karena hasilnya bagus, begitu pula saat pengambilan outdoor, hasilnya optimal dengan pencahayaan yang cukup.

 

 

Masuk ke sektor audio, ponsel yang telah membenamkan speaker stereo ini tak setengah-setengah dalam menggeber keluaran suara. Cukup baik saat menggunakan speaker eksternal, begitu pun saat kita menikmati tembang favorit melalui headphone via jack audio universal 3,5 mm miliknya. Sound terdengar jernih tanpa noise. Dukungan format MP3/eAAC+/WAV/WMA player, membuat kian leluasa mendengarkan musik pada konversi yang beragam.

 

Menjelajah sektor video player, ponsel keren ini support beragam format, antara lain MP4/WMV/H.264/H.263 player. Anda bisa menikmati beragam video favorit maupun via You Tube dengan nyaman karena layarnya lapang dan video tampil fullscreen. Satu tambahan lagi, ponsel ini mengakomodasi rekam gerak pada 24 fps.

 

Mendukung jelajah maya pada basis HSDPA 3.6 Mbps dan HSUPA 2 Mbps, dijamin saat eksplorasi web kita tak menemukan kendala berarti. Begitu pula saat menjalani koneksi via operator maupun Wi-Fi terasa sama asyiknya, terlebih saat dukungan jaringan operator stabil.

 

Sarana Bluetooth dan koneksi via kabel data bisa menjadi opsi bagi kita guna bertukar file maupun instalasi. Pada beberapa ponsel cerdas besutan Motorola terdapat fitur Moto Phone Portal yang mempermudah koneksi dengan PC maupun Website.

Fitur Lain

Menjelajahi jajaran fitur dan menu Motorola Charm tersedia aplikasi Quick Office, Email, Push Mail, Schedule, Calendar, Digital Compass atau Adobe Reader (download via Android Market). Dan nampaknya fungsi full keypad cukup berperan penting bagi kita yang kerap melakukan aktivitas pengetikan mobile via jajaran QWERTY.

Charm dipersenjatai oleh prosesor TI OMAP3410 600 MHz, yang artinya tak tertutup kemungkinan mampu mendukung upgrade Android Froyo (v2.2). Secara keseluruhan apa yang disajikan oleh ponsel ini cukup mengakomodasi berbagai kebutuhan seperti aktivitas office, jejaring sosial, maupun konektivitas secara mobile.

Kelebihan :QWERTY keypad, layar Gorilla glass, multitouch.

Kekurangan :Backtrack (on/off), android©clair.

Kesimpulan

Karakter tak biasa yang digelontorkan Motorola Charm sejatinya merupakan sebuah inovasi  pengembangan teknologi. Namun sebagian kalangan ada yang menganggap hal tersebut sesuatu yang kurang efisien. Salah satu contohnya adalah menyematkan keypad fisik dan virtual dalam satu kemasan.

Soal harga, banderol yang ditawarkan Motorola tercatat tak terlalu mahal guna memboyong ponsel ini. Tapi, nampaknya perlu disertai pertimbangan yang bijak, mengingat selain karakter ponsel kurang familiar, platform Android yang tersemat masih versi 2.1 alias Eclair. (iman)

 

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42