pulsa-logo

Review: LG C320i


PULSA

Senin, 06 Juni 2011 • 16:13

LG C320i QWERTY Slider, Review, vendor lokal, InTouch Lady, feminim, SNS/Social Networking, tabloid pulsa


Beberapa kali vendor lokal maupun yang sudah mempunyai nama besar merilis produk khusus untuk melayani segmen wanita. Sebut saja Nexian dengan She-nya atau Samsung yang juga pernah mengeluarkan versi wanita dari Galaxy S yang hanya dijual 5000 unit di seluruh dunia, Galaxy S Femme. Dan kali ini LG yang terhitung rajin menelurkan ponsel feminim, melepas produk terbarunya C320i. Seperti biasa PULSA pun akan berbagi pengalaman menggunakan ponsel yang juga punya nama keren InTouch Lady ini.

Disain

C320i tampil ringkas saat dalam keadaan slider tertutup. Terlihat hampir mirip dengan Nexian She dengan dimensi yang sedikit lebih panjang sehingga tidak terlalu tampak seperti kotak bedak layaknya She. Gerbang micro USB dan audio jack 3.5mm diletakan di sisi kiri, dan Anda bisa menemukan dua tombol pengatur volume di sisi kanan. Sedang di bagian belakang tersematkan kamera tanpa lampu flash di atas loudspeaker.

Tepat di bawah layar terdapat beberapa tombol, mulai dari navigasi empat arah plus tombol OK di tengah, diapit dengan softkey kiri-kanan dan tombol untuk menerima dan menolak panggilan. Yang istimewa adalah ditambahkannya tombol multi-tasking di kiri dan tombol untuk mengakses widget di sebelah kanan.

 



Ketika slide dibuka, Anda akan menemukan full QWERTY keypad yang relatif nyaman berkat pilihan bahan karet, ukuran dan penempatan setiap tombol yang rasanya pas di jari. Selain bahan karet pada QWERTY keypad, InTouch Lady lebih banyak didominasi oleh bahan plastik dengan finishing glossy yang membuatnya tampak semakin manis.

Layar & Menu

InTouch Lady dilengkapi dengan layar TFT LCD berukuran 2.4 inchi. Dan meski berukuran standar resolusi layar QVGA cukup memuaskan mata walaupun tidak sampai pada tahap luar biasa. Meski situs resmi LG menyebutkan spesifikasi layar C320i sebagai layar sentuh, pada kenyataannya produk yang sampai ke tangan PULSA sama sekali bukan. Sangat disayangkan mengingat kesalahan tersebut adalah hal sepele dan seharusnya tidak dilakukan vendor sebesar LG.

 

Memasuki area menu, secara default Anda tidak akan menemukan widget atau shortcut pada homescreen, yang terlihat hanya tulisan "Quick" yang mewakili softkey kiri, “Phonebook†untuk softkey kanan dan icon menu yang mewakili tombol OK. Untuk meramaikan homescreen Anda dapat menambahkan kalender, jam dalam berbagai jenis tampilan (kecil, besar, digital, analog dan dual) atau pun tombol fungsi (function keys). Pengaturan dapat dilakukan dengan mengakses pilihan setting> display> homescreen> display item.

Dalam menu utama Anda dapat melihat  12 icon menu bergaya petak (grid). Tidak seperti ponsel kebanyakan susunan icon pada menu utama ini tidak dapat diubah urutan dan letaknya. Sedang bagi Anda yang menginginkan susunan menu yang dapat di kostumisasi, In Touch Lady menyediakan pilihan menu cepat (quick menu) yang bisa ditemukan dengan menekan softkey kiri.

 

Seperti sudah disinggung pada bagian desain, C320i menyediakan dua tombol istimewa yaitu multi-task dan widget. Anda dapat berpindah secara cepat antara homescreen, menu utama dan berbagai program yang sedang berjalan dengan menekan tombol multi-task yang terletak antara softkey  kiri dan tombol untuk menerima panggilan. Sedang dengan  menekan tombol widget Anda bisa menemukan enam buah widget antara lain jam alarm, memo, kalender,+ kontak VIP, cuaca dan RSS feed.Tombol widget terletak berseberangan dengan tombol multi-task di sebelah kanan.

Konektivitas

InTouch Lady menyediakan beberapa pilihan koneksi baik untuk terhubung keperangkat lain atau pun ke dunia maya. Untuk sambungan ke komputer Anda dapat menggunakan kabel data microUSB. Terdapat 3 mode yang bisa dipilih ketika ponsel tersambung ke komputer penyimpanan massa, PC suite, dan sinkronisasi musik.

Mode penyimpanan massa adalah yang paling sederhana ketika Anda ingin melakukan transfer data file dari komputer ke ponsel atau sebaliknya. Hanya saja untuk menggunakan mode ini Anda harus menyuntikkan memori tambahan berupa microSD yang tidak termasuk dalam paket penjualan. Sedang ketika kita memilih mode PC Suite komputer akan langsung menjalankan file instalasi software PC suite yang terdapat dalam memori ponsel.

Selain menggunakan access point operator, C320i juga menyediakan  Wi-Fi untuk mengakomodasi kebutuhan berselancar di dunia maya. Untuk jalur operator, InTouch Lady hanya sebatas mampu berjalan di jalur EDGE.

 

Multimedia

Berbagai fitur hiburan pun disertakan pada C320i untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Anda dapat menemukan pemutar musik, radio FM, pemutar video, dan kamera baik foto maupun video.

Interface pemutar musik tampil sederhana dengan menampilkan beberapa informasi seputar file audio yang sedang dimainkan namun tetap apik berkat tambahan album art. Tampilan tersebut bisa diganti menjadi animasi dengan mengakses option>player skin> animated player pada tampilan now playing.

Intouch Lady sejatinya sudah dilengkapi antenna radio internal, hanya saja kualitas penerimaan sinyal radionya tidak cukup baik sehingga Anda tetap perlu menancapkan headset untuk mendengarkan radio demi hasil yang memuaskan. Anda juga bisa menggunakan fitur auto scan untuk penyimpanan kanal stasiun radio secara otomatis.

 

Berbagai file multimedia yang tersimpan dalam ponsel maupun kartu memori dapat dieksplor melalui my stuff. Di dalamnya Anda bisa langsung melihat file gambar atau memutar file video dan audio yang Anda miliki. Pada tampilan awal my stuff berbagai file multimedia di klasifikasikan berdasarkan jenisnya, misalnya gambar, video, suara, games dan sebagainya.

 

Tak ada bahasan istimewa dari fitur kamera C320i, fungsinya cukup mudah dipahami dan hasilnya relatif biasa saja tapi tidak mengecewakan.

Untuk keperluan internet, C320i menyediakan dua sarana browser, browser sejuta umat Opera Mini dan browser bawaan tentunya. Browser bawaan sebenarnya sudah cukup menyenangkan dengan berbagai shortcut dan fiturnya seperti bookmarks, send link, save page dan search text. Selain itu browser ini juga sudah mendukung multi tab browsing, hanya saja fitur ini hanya terbatas sampai dua tab/windows berbeda. Tapi untuk keperluan browsing PULSA tetap lebih menyukai Opera Mini, selain karena sudah terbiasa menggunakannya, Opera Mini juga terkenal dengan kemampuan kompresinya yang baik. Disamping itu Opera Mini juga mampu membuka lebih banyak tab saat browsing.

 

Untuk urusan surat menyurat elektronik InTouch Lady juga sudah ditanamkan fitur email yang mudah dikonfigurasi dan mendukung lebih dari satu akun email. PULSA juga sempat mencoba berkirim surat menggunakan fitur email ini, dan hasilnya cukup memuaskan karena tidak menghabiskan waktu yang lama untuk prosesnya. Email pada C320i juga sudah dilengkapi dengan fitur “push email†untuk mengaktifkan fitur ini Anda harus melakukan setting POP3 atau IMAP4 (incoming mail server) secara manual, memang sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan tidak mengaktifkan fitur ini.

SNS

Salah satu yang menjadi andalan InTouch Lady adalah aplikasi berbasis java bernama SNS/Social Networking yang terinstal secara default. Menggunakan aplikasi ini Anda dapat memantau beberapa akun jejaring sosial Anda di dunia maya sekaligus. SNS mendukung  layanan Facebook, Myspace dan Twitter.  Sayangnya aplikasi ini belum bisa mengupdate status Facebook dan  posting Tweet secara bersamaan.

 

Kesimpulan

Desain C320i yang ringkas dan feminim memang cocok untuk dimiliki kaum hawa. Hanya saja LG luput menanamkan fitur atau aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan wanita seperti kalendar menstruasi atau pun body mass index yang penting bagi kaum wanita.

Selebihnya ponsel ini cukup mengakomodir kebutuhan berkomunikasi mulai dari yang paling sederhana hingga yang sifatnya sekunder. Dengan harga yang tergolong menengah ponsel ini rasanya layak untuk dimiliki.

Kelebihan:

-Desain ringkas

-Memori eksternal

-Kamera 2MP

-SMS

-Push email

Kekurangan:

-Tidak ada aplikasi khusus wanita

Penulis: Anwar Aburizal