pulsa-logo

Mengenal Lebih Dekat Oppo N3 (Hands-On)


PULSA

Jum'at, 31 Oktober 2014 • 16:13

Hands-On, Mengenal Lebih Dekat, oppo, Oppo N3, N3, kamera putar, kamera putar otomatis, tabloid pulsa


Singapura - Setelah resmi diluncurkan 29 Oktober, Oppo N3 telah menjadi smartphone pertama didunia yang menggunakan modul kamera berputar otomatis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan kamera depan atau belakang. Oppo N3 dilaporkan bakal tersedia pada akhir Desember dengan banderol $ 649.

Melalui undangan resmi dari Oppo ke acara launchingnya di Sand Expo and Convention Center di Singapura, beruntung PULSA mendapatkan kesempatan untuk melakukan Hands-On smartphone flagship baru dari Oppo ini.

Dari sisi desain Oppo N3 memang memiliki bentuk penyempurnaan dari pendahulunya N1. Namun smartphone baru besutan dari vendor asal Tiongkok ini memiliki bentuk yang lebih kompak dan bagian bawah yang melengkung seperti pada Oppo Find 7. Pada bagian tersebut Oppo menyebutnya dengan notifikasi cahaya Skyline, yang dapat memberitahukan adanya panggilan tak terjawab, SMS masuk dan notifikasi lainnya.

Meski tidak terbuat dari metal seperti pada saudaranya Oppo R5, namun N3 punya bingkai yang terbuat dari aluminium alloy kelas industri 7075 lengkap dengan powder coating sepanjang tepinya, sehingga sangat terasa kokoh saat PULSA memegangnya. Sedangkan untuk bodi casingnya dibuat dengan plastic matte dengan finshing yang halus.

Ukurannya yang lebih kompak, memaksa Oppo untuk memangkas layar N3 menjadi 5,5 inci dari layar 5,9 inci yang dipakai oleh pendahulunya. Namun meski begitu Oppo mesih memberikan kualitas terbaik sekelas FullHD, tidak hanya itu kami juga melihat layar terang dan tajam dengan menawarkan sudut pandang luas dengan gambar dan teks yang tajam.


Selain layar dibegian depan juga masih ada tiga tombol sentuh kapasitif. Tepat di atas layar, bisa dilihat modul putar kamera otomatis yang disusun dengan earpiece dan sensor dan bagian belakang nampak lensa kamera 16MP dan dual-mode LED flash. Uniknya tidak seperti pada patern yang dimiliki pada bodinya, Oppo melapisinya dengan pola seperti kulit- faux yang lengkap jahitannya, mirip seperti pada Samsung Galaxy Note 3. Kamera putar yang dirancang oleh Schneider Electric ini memiliki motor untuk memutar 206 derajat dengan sekali tekan atau swipe.

Perlu diketahui, Kamera pada Oppo N3 menggunakan lensa kamera dengan sensor 1/2.3", aperture f2 / 2 dan ukuran pixel dari 1,34 mikron. Oppo mengklaim smartphone ini mampu merekam 4K video pada 30 fps, video 1080p pada 60 fps, dan 720p video slow motion pada kecepatan 120 fps. Kamera dapat digerakan baik itu dengan men-swipe layar, atau menekan tombol Touch Access sebagai pemindai sidik jari di belakang atau melalui remote control O-klik.

Di sebelah kiri terdapat tombol power dan slot kartu sim. Anda juga dapat melihat port micro-USB pada sisi yang sama di bawahnya. Volume rocker dan jack headset 3,5mm ditempatkan di sebelah kanan.

Jika Anda ingat Rear Key punya LG, Oppo juga memilikinya dibagian belakang dengan lis seperti cincin logam yang mengelilingi tombol persegi. Tombol yang diberinama Touch Access ini, bukan hanya pemindai sidik jari untuk unlocking telepon, tetapi juga untuk aplikasi otentikasi. Tidak hanya itu pengguna untuk menelusuri daftar dan halaman atau mengaktifkan lensa kamera putar dengan tombol ini.

Dari sisi spesifikasi, Oppo N3 didukung oleh prosesor Quad-core 2.3GHz Qualcomm Snapdragon 801, RAM 2GB , GPU Adreno 330, memori internal 32GB dengan slot microSD. Masih berbasis Android 4.4 KitKat N3, Oppo N3 berjalan dengan ColorOS 2.0. Navigasi melalui layar homesreen serta membuka dan beralih di antara aplikasi yang cukup lancar saat kami gunakan.

Memiliki baterai 3000mAh , Oppo N3 masih dilengkapi dengan teknologi VOOC, yakni teknologi pengisian cepat, yang menawarkan empat kali lebih cepat daripada pengisian charger konvensional. Oppo mengklaim dalam lima pengisian Oppo N3 dapat melakukan panggilan selama dua jam.

Tidak hanya dari sisi handset, Oppo N3 juga memiliki aksesoris pendukung yang sangat mumpuni. contohnya remote kontrol kecil bernama O-Klik 2,0. Remote berbasis Bluetooth ini dapat mengontrol rotasi kamera, mengambil foto, memutar musik dan menerima panggilan secara wireless.