pulsa-logo

Review: Evercoss A7Z, Kinerja Tangkas si Seri Pamungkas


Epi Kusnara

Jum'at, 23 Januari 2015 • 14:01


Evercoss berkali-kali meluncurkan smartphone seri A7, namun penjualannya kurang menggembirakan. Hal itu disinyalir selain karena semakin ketatnya persaingan smartphone besutan vendor lokal, juga karena masuk brand asal China seperti Xiaomi yang menggebrak pasar smartphone global.

Setelah melakukan positioning seri A7 dengan menyederhanakan menjadi: A7N (Newyork), A7B (Berlin), A7R (Rome) dan A7E (England) dan, Evercoss kembali menggebrak dengan menghadirkan A7Z (Zeus) sebagai senjata pamungkas di seri A7. A7Z sendiri merupakan penyempurnaan dari A7V yang sebelumnya merupakan varian tertinggi dari seri A7.

A7Z hadir dengan layar IPS 5 inci, RAM 1 GB dan kamera 8 MP. Seperti apa spesifikasi lengkap dan ulasan kinerja smartphone terbaru Evercoss ini?

Desain

140.2 x 72.4 x 8.8 mm; 146 g; Full touchscreen; Volume button, Power button

Hadir dengan konsep rounded dengan tepian dikelilingi material plastik beraksen logam hampir serupa dengan A7V. Tampak belakang sangat berbeda dengan A7V, yakni peletakan kamera dan flash yang dibuat sejajar horizontal berdampingan dan menyatu dengan body yang tidak terhubung dengan back cover, beda dengan A7V yang meletakkan kamera dan flash secara vertikal. Peletakan kamera ini memberi kesan tegas dan nyaman saat dioperasikan.


Di bagian depan tampak 3 panel navigasi, sehingga layar tidak akan terganggu oleh fitur navigasi. Karena panel navigasi inilah tepian bodi yang membalut layarnya menjadi lebar dan membuat A7Z menjadi besar untuk digenggam dan dibawa.  Tombol power bisa ditemui di sisi kanan, dan tombol pengatur suara ada di sisi kiri. Dan di sisi bawah disediakan multi-slim port yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya, transfer data menggunakan USB dan fungsi USB On-the-go. Di sisi atas tersedia port headset.

Meski material yang digunakan adalah plastik, A7Z memiliki bobot yang terbilang berat, bahkan tanpa baterai sekali pun. Cover belakangnya dapat dilepas untuk menemukan 2 slot kartu SIM dan slot kartu memori.

Berkat finishing doff yang membalut desain roundednya, membuat A7Z nyaman untuk digenggam berlama-lama. Secara keseluruhan, desain smartphone ini kokoh dan nyaman untuk dioperasikan dengan 1 tangan.