pulsa-logo

Review: Oppo N3, Tetap dengan Kamera Putar, Usung Network 4G LTE


Hairuddin

Jum'at, 06 Maret 2015 • 13:55

Review, Oppo N3, Kamera Putar, 4G LTE, smartphone, android, jual, beli, oppo, tabloid oppo N1 Mini, Samsung Galaxy Note, Samsung Galaxy A3, Gorilla Glass 3, KitKat, Snapdragon 801, quad core, Samsung Galaxy S5, Sony Xperia Z3, Asus Padfone S, OnePlus One, LG G3, Xiaomi Mi 3, tabloid pulsa


Oppo N3Oppo N3

Oppo N3 merupakan suksesor dari Oppo N1 dan N1 Mini. Konsep kamera putar yang diusung smartphone ini bisa dibilang cukup populer, terlebih dengan booming-nya tren foto selfie. Beberapa kompetitor bahkan mulai melirik konsep kamera yang diusung flagship Oppo ini.

Baca juga:

Spesifikasi dan Harga Oppo N3

Mengenal Lebih Dekat Oppo N3 (Hands-On)

OPPO Mulai Khawatir Makin Maraknya Find 7 dan N3 Palsu

Sebagai versi 'pembaharu', Oppo N3 tentu saja mendapat suntikan berbagai fitur terkini, termasuk kekuatan baru di sisi hardware dan koneksi. Dengan banderolan harga sekitar Rp 7.999.000,- apakah Oppo N3 ini mampu melanjutkan kesuksesan Oppo N1 dan bersaing dengan para kompetitornya? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain


161.2 x 77 x 9.9 mm| 192 gram| full touchscreen| material aluminium| kamera berputar| port audio 3.5mm| tombol volume| loudspeaker| port microUSB| lubang mic| tombol lock/power| tray SIM card/microSD| Fingerprint sensor

Seperti packaging flagship Oppo lainnya, N3 pun dikemas dengan sangat 'berkelas'. Kotak sales package-nya bukan terbuat dari dus/karton layaknya smartphone lain. Namun, menggunakan bahan plastik keras yang lebih menyerupai PVC (polyvinyl chloride).

Kesan pertama yang muncul saat melihat Oppo N3 adalah bongsor, kokoh dan solid. Ya, desain smartphone ini memang terlihat beda dengan ponsel kebanyakan. Bodinya menggunakan rangka aluminum alloy 7075 micro-arc dengan sisi metal yang agak menonjol tipis ke luar. Sisi belakang menggunakan finishing doff yang membuatnya kesat. Karena unit yang dites PULSA berwarna putih, otomatis akan mudah kotor.

Untuk Anda yang memiliki tangan 'mungil', memegang Oppo N3 akan lebih nyaman dengan dua tangan. Mengakses layar pun akan lebih baik menggunakan dua tangan. Meski begitu, Oppo N3 menyertakan mode penggunaan satu tangan loh. Mode ini mengatur antarmuka N3 untuk disesuaikan dengan akses satu tangan. Sama seperti di Samsung Galaxy Note.

Di sisi bawah, Oppo N3 memiliki desain dengan lubang unik. Di bagan ini, Anda akn menemukan notifikasi khusus berupa lampu LED yang akan menyala sesuai fungsi yang telah diatur sebelumnya, misalnya saat melakukan pengisian baterai dan sebagainya. Oppo menyebut panel tersebut sebagai Skyline notification.

Oppo N3 menerapkan konsep unibody, dan menempatkan semua panel kontrol di sisi bodi. Termasuk SIM card Tray. Tak seperti Samsung Galaxy A3, di Oppo N3 slot SIM tray hanya satu. Namun, di tray tersebut tersedia dua slot. Satu untuk SIM card utama (SIM 1), dan satunya untuk SIM card 2 plus microSD. Permasalahan muncul ketika Anda ingin memanfaatkan tray kedua. Karena menerapkan mekanisme 'subtitute', alhasil Anda harus menggunakannya secara bergantian antara SIM card dan microSD. Jika ingin menyisipkan SIM card, otomatis kartu microSD harus dilepas, begitu pun sebaliknya. Untuk jenis kartu SIM-nya, Oppo N3 menggunakan micro-SIM card dan nano-SIM card.