pulsa-logo

Review: Sony Xperia Z3 Tablet Compact, Tablet 8 Inci Super Tipis dan Tahan Air


Hairuddin

Kamis, 21 Mei 2015 • 13:39


Sony Xperia Z3 Tablet CompactSony Xperia Z3 Tablet Compact

Xperia Z3 Tablet Compact merupakan generasi ke-empat di jajaran "Xperia Tablet" besutan Sony selain Xperia Tablet S, Xperia Tablet Z dan Xperia Z2 Tablet. Vendor asal Jepang ini sendiri sejatinya pernah pula mengenalkan tablet PC lain yakni Sony Tablet S dan Tablet P. Nah, di Xperia Z3 Tablet Compact ini, Sony ingin menunjukan sesuatu yang berbeda dibanding tablet PC yang sebelumnya pernah diluncurkan.

Baca juga:

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia Z3 Tablet Compact

Review: Sony Xperia Z3 Compact, Versi Mini dengan Fitur Lengkap

Berbekal desain yang lebih kompak dan tetap tahan air, prosesor yang lebih tangguh, sokongan teknologi data kecepatan tinggi 4G LTE Cat.4 serta fungsi telpon yang dibawanya, tablet yang di pasaran dibanderol sekitar Rp 7,1 jutaan ini bakal menjadi rival terberat iPad Mini, Samsung Galaxy Note maupun Galaxy Tablet terbaru.

Desain

213.4 x 123.6 x 6.4 mm| 270 gram| full touchscreen| Shatter proof glass, oleophobic coating| Audio jack 3.5mm|Power| Volume |mikrofon |port micro USB |slot Nano-SIM card/ slot microSD| Desktop connector| IP68 certified - dust tight and water resistant over 1 meter and 30 minutes


Untuk desain, Z3 Tablet Compact memiliki karakter yang sama dengan Xperia Z2 Tablet, yakni sama-sama berbodi super tipis. Dengan ketebalan hanya sekitar 6.4mm, Z3 Tablet Compact bahkan mengalahkan ketipisan Samsung Galaxy Tab S 8.4 yang memiliki ketebalan 6.6mm, bahkan iPad Mini yang tebalnya 7.2mm. Namun, jika dibandingkan dengan iPad Air 2 yang memiliki tebal sekitar 6,1mm, Xperia Z3 Tablet Compact tentunya akan kalah saing.

Selain tipis, Xperia Z3 Tablet Compact juga mengusung struktur desain yang sangat kompak. Karena, ukuran layarnya memiliki perbandingan yang pas dengan dimensi bodi. Bahkan, ukuran bezel-nya pun terbilang cukup tipis. Tak hanya itu saja, tablet ini juga memiliki kerangka/casis yang kokoh dan tentunya sangat nyaman digunakan.

Tak seperti kebanyakan tablet PC yang beredar di pasaran, desain Z3 Tablet Compact tampil premium dan elegan. Pasalnya, tablet ini pun menerapkan konsep desain OmniBalance yang banyak diterapkan oleh lineup smartphone Xperia high-end.

Bagi yang sudah terbiasa dengan produk-produk Sony Xperia premium, termasuk tablet Xperia-nya, di Z3 Tablet Compact Sony juga telah mengantongi sertifikasi IP68 yang artinya tablet ini pun memiliki kemampuan tahan air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit serta anti debu. Kemampuan Z3 Tablet Compact ini tentu saja setingkat di atas Samsung Galaxy Tab Active yang hanya mengantongi sertifikasi IP67. Namun, Z3 Tablet Compact kalah tangguh dibanding Galaxy Tab Active karena tak didukung Shock protection alias jatuh dari ketinggian hingga 1.2 meter tanpa cacat berarti.

Jika di Xperia Z2 Tablet menggunakan micro-SIM, di Xperia Z3 Tablet Compact menggunakan jenis nano-SIM. Posisinya bersebelahan dengan slot kartu microSD dan tombol reset (OFF). Untuk melindunginya dari kemasukan air, tutup slot-nya dilapisi bahan karet.  Begitu pula untuk port micro USB.

2018-01-18 10:32:37


Menebak Nama Android 9.0