pulsa-logo

Review: Samsung Galaxy E5, Versi Generik Galaxy A5


Hari Pitrajaya

Kamis, 04 Juni 2015 • 13:48


Samsung Galaxy E5Samsung Galaxy E5

PULSA sempat menguji Galaxy A5 salah satu generasi menengah atas Samsung dengan konsep desain anyar. Kini, giliran adik bungsunya Samsung Galaxy E5 menyambangi meja redaksi untuk dibedah. Secara penamaan, keduanya bisa dibedakan dari pemakaian huruf 'A' dan 'E'. Bicara selisih harga bisa dibilang Samsung Galaxy E5 jauh lebih murah ketimbang Galaxy A5.

Lalu bagaimana soal desain, kinerja, spesifikasi dan fitur? Ternyata ada beberapa perbedaan yang bisa ditemukan pada keduanya. Buat Anda yang ingin mengetahui lebih dalam apa saja perbedaannya dengan Galaxy A5 dan  tentu saja harus mengikuti ulasan PULSA berikut ini.

Desain

Dimensi: 141.6 x 70.2 x 7.3 mm, Berat: - ; full touchscreen; pengatur volume suara, lubang mic, port microUSB, tombol power/lock; slot SIM card, slot microSD

Samsung Galaxy E5 mencoba tampil berkelas dengan bodi ramping dan tipis. Secara garis besar konsep rancangannya identik menyerupai Galaxy A5, masih satu garis keturunan dengan Samsung Galaxy Alpha. Hanya saja, bentuknya lebih mendekati iPhone bersudut membulat tak setegas Galaxy A5.

Jika Galaxy A5 merupakan versi downgrade dari Galaxy Alpha, maka Galaxy E5 menempati posisi di bawahnya lagi. Samsung membanderol Galaxy E5 dengan selisih harga lebih murah dari Galaxy A5 yang tentu saja berujung pada pemangkasan fitur dan kualitas.


Galaxy E5 mengusungh desain unibodi tapi tak menggunakan sasis logam seperti pada Galaxy A5. Komponen pembungkus bodi yang dipakai adalah plastik polycarbonat. Tapi masih ada unsur logam yang disisipkan membingkai sekeliling tepian smartphone ini. Setidaknya, aksen metal ini menambahkan kesan elegan pada Galaxy E5.

Desainnya terlihat tipis, minimalis dan clean. Terasa kesat di tangan, Galaxy E5 nyaman dalam genggaman. Pada bagian atas layar tertanam earpiece, proximity dan ambient light sensor serta kamera 5 megapiksel. Di bagian bawah layar disisipkan tombol home fisik serta dua tombol kapasitif untuk recent app dan back. Di sisi kanan terdapat tombol power,di bagian bawahnya ada card tray satu untuk microSD atau nano SIM 2 dan satu lagi untuk nano SIM 1.

Sementara di sisi kiri bodi Anda bisa menemukan tombol volume. Di sektor belakang tertanam kamera 8 megapiksel yang di samping kiri dan kanan terdapat LED flash dan loudspeaker. Di ruas bodi paling bawah tertanam port microUSB dan port audio 3,5 mm.