pulsa-logo

Review: Oppo R1x R8201, Lebih Tipis, Prosesor Tambah Cepat


Hairuddin

Selasa, 14 Juli 2015 • 14:30


Oppo R1x R8201Oppo R1x R8201

Produk terbaru ini merupakan suksesor dari Oppo R1 yang telah lebih dulu beredar di pasaran, dan digadang-gadang bakal menjadi primadona baru smartphone di kelas midle-end. Layaknya produk 'update', Oppo R1x pun dibekali beragam pembaharuan yang diklaim sanggup mendongkrak kinerja keseluruhan. Mulai dari prosesor hingga memori.

Smartphone yang dibanderol seharga Rp 4299.000 ini memiliki desain premium bertekstur kaca di kedua sisi cover, dan mengusung tagline'Thinner and Lighter' layaknya Oppo R5. Di pasaran, Oppo R1x akan menjadi pesaing Sony Xperia Z Series serta iPhone 5. Penasaran seperti apa performa keseluruhannya? Simak ulasan berikut ini.

Desain

Dimensi: 140.6x70.1x6.8 mm, 130 gram; full touchscreen; Audio jack 3.5mm, Slot SIM card/microSD, tombol volume, Loudspeaker, lubang mic, port microUSB, tombol power/lock

Meski merupakan produk asli Tiongkok, smartphone besutan Oppo rata-rata memiliki kualitas desain yang tak kalah apik dibanding merek global. Di R1x ini, Oppo menggunakan mesin CNC layaknya di Oppo R5 untuk membangun desain yang tangguh dan kuat. Alhasil, saat pertama kali digenggam, Oppo R1x terasa solid dan kokoh.

Sama seperti R1, Oppo R1x pun memiliki tekstur desain premium. Selain sisi depan, cover belakang smartphone ini juga dilapisi kaca khusus. Dan membuat R1x ini sepintas mirip generasi awal Sony Xperia Z Series. Hanya saja, cover belakang R1x menerapkan teknik embossing UV canggih, yang dapat menciptakan efek warna berbeda serta menyuguhkan efek visual ciamik layaknya berlian atau kristal saat terpapar cahaya.


Tak hanya itu saja, bodi Oppo R1x juga dihiasi frame aluminum-magnesium alloy yang membuatnya kuat dan mewah. Namun, karakter frame yang diusung R1x ini bisa dibilang 'mencontek' karakter desain iPhone 5. Hal ini terlihat jelas dari model corong loudspeaker di sisi bawah bodi, termasuk lis hitam yang membentang dari bagian atas ke sisi bawah.

Seperti disinggung sebelumnya, Oppo R1x memiliki dimensi yang lebih ramping dibanding seniornya R1. Pasalnya, R1x memiliki ketebalan bodi hanya 6,8mm, bandingkan dengan Oppo R1 yang tebalnya 7,1mm. Meski tak setipis R5, namun Oppo R1x ini tetap tergolong smartphone tertipis yang ada di pasaran.

Layaknya flagship Oppo terbaru, R1x pun menerapkan konsep uni body. Alhasil, panel kontrol seperti volume, power/lock screen serta slot SIM card/microSD diletakan di sisi bodi. Khusus tray SIM card, Oppo R1x menempatkannya di sisi kanan atas bodi dan menggunakan mekanisme 'eject' alias ditusuk dengan jarum khusus (SIM ejector) untuk mengeluarkannya. Di tray tersebut, Anda akan menjumpai dua slot kartu. Pertama, untuk kartu SIM berjenis micro, dan yang kedua berjenis nano-SIM yang juga berfungsi ganda sebagai slot kartu microSD.