pulsa-logo

Review: Oppo Neo 5 (1201), Kelas Midle End, Performa Keren


Hairuddin

Selasa, 01 September 2015 • 15:19

Review, Oppo Neo 5, smartphone, android, tabloid Oppo R1x, Oppo R7, Gorilla Glass, KitKat, ColorOS, quad core, tabloid pulsa


Oppo Neo 5 (1201)Oppo Neo 5 (1201)

Jika belakangan Oppo lebih gencar menghadirkan smartphone premium untuk pasar tanah air, menyambut Ramadhan 2015 ini Oppo telah menyiapkan ponsel pintar kelas 'mid to low', namun didukung beragam fitur menawan yakni Oppo Neo 5 (1201).

Model yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan ini berbeda dengan Neo 5 (Neo R381) yang beredar pertengahan 2014 lalu. Berbekal desain yang ciamik serta jeroan yang lumayan bagus, akan seperti apa performa smartphone ini, silakan disimak ulasan lengkapnya berikut.

Desain

Dimensi: 131.9x65.5x8.0 mm, 135 gram; full touchscreen; Audio jack 3.5mm, Slot SIM card/microSD, tombol volume, Loudspeaker, lubang mic, port microUSB, tombol power/lock

Untuk ponsel kelas dua jutaan, Oppo membalut desain Neo 5 dengan cukup baik. Material cover yang digunakan berbahan plastik, dengan finishing 'layaknya' kaca yang membuatnya terlihat premium dan elegan. Bandingkan dengan ponsel sejenis, yang rata-rata menampilkan desain ala kadarnya. Keseriusan ini lah yang membuat vendor Tiongkok ini berbeda dari para kompetitor senegaranya.



Neo 5 versi 2015 ini berbeda dengan versi Neo 5 (Neo R831) yang sebelumnya pernah dikenalkan oleh Oppo. Dimensinya sedikit lebih kecil, namun memiliki bodi yang lebih berat. Pasalnya, Oppo Neo 5 versi 2015 ini menerapkan konsep desain double-layer metallic structure. Di sisi dalam, board Neo 5 diapit oleh dua cangkang logam untuk melindunginya dari kerusakan serta mengurangi panas berlebih. Meski begitu, bodi ponsel ini tetap terlihat tidak terlalu tebal.

Sekeliling tepian bodi memiliki area yang agak menyembul, dengan aksen chrome. Sedangkan konsep desain yang diusung menerapkan model semi unibody. Artinya, baterai melekat dengan bodi, namun cover belakang berbahan plastik tipis tetap bisa dilepas. Di sisi dalam, Anda akan menjumpai slot SIM card dengan posisi SIM 1 (micro SIM) di atas dan SIM 2 (nano SIM) di bawah. Di sisi sebelahnya, agak di bawah lensa kamera, terdapat slot microSD. Konse dua slot SIM card di Neo 5 ini berbeda dengan di Oppo R1x maupun R7 yang mana slot SIM 2 (nano-SIM) letaknya sama dengan microSD (bergantian).