pulsa-logo

Adu Kamera Ponsel OPPO F1s vs LG X Cam


tabloid pulsa

Selasa, 30 Agustus 2016 • 11:09


 

Belakangan PULSA menemukan sejumlah produk yang memproklamirkan diri sebagai ponsel kamera. Baik secara keseluruhan produk, maupun hanya beberapa produk andalannya saja. Di antaranya ada Oppo F1s yang memilih tag line Selfie Expert dan LG X Cam yang jelas-jelas ada kata Cam di nama produknya.

 

Tulisan adu kali ini akan berkonsentrasi di bagian kamera, mulai dari hardware, software hingga hasilnya secara seobyektif mungkin. Untuk itu PULSA meminta tiga orang, editor tulisan, editor photo dan grafis disain untuk menilai hasil foto yang ditangkap dua kamera ini.

 

Hardware Kamera

 


Oppo F1s membawa kamera utama belakang berlensa tunggal dengan resolusi maksimal 13 megapixel dan aperture f/2.2. Jelas di sini bahwa kamera belakang Oppo F1s bisa jadi bukan kamera utamanya. Karena kamera depan yang dibawa jauh lebih unggul, mulai dari resolusi 16 megapixel hingga aperture yang lebih besar f/2.0. Hal ini menjelaskan tag line Selfie expert yang dibawanya.

 

Bandingkan dengan LG X Cam. Produk ini membawa kamera belakang dengan dua lensa. Lensa pertama, disebut lensa utama beresolusi 13 megapixel sedangkan lensa kedua, atau lensa sekunder, membawa resolusi 5 megapixel wide angle. Keduanya disebut membawa apperture f/2.2. Sementara kamera depan merupakan kamera 8 megapixel dengan aperture f/2.4.

Kedua ponsel membawa lampu flash di kamera belakang. Baik LG maupun Oppo sama-sama menyematkan lampu flash LED di dekat corong lensanya. Menariknya, keduanya pun sama-sama meggunakan layar sebagai sumber cahaya tambahan untuk berfoto selfie. Caranya memang berbeda dan akan kita bahas di bagian foto selfie.

 

Software Kamera

 

Di sisi UI alias user interface, kamera kedua ponsel ini memberikan perbedaan yang cukup mencolok. Mana yang lebih efektif untuk kita, tentu hanya kita yang bisa menjawab karena ini hanya masalah selera. Ada yang sederhana sekali, dimana kita bisa langsung jepret dengan menghasilkan foto yang apik, ada juga yang harus pilah pilih setingan agar mendapatkan foto yang sesuai dengan keinginan.

 

Oke, langsung ke perbedaan di kedua ponsel yang kita bahas kal ini. Pada dasarnya keduanya memberikan pilihan yang lengkap. Oppo di satu sisi akan mengingatkan kita pada pilihan kamera milik iOS (iPhone dan iPad) yang mana juga diadopsi oleh UI kamera milik Huawei. Dimana kita bisa menggeser layar viewfinder untuk mengubah mode. Secara efektif, user akan mudah merubah mode yang ingin digunakan tanpa masuk ke layer pilihan lebih dalam. Ini berlaku pula untuk pengambilan gambar dengan kamera belakang.

Sebaliknya di LG, beberapa pengaturan yang sama harus melampaui satu layer tambahan. Artinya kita masuk ke menu mode, lalu memilih mode apa yang kita inginkan dari situ. Satu hal yang menarik, ketika kita menggunakan kamera belakang, akan muncul ikon tiga pohon cemara dan satu pohon cemara di layar view finder. Dimana tiga kamera belakang maksudnya adalah wide angle, menggunakan kamera 5 megapixel, sementara satu pohon cemara maksudnya adalah normal angle alias menggunakan kamera 13 megapixel.

Ketika kita memilih menggunakan mode wide angle, yang terjadi adalah gambar terlihat memiliki lengkungan yang biasa disebut efek fish eye. Jadi meskipun obyek yang ditangkap bisa lebih luas ketimbang menggunakan lensa satunya, kita harus mengantisipasi gambar yang terlalu melengkung di bagian background.

Penggunaan Kamera Belakang

 

Seperti biasa, tidak banyak pengaturan yang kita lakukan saat membandingkan kedua kamera ponsel ini. Tapi yang pasti kita akan membandingkan hasilnya melalui beberapa skenario dan pengkondisian. Dalam ruang tanpa flash, dalam ruang dengan flash, luar ruang, HDR dan video.

 

Indoor Makro

 

Pengambilan gambar di dalam ruangan dengan cahaya bantuan dari lampu belajar memperlihatkan hasil yang positif. Keduanya mampu menghasilkan gambar yang menarik. Sebagai catatan, untuk LG kita menggunakan lensa 13 megapixel. Bukan lensa wide-nya. 

Pulsa menggunakan obyek kecil sebagai sasaran dan Anda bisa melihatnya di perbandingan foto yang ditampilkan. Hasil foto memperlihatkan tone yang seimbang, detil namun seperti biasa mengalami penurunan di setiap sudut. Pada hasil foto lain bahkan debu yang menempel pada miniatur vespa terlihat jelas. Dengan demikian aman rasanya jika kita menyatakan bahwa makro di dua kamera ini cukup baik, meskipun tidak bisa dibilang yang terbaik.

Jarak foto antara lensa dengan obyek maksimal didapat dalam jarak satu jengkal tangan.

 

Skenario kedua adalah dengan menembakkan lampu flash. Hasilnya pun bisa dibilang imbang, dengan background yang terlihat gelap. 

 

Outdoor dan HDR

 

Berbeda saat digunakan di luar ruangan dengan cahaya yang mumpuni. Kita akan bisa melihat perbedaan yang signifikan di antara kedua kamea ponsel ini.

 

Kamera LG X Cam cenderung meningkatkan saturasi namun kehilangan detil. Beberapa area terlihat terlalu gelap, padahal di Oppo semua terlihat lebih detil, cerah, dan dengan saturasi yang natural.

Satu hal lagi yang mungkin bisa menjadi pembeda adalah kehilangan fitur HDR di LG X Cam. Gambar tiang bendera yang sejajar dengan pohon misalnya, memperlihatkan HDR yang dimiliki oleh Oppo mampu menghasilkan gambar yang lebih baik. Detil pepohonan yang berada di arah yang tidak terpapar cahaya tetap terlihat imbang dan detil, seperti halnya kita melihat dengan mata kepala sendiri.

Sebagai tambahan kami juga tampilkan gambar hasil lensa kamera wide di spot yang sama.

 

Penggunaan Kamera Depan

 

Oppo F1s menjadikan kamera depan sebagai gimmick jualan ditemani dengan jargon selfie expert. Di atas kertas, seperti yang sudah kita bahas di bagian hardware kamera, kamera selfie Oppo F1s yang beresolusi 16 megapixel, jelas di atas LG yang hanya mengendalkan lensa 8 megapixel.

Keduanya memiliki fitur flash menggunakan layar ponsel. Bedanya, LG akan memperkecil viewfinder kita sehingga area putih yang lebih terang akan mengelilingi layar. Sementara Oppo akan mengaktifkan layar flash setelah ita menekan tombol shutter.

 

Hasilnya, sesuai dugaan, Oppo jauh mengungguli LG.