pulsa-logo

Review GoPro Hero 5 Black: Memperbaiki Kekurangan-Kekurangan Lama


Ahmad S.

Kamis, 03 November 2016 • 11:57

Review GoPro Hero 5 Black, spesifikasi GoPro Hero 5 Black, video Review GoPro Hero 5 Black,


Sulit menentukan judul yang bagus tanpa terlihat mempromosikan produk ini. Meski banyak yang bilang masih kalah apik dari kamera aksi besutan Xiaomi, Xiaomi Yi 4K, kenyataannya GoPro Hero 5 Black membawa semua perbaikan dan menutup celah kekurangan pada GoPro Hero sebelumnya.

Unboxing

Perbaikan Kasat Mata

Secara kasat mata, perbaikan pertama yang terlihat adalah material kamera yang kini tebungkus oleh lapisan kedap air terbuat dari bahan polikarbon. Terutama pada sebagian besar bagian depan. Sementara sejumlah “pintu”, menutup area port-port penting dan juga baterai dengan cukup erat.


Ya, hampir tidak terlihat ada lubang, kecuali pada lubang speaker dan mic yang tentunya sudah diperlakukan sedemikian rupa agar tetap berjalan baik meskipun digunakan di dalam air.

Singkatnya, di sisi desain, GoPro Hero 5 Black telah memperbaiki diri agar dapat digunakan di dalam air tanpa casing tambahan sehingga mampu meningkatkan kualitas gambar dan suara yang dihasilkan dari pengalaman ini.

Mungkin membuatnya jadi terlihat lebih besar dari GoPro Hero lawas, tapi ini memberikan kesan yang lebih macho.

Perbaikan Kontrol

GoPro Hero 5 Black mungkin bukan GoPro pertama yang membawa layar dan layar sentuh sebagai kontrolnya. Sebelumnya sudah ada GoPro Hero 4 Silver, namun dikenal sering rewel. Meski tidak bisa dibilang bebas masalah, dengan chipset anyar, GoPro Hero 5 Black menawarkan responsifitas yang lebih baik di sisi ini.

Anda bisa mengatur semua aspek pemotretan dan perekaman video dari layar sentuh ini. Meski tanpa ponsel, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Layar yang dapat dinikmati di bawah terik matahari ini memang berukuran kecil, hanya 2 inchi, namun mudah digunakan, dengan mengusap layar dari atas ke bawah untuk kembali ke layar utama (viewfinder), usap dari kiri ke kanan untuk melihat gallery, mengusap dari kanan ke kiri untuk pengaturan tambahan. Dan mengusap dari atas ke bawah pada viewfinder untuk membuka setingan secara umum. Mudah!

Untuk merubah mode pemotretan dan video, kita juga bisa menggunakan tombol yang diletakkan di sisi kanan kamera. Yaitu tombol mode. Tombol yang berperan juga sebagai tombol power ini mampu menjalakan tugasnya dengan baik ditemani oleh layar notifikasi yang menghadap ke depan. Jadi Anda bisa mengaturnya saat melakukan selfie.

Satu tombol shutter di bagian atas kanan, kemudian akan menyelesaikan apa yang ingin Anda lakukan. Klik dan GoPro akan merekam video atau memotret.

Oke, itu saja sudah cukup sederhana. Hanya dua tombol, pengaturan lewat layar sentuh dan juga ada layar monokrom untuk notifikasi. Tapi jika itu masih menyulitkan, kita bisa menggunakan perintah suara.

Saat ini tersedia 12 perintah yang dapat dieksekusi oleh GoPro Heo 5 Black, dalam 10 Bahasa berbeda. Sayangnya tidak ada bahasa Indonesia. Tapi ketika kita coba dengan Bahasa Inggris seadanya hehe, bisa ngerti kok dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Meskipun secara default, Gopro dalam mode video, ketika kita menyebutkan “Go Pro Shoot”, GoPro akan langsung memotret secara otomatis.

Kualitas Video dan Photo

Kamera aksi ini mampu merekam video dalam reolusi 4K dalam 30 fps, 1080p dalam 120 fps untuk hasil video slow mo yang keren, dan foto dalam resolusi 12 megapixel. Dengan pilihan field of view yang beragam tentunya.

Kita sering menemukan mereka yang tidak mau hasil videonya terlihat membulat di sudut-sudut video, nah GoPro Hero 5 Black menawarkan 4 FOV, termasuk di dalamnya Linear, untuk menghasilkan foto dan video yang cenderung rata, layaknya kamera biasa.

Anda bisa menonton hasil video GoPro Hero 5 Black ini langsung di ponsel dengan cara membaca QR Code yang ada di bawah tulisan.

Spesifiksi Kunci

Dimensi 61.7 x 44.4 x 24 mm, 118 gram
Layar 2 inchi
Konektivitas Bluetooth, WiFi, GPS
FOV Video Superview, Wide, Medium, Linear, Narrow
Video 4K 30 fps Wide; 2.7K 60 fps; 1440p 80fps; 1080p 120 fps; 960p 120 fps; 720p 240fps
Photo 12 megapixel, Burst 30/1s, timelapse
Baterai Lithium 1220 mAh
Memory MicroSD
Port USB Type C, Micro HDMI

Plus Minus

Kelebihan Kekurangan
Anti air sampe 10 meter tanpa casing tambahan Kapasitas baterai terbilang kecil, harus bawa baterai cadangan untuk jalan-jalan seharian
Layar sentuh lebih responsif Koneksi ke ponsel dan remote kadang bermasalah.
Voice control  
Kualitas video dan foto dapat diadu  
Rekam suara stereo dengan baik, bahkan di dalam air  
ProTune Video  
RAW photo dan HDR  
GPS  

 

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42