pulsa-logo

PULSA Editors Choice 2016: Smartphone of the Year


Kurdi

Jum'at, 16 Desember 2016 • 16:48


Tahun 2016 hampir berlalu dari hadapan kita. Sejumlah produk telah keluar-masuk meja review redaksi, menjawab ekspektasi yang sempat terlintas, dan keraguan-keraguan yang terbantahkan. Positif ataupun negatif, PULSA menghormati dan menghargai seluruh produk yang direview. Karena setiap vendor memiliki strategi masing-masing dalam membangun produknya. Tentu dengan memperhatikan kebutuhan pembaca akan tulisan dan review yang informatif.

Tentang Editors’ Choice

Sebagai bentuk apresiasi, seperti biasa, setiap akhir tahun Tabloid PULSA memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada para pelaku bisnis seluler di Indonesia. Terutama para vendor dan operator yang terus berkreasi sepanjang tahun ini. Bagaimanapun, setiap produk ponsel yang dipasarkan di Indonesia merupakan tambahan pengalaman untuk pembaca PULSA.

Hadirnya fitur-fitur baru memaksa PULSA membuat kategori yang menyesuaikan. Tapi pada intinya, produk-produk yang dipilih sebagai pilihan editor kali ini menawarkan hal positif baik di sisi kategori tersebut, maupun dari 5 hal yang selama ini menjadi perhatian reviewer PULSA: LOOK (bagaimana sebuah produk terlihat secara kasat mata), FEEL (bagaimana produk itu terasa di genggaman dan user experience secara keseluruhan), PERFORMANCE (bagaimana produk dapat berjalan baik di sisi hardware maupun software), IMAGING (bagaimana sebuah produk mampu menangkap gambar- diam maupun bergerak), dan VALUE (bagaimana sebuah produk memberikan performa apik dibandingkan harga yang ditawarkan).

Ponsel-ponsel yang masuk ke Editors’ Choice kali ini merupakan ponsel-ponsel yang telah direview oleh PULSA sejak Desember 2015 - November 2016.

Samsung Galaxy S7 Edge



Meski terterpa isu tak sedap terkait salah satu produknya yang fenomenal, terutama di sisi fast chargingnya yang disebut-sebut membahayakan, Samsung telah berhasil menempatkan produk ciamik di pasaran, yakni Samsung Galaxy S7 Edge. Membawa nilai positif di hampir semua aspek penilaian, editor PULSA sepakat bahwa ponsel terbaik tahun 2016 ini adalah Samsung Galaxy S7 Edge.

Meski sejumlah keluhan hadir, terutama terkait user interface pada bagian tepi yang kurang familiar, namun hal tersebut boleh dibilang hanya masalah kebiasaan saja dan persentase nya terbilang kecil. Karena performa ponsel ini, tampilannya dan kemampuan kameranya yang luar biasa akan memenuhi kebutuhan setiap pengguna ponsel dengan baik.

Membawa layar AMOLED beresolusi tinggi, dapat dinikmati meski di bawah cahaya matahari sekalipun, membuatnya ponsel pintar yang paling bisa diandalkan untuk segala keperluan. Lalu bagaimana dengan harga? Untuk ukuran flagship harga ponsel ini terbilang masuk akal.

Honorable Mention:

iPhone 7

Di sisi Value, iPhone 7 di Indonesia tidak bisa dianggap sebagai smartphone terbaik tahun ini. Karena dihitung dengan kalkulator apapun, akan terasa terlalu mahal alias overpriced. Namun dari sisi kinerja, meskipun kenyataannya memang kalah spek dibandingkan sejumlah flagship Android, iPhone 7 membawa hardware yang lebih baik dari iPhone sebelumnya, dan dengan ekosistem iOS yang sedemikian rupa, serta kamera dengan OIS tanpa perlu mengupgrade ke iPhone 7 Plus, maka iPhone 7 merupakan smartphone yang layak kami sebutkan di sini.  Sayangnya, iPhone 7 tidak masuk secara resmi di Indonesia. Belum sih lebih tepatnya, karena Apple tengah menggodok pendirian store official di Indonesia.

Huawei P9

Ketika Samsung memberikan rasa khawatir dan iPhone terasa overpriced, pengguna ponsel mencari alternatif. Dari kacamata feel, value dan imaging, PULSA punya jagonya dan dia adalah Huawei P9. Ketika PULSA mempertanyakan kecenderungan pengguna ponsel pintar di Eropa yang mulai beralih ke Huawei P9, dan PULSA lalu berkesempatan hands on serta membandingkannya dengan flagship milik Samsung dan Apple, editor PULSA mengakui ada beberapa hal yang membuatnya pantas disebut dalam tulisan ini. Meski tidak berhasil menjadi ponsel terbaik versi PULSA, karena kenyataannya belum resmi diluncurkan di Indonesia dan belum resmi diulas khusus oleh PULSA, produk ini membawa desain yang pas, UI yang apik, performa di atas rata-rata dan kemampuan imaging yang boleh diadu.PULSA Editors’ Choice 2016. (*)