Atrk

Review Moto Z (XT650): Ponsel Flagship Anyar Berkonsep Modular Featured

Prev
Next »

Banyak yang memprediksi smartphone modular adalah smartphone masa depan. Dimana sebuah smartphone telah dilengkapi dengan bingkai struktural yang mampu menahan modul komponen sehingga modul tersebut dapat diganti bila rusak. Secara sederhana, merupakan ponsel yang dapat menambah atau mengganti komponen yang ada. Sebelumnya Google pernah mempublikasikan project ARA, sebuah project ponsel Modular pertama yang kini kandas, lalu tahun lalu ada LG G5. Kini, Moto (yang telah dibeli Lenovo) meluncurkan Moto Z dan Moto Z Play sebagai ponsel modular pertama mereka sekaligus duo flagship yang akan mengisi dua celah berbeda.

Ponsel modular yang diklaim sebagai ‘The Real Smartphone Innovation’ ini menghadirkan aksesoris-aksesoris menarik diantarnaya Incipio Offgrid Power Pack (powerbank), Insta-Share Projector (proyektor), Hasselblad True Zoom (kamera 10x zoom optikal) dan JBL SoundBoost (speaker). Aksesoris tersebut dijual terpisah dengan unitnya. Kecuali Incipio yang dijadikan paket pembelian selama masa promosi berlangsung.

Tambhan Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Apakah Moto Z dapat menarik simpati dan minat penggila smartphone untuk beralih ke smartphone modular? Kali ini PULSA berkesempatan untuk menguji Moto Z lengkap dengan aksesoris tambahannya tersebut. Berikut sedikit ulasannya.

Unboxing 5 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

  • Paket Penjualan     : Handset, earphone, manual book, warranty card, charger, kabel data, pin,  Incipio offGRID Power Pack, konektor USB Typo C to 3.5mm, Moto Style Shell,
  • Warna         : White/Fine Gold
  • Harga         : Rp 8.499.000

Material Aircraft Grade Aluminium dan Stanless Steel

Moto Z dibuat dari ‘military aircraft-grade aluminium chassis dan stainless steel’ dengan ketebalan hanya 8,4mm dan disebut smartphone tertipis di dunia.  Tidak hanya tipis, bobot dari smartphone ini juga sangat ringan, yaitu hanya 129.4 g.

Desain Depan 4 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Dengan bentang layar 5.5 inci dan lapisan layar 2.5D Corning Gorilla Glass, tampak depan ponsel ini terlihat cukup ramai. Di atas layar, bagian kiri terdapat LED Flash dengan bulatan. Di sebelahnya diletakkan sensor laser. Kamera depan berada dibagian kiri. Di tengahnya terdapat lubang udara speaker atas yang ditutupi 2 lapisan grid memanjang. Di bawah layar terdapat tombol fisik fingerprint dengan tulisan Moto di atasnya. Di kanan dan kiri tombol fingerprint tersebut terdapat 2 sensor di kanan dan 2 sensor di kiri. Sisi bawah ponsel diisi dengan port USB type C. Di sisi kanan terdapat tombol power dan tombol volume up dan volume down di atasnya.

Slot Memory Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Ponsel ini tidak menyediakan port audio 3.5mm untuk menyambung ke earphone. Namun ponsel ini menyediakan konektor penghubung yang memungkinkan earphone tersambung ke port USB type C. Sayangnya, tidak semua earphone dapat berfungsi bila dipasangkan ke port ini. Earphone bawaan pada paket pembelian dapat mengatasi hal itu.

IMG 9209 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Dalam posisi layar tertutup, tersedia 3 tombol virtual yaitu google assist, pembuka kunci dan kamera. Dan bila kita membuka atau mengusap layar, maka tombol virtual back, home dan multitasking yang muncul.

Desain Bawah Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Tampak belakang ponsel berwarna gold dengan grid list yang cukup solid. Berbahan logam dan terlihat kokoh. Bagian atasnya terdapat kamera belakang yang diletakkan didalam bulatan menonjol yang kokoh karena berbahan dasar logam. Dibawah kamera terdapat tulisan kecil bertuliskan ‘moto’. Dibawah tulisan moto diletakkan dual LED yang juga berfungsi sebagai senter dengan ‘menggoyangkannya’ 2x. agak ke bawah terdapat logo Moto dengan bulatan bertuliskan M. Ke bawahnya lagi terdapat pin penghubung tempat dimana Mods (modul) menempel pada ponsel secara magnetis. Pin tersebut terdiri dari 16 pin yang dibagi 2 yaitu 8 di kanan dan 8 di kiri dengan pin penahan ditengahnya.

Prev
Next »
Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Monday, 20 February 2017 13:55
  • font size