pulsa-logo

Hands On Lava R1: Ponsel Selfie Terjangkau dari India


Galing

Jum'at, 04 Agustus 2017 • 18:51


Bulan April lalu, Lava secara resmi memasarkan smartphone kelas bawah terbarunya, R1. Meski sudah cukup lama beredar, baru pada bulan Agustus ini PULSA mendapatkan kesempatan untuk mengulasnya. Sambil menunggu menuntaskan ulasan yang PULSA lakukan, kenali lebih dekat perangkat besutan vendor India berikut dengan menyimak tulisan ringkasnya sebagai  berikut:

Foto: PULSAFoto: PULSA

Dipasarkan dengan label harga 1,8 juta rupiah, wujud fisik ponsel ini ditopang sepenuhnya oleh penggunaan material plastik dengan penutup bagian belakang yang bisa dibuka. Sayangnya baterai miliknya tidak bisa Anda lepas kerena akan merusak garansi yang diberikan. Meski menyasar segmen entry level, perangkat ini cukup berhasil menonjokkan kesan elegan berkat aksen metalik yang diusungnya.

Lava R1 menawarkan sistem operasi Android 6.0 yang dibalut dengan antarmuka Star OS. Tenaga pacunya menggunakan prosesor octa core 1.3GHz yang didampingi oleh RAM 2GB dan penyimpanan seluas 16GB. Di dalamnya tersemat keyboard PayPal yang membuat pengguna dapat mengetik dengan lebih cepat. UC Browser, WhatsApp dan Twitter juga dapat Anda temui pada perangkat ini sebagai aplikasi bawaan. Berikut PULSA sertakan pula hasil benchmark dari Lava R1 untuk memberikan gambaran performa perangkat ini secara umum.

Foto: PULSAFoto: PULSA

Beranjak ke bagian depan, Lava menanamkan kamera selfie 5MP yang diperkaya dengan fungsi extreme beauty, filter warna, gif mode dan wide selfie. Adanya LED flash memperkuat posisi perangkat ini sebagai ponsel selfie. Berbeda dengan perangkat Android papan bawah lainnya, Lava R1 menggunakan tombol navigasi virtual yang menyisakan ruang kosong yang cukup besar di bawah layar 5 inci miliknya. Kualitas layar HD yang diusung oleh ponsel ini juga tergolong baik meski dibawah terik sinar matahari sekalipun.

Foto: PULSAFoto: PULSA

Bergeser ke belakang, pengguna akan mendapati kamera 8 megapiksel dengan ragam fungsi seperti night pro, gif mode, filter warna, panorama hingga bokeh. Anda juga bisa memanfaatkan kamera utamanya untuk membaca QR Code. Pengguna dapat pula memanfaatkan tombol volume bawah untuk melakukan pemotretan.


Setelah menghabiskan waktu beberapa jam dengan ponsel ini, PULSA cukup terkesan dengan performa layar serta desain yang diusung. Namun untuk urusan kamera, ponsel ini memang terbilang pas-pasan. Absennya sensor sidik jari dan gyroscope jadi nilai minus yang paling menonjol dari perangkat ini. Untuk mengetahui lebih dalam, tunggu saja review selengkapnya di Tabloid PULSA edisi 368 yang akan terbit pertengahan Agustus ini. (Galing)