Atrk
ads skin gagal

Review Samsung Gear Icon X (2018), Lebih Tahan Lama, Tetap Nyaman di Telinga

Samsung Gear Icon X Foto Utama 1 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Jujur, earset true wireless belum pernah memuaskan reviewer PULSA baik di sisi kualitas suara, masalah pada koneksi hingga daya tahan baterai. Karena tiga hal ini merupakan isu utama jika Anda ingin beralih ke sebuah earphone true wireless, disamping tentunya desain dan harga yang ditawarkan.

Lalu bagaimana dengan earphone true wireless anyar besutan Samsung, Samsung Icon X (2018) ini? Apakah masih membawa isu yang sama, atau sudah berhasil menghilangkan masalah-masalah tersebut? Tulisan ini akan membahas lebih banyak tentang gadget menarik ini, semoga dapat dijadikan masukan bagi Anda yang masih bingung.

Samsung Gear Icon X Unbox Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Desain

Sebelum jauh melangkah ke performa, kita akan bahas sedikit tentang desain. Oh iya, perlu dicatat bahwa Samsung Gear Icon X yang masuk ke meja redaksi ini adalah Gear Icon X anyar yang luncur akhir tahun ini ya. Bukan Gear X yang sebelumnya sudah ada di pasaran. Di sisi tampilan tidak ada yang berubah. Tetap mengetengahkan sebuah earphone dengan bentukan yang cukup besar untuk ukuran telinga orang Indonesia. Tapi tetap nyaman digunakan, kok bisa?

Sebagai sebuah earphone true wireless, dengan demikian Gear Icon X terdiri dari dua perangkat terpisah. Keduanya membawa driver dan earplug masing-masing yang terhubung di antara keduanya dengan Bluetooth. Artinya selain terhubung dengan perangkat ponsel (perangkat sumber), mereka pun harus menjaga hubungan keduanya tanpa kabel.

Banyak calon pembeli akan sedikit takut kehilangan salah satu atau keduanya secara mudah. Bisa jadi karena takut mudah terlepas dari telinga, karena tidak ada kabel kan? Jadi ketika jatuh ya akan jatuh begitu saja tanpa ada penghalang. Ditambah dengan ukurannya yang rata-rata hanya berdiameter setara dengan uang logam, maka ini akan menjadi masalah.

Samsung mencoba mengatasi ini dengan desain unik. Dimana bagian driver diberi wingtip, semacam pengait dari karet yang tersedia dalam beberapa ukuran. Hal ini diklaim mampu menahan earset dalam segala kondisi cuaca dan aktivitas.

PULSA mencobanya sehari-hari untuk commuting menggunakan sepeda, sepeda motor, dan aktivitas lain tanpa kehilangan earset. Artinya klaim tersebut terbukti, dimana earset akan tertahan di lubang telinga dengan aman.

Masalahnya adalah, jika digunakan berlama-lama, untuk bercakap-cakap, atau sambil memakan sesuatu, maka rasa tidak nyaman akan hadir. Tapi itu wajar adanya, karena bagaimanapun akan terjadi gesekan antara kulit telinga dengan earset kita.

Di tiap earset kita tidak menemukan tombol fisik. Seluruh kontrol bisa dilakukan dengan menyentuh permukaan driver, atau menggesernya ke atas dan ke bawah untuk mengontrol volume.

Jika di perhatikan, selain ada sejumlah lubang-lubang logam untuk charging, di tiap-tiap earset juga ada semacam sensor proximity dan acceleromater, yang kini diletakkan menghadap ke arah yang sama dengan eartip. Di produk sebelumnya, sensor ini menghadap ke arah samping driver. Kehadiran sensor ini tidak lain dan tidak bukan juga berfungsi sebagai pemindai aktivitas penggunanya. Akan di bahas di bagian selanjutnya.

Samsung Gear Icon X Bodi 3 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Optimal untuk Ponsel Samsung

Sejatinya Gear Icon X memiliki ruang penyimpanan internal yang dapat menyimpan lagu koleksi Anda, dan juga memiliki fitur pemindai aktivitas, dimana Icon X sanggup menyimpan data pergerakan kita, atau aktivitas penggunanya ke dalam sistem. Artinya perangkat ini bisa berdiri sendiri tanpa perlu terhubung ponsel atau perangkat lain.

Tapi, sejalan dengan tren mendengarkan musik via layanan streaming dan juga kapasitas Gear Icon X yang tidak terlalu besar, ditambah lagi akurasi pemindai aktivitas yang juga jadi kurang akurat tanpa ada dukungan dari aplikasi di ponsel, maka bisa dibilang perangkat ini akan lebih optimal untuk digunakan bersama ponsel Samsung Anda. Anda bisa mendengarkan suara pelatih digital di telinga, lumayan untuk semangat.

Sekedar informasi, PULSA mencoba untuk menggunakannya dengan perangkat lain selain Samsung, namun benefit tersebut tidak bisa didapatkan, dan Gear Icon X akan berfungsi hanya sebagai sebuah earphone. Tidak lebih dari itu.

Perbaikan di Daya Tahan Baterai

Produk Gear Icon X sebelumnya terkenal dengan daya tahan baterai yang mengecewakan. Meskipun dapat dipahami megapa hal itu bisa terjadi. Kehadiran sensor akselerometer dan Heart Rate di Gear Icon X lawas disinyalir menjadi salah satu penyebab.

Kali ini sensor heart rate dicabut dan digantikan dengan sensor proximity yang fungsinya juga dapat mengenali apakah earset tengah digunakan atau tidak. Dugaan kami, ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan play time, secara kapasitas baterainya 82 mAh. Meskipun jauh lebih besar dibandingkan dengan Icon X lawas yang hanya membawa kapasitas baterai 42 mAh, kita tidak dapat menggunakannya seharian tanpa melakukan charging.

Tempat penyimpanan, atau casing, seperti biasa juga berfungsi sebagai sebuah dock charger. Juga mengalami peningkatan di sisi kapasitas baterai. Dulu Hanya 315 mAh, sekarang sudah 340 mAh. Secara teori, dengan peningkatan kapasitas di masing-masing earset, sejatinya untuk masalah charging tidak akan jauh berbeda. Kami mendapati harus melakukan charging setiap malam, agar tidak kehabisan daya di tengah jalan.

Samsung Gear Icon X Bodi 1 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Perbaikan di Kualitas Audio

Semua editor di PULSA mengakui bahwa kulaitas suara yang keluar dari Samsung Gear Icon X 2018 ini terbilang standar. Tapi jika dibandingkan dengan pendahulunya, kami menemukan sejumlah peningkatan. Terutama di sisi hadirnya bass yang lebih baik dan separasi frekuensi yang mulai terlihat.

Beberapa orang menyebutnya sebagai kualitas konsumer, atau mudah diapresiasi oleh konsumen yang relatif tidak mempedulikan kualitas suara. Keluar dari perangkat Bluetooth, bagaimanapun kualitas suaranya perlu diapresiasi.

Samsung Gear Icon X Bodi 4 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Masalah Koneksi

Dibandingkan dengan true wireless earphone yang terakhir kami review beberapa edisi lalu, yakni besutan Soul-electronics, Icon X memiliki kualitas koneksi yang jauh lebih baik. Wajar sih, karena harganya juga lumayan terpaut jauh. Tapi, bukan tanpa masalah.

Sesekali kita akan merasakan drop koneksi, terutama saat bergerak aktif, antara earset kiri dan kanan. Meski tidak separah itu, tapi hal ini cukup mengganggu ketika kita tengah mendengarkan lagu favorit. Dan masalah ini kadang tidak terjadi kepada mereka yang memiliki kepala relatif kecil.

Samsung Gear Icon X Bodi 2 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Spesifikasi:

• Connectivity

◦ USB Version USB 2.0

◦ Bluetooth Version Bluetooth v4.2

◦ Bluetooth Profiles A2DP,AVRCP,HFP

◦ PC Sync. Gear IconX PC Manager

• General Information

◦ Color Black, Gray, Pink

◦ Compatible Specification of Smartphone Android 4.4 ↑ , 1.5GB ↑

◦ Package Contents Charging Case,Earbuds,Eartips (S, M, L),Quick Start Guide,USB Connector(USB Type-B), USB Connector(USB Type-C),USB   Cable,Wingtips (S, M, L)

• Memory

◦ Available Memory (GB) 3.4 GB

◦ Number of Songs Up to 1000

• Sensors Accelerometer,Proximity Sensor

• Physical specification

◦ Earbud Dimension (HxWxD) 21.8 x 18.9 x 22.8 mm

◦ Earbud Weight 8 g

◦ Case Dimension (HxWxD) 31.4 x 73.4 x 44.5 mm

◦ Case Weight 54.5 g

• Battery

◦ Battery Capacity (Earbud) 82 mAh

◦ Battery Capacity (Case) 340 mAh

◦ Number of Charges N/A

◦ Standalone Music Play Up to 7 Hours

◦ Audio Streaming (Bluetooth Connected) Up to 5 Hours

• Audio and Video

◦ Audio Playing Format MP3,M4A,AAC,WAV,WMA (WMA v9)

◦ Number of MIC (per Earbud) 2 EA

◦ Ambient Sound Yes

• Services and Applications

◦ Bixby Connection Yes

◦ Running Coach Yes

◦ Notification Type TTS

◦ Voice Guidance 9 Languages, Chinese Mandarin, English US), French, German, Italian, Japanese, Korean, Russian, Spanish(US)

◦ Data Measured Calories Burned,Distance, Duration, Speed

 

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Tuesday, 05 December 2017 23:17
  • font size