Atrk
ads skin gagal

Review Acer Aspire VX 15, Laptop Gaming Harga Miring

  • Wednesday, 06 December 2017 16:10
  • Published in Review

Acer Aspire VX15 Foto Utama Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Kenaikan pasar ponsel yang menyasar pecinta game agaknya disambut positif oleh banyak vendor PC global. Banyak sekali pabrikan PC yang bahkan menggarap sub-brand laptop gaming tersendiri untuk membentuk sebuah eksosistem gaming yang didesain sedemikian rupa untuk sajian pengalaman bermain yang memuaskan dengan performa yang tinggi.

Masuk dalam lini produk Aspire, laptop gaming terbaru dari Acer ini menjanjikan kualitas grafis menawan dengan harga yang tidak bikin kantong jebol. Meski terjangkau, kombinasi prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh dengan grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti juga menawarkan pengalaman bermain yang bebas lag. Desain yang diadopsi dengan cermat juga menjamin menggunakan laptop baik untuk keperluan hiburan maupun produktivitas kerja.

Dilihat dari fitur dan spesifikasi yang diusung, apakah ia sudah cukup sepadan dengan banderol harga 16 juta rupiah yang disandangnya? Yuk langsung intip saja ulasan lengkapnya lewat tulisan berikut.

Paket Penjualan               : Unit Aspire VX 15 by Acer, Charger, Panduan Penggunaan, Warranty Card

Warna                             : Hitam

Harga                              : Rp 16.999.000

Acer Aspire VX15 Spek Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Acer Aspire VX15 Bodi 6 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Desain Mewah

Area depan komputer jinjing buatan pabrikan Taiwan ini terlihat menakjubkan dengan layar seluas 15,6 inci yang menawarkan resolusi 1080p dengan balutan warna hitam beraksen merah yang menambah kesan tangguh buat Anda para pecinta game. Dimensinya yang cukup bongsor memang sudah jadi ciri khas rata-rata laptop gaming yang beredar di pasaran. Karena dengan penampang yang luas, pengguna tentu dapat lebih leluasa saat harus bermanuver demi memenangkan permainan.

Acer Aspire VX15 Bodi 4 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Dimensi yang besar tentu berakibat pada bobotnya yang terbilang berat pada angka 2,5 kg. Panel monitor miliknya juga dikelilingi oleh bezel yang terukur tebal dengan sudut bersegi banyak yang menampilkan kesan khas sebuah laptop gaming.

Agar lebih mudah mengakses beragam menu, keyboard yang disediakan juga telah mengusung fitur backlit yang memendarkan cahaya berwarna kemerahaan saat dipakai untuk mengetik. Terdapat empat tuts warna merah yang terdiri dari huruf W, A, S, dan D yang diperlukan saat laptop dalam mode untuk bermain game. Tuts berukuran lebar juga terasa pas dengan jari-jemari pengguna yang tentu saja akan berbeda bagi masing-masing orang.

Acer Aspire VX15 Bodi 1 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Tombol daya perangkat diposisikan di pojok kanan atas yang kemudian diikuti oleh tombol volume di bawahnya. Menyusuri ruas kiri terdapat pula port power adapter, USB 3.0 dan headphone jack 3.5mm. Adapula SDTM card reader yang menghiasi juga bagian yang sama. Beringsut ke kanan, Anda akan menemukan port RJ45, dua buah port USB 3.0, port HDMI dan port USB Type-C.

Acer Aspire VX15 Bodi 2 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Acer Aspire VX15 Bodi 3 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Bahan dari laptop ini yang menggunakan aluminium tentu memberikan kekuatan yang lebih baik dibanding plastik. Bahan metal juga dapat membantu laptop lebih cepat dingin. Permukaan laptop ini juga sudah dibalut dengan teknologi nano imprint patterning yang memadukan logam, plastik dan UV untuk menghasilkan corak produk yang lebih kompleks serta tetap terlihat elegan.

Acer Aspire VX15 Bodi 5 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

IPS LCD dan Acer Bluelight Shield

Seperti sudah sedikit disinggung diatas, laptop ini memiliki bentang layar seluas 15,6 inci berjenis IPS LCD yang menawarkan resolusi 1080p. Pengguna yang betah berlama-lama menatap layar juga tidak perlu khawatir dengan kesehatan indera penglihatannya, karena Acer juga telah melengkapi panel monitornya dengan filter cahaya biru. Emisi cahaya biru yang dipancarkan disaring menggunakan teknologi Acer Blue Light Shield yang diklaim membuat mata Anda lebih rileks serta tidak terasa kering.

Acer Aspire VX15 Display Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Pantulan cahaya yang kerap terjadi saat menggunakan laptop di luar ruangan juga coba dikikis dengan menanamkan teknologi ComfyView pada sang layar. Sebaliknya dalam kondisi minim cahaya, keyboard backlit yang dipakai juga dapat membantu Anda menemukan tombol yang sesuai saat harus mengetik tugas pekerjaan atau sekadar menghibur diri dengan bermain game.

Performa Keseluruhan

Guna memacu kerja perangkat, Acer sudah siapkan prosesor Intel Core i7 seri H generasi 7 yang mengusung berbagai peningkatan performa dari seri sebelumnya. Kinerja maksimal miliknya juga telah disokong oleh RAM sebesar 16GB yang menawarkan kemampuan multitasking yang bebas kendala. Clock speed sebesar 2.8GHz dari sang dapur pacu juga masih dapat digenjot hingga secepat 3,5GHz berkat teknologi Turbo Boost yang dibenamkannya.

Acer Aspire VX15 Performa Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Grafis laptop ini juga telah didukung oleh kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti yang dikenal jagoan untuk penuhi kebutuhan gaming dan multimedia. Kualitas visual yang memanjakan mata tentu diperlukan terutama saat harus memainkan game bertema petualangan, balapan hingga action. Kecepatan yang dapat diandalkan tentu jadi tak ada artinya tanpa adanya efek suara yang istimewa. Oleh karena itu, kombinasi Acer TrueHarmony dan Dolby Audio jadi fitur penting yang tidak boleh dilewatkan.

Media Penyimpanan

Agar bisa memainkan banyak game, ruang penyimpanan yang luas tentu menjadi hal yang sangat penting diperhatikan saat memilih laptop. Bekal penyimpanan internal berkapasitas 1TB 5400RPM SATA HDD yang dipadankan dengan SSD seluas 128GB terbilang cukup memadai untuk memenuhi kegemaran Anda bermain berbagai macam dan jenis game yang ada di pasaran.

Acer Aspire VX15 Storage Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Urusan input dan output perangkat juga terbilang lengkap dengan sudah disiapkannya 1 USB 3.1 Type-C, 2 port USB 3.0 dan satu USB 2.0. Laptop ini juga dilengkapi dengan card reader dan tentu saja port HDMI untuk koneksi ke layar dengan ukuran lebih besar atau projektor. Jack audio 3.5mm yang disediakan juga dapat Anda padukan dengan headset yang sesuai untuk pengalaman audio yang jauh lebih berkesan.

Konektivitas

Bagi Anda yang hobi bermain game online atau browsing, tersedia juga konektifitas nirkabel yaitu WiFi, Bluetooth dan LAN. Untuk konektifitas kabel (LAN) tersedia port RJ45. Meskipun port ini tergolong lawas namun manfaatnya masih sangat dibutuhkan buat Anda yang masih menggunakan kabel telpon rumahan untuk akses internet atau broadband.

Acer Aspire VX15 Konektivitas Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Perihal konektivitas nirkabel, notebook ini sudah menyiagakan pula Bluetooth versi 4.0 yang tentu saja lebih stabil dan dapat dipakai dengan jarak jangkauan yang lebih jauh. Terkait koneksi WiFi juga sudah ditunjang standard IEEE 802.11b/g/n/ac. Khusus standard 802.11ac yang dipersiapkan akan sanggup memberikan kecepatan transfer data tiga kali lebih kencang dibanding 802.11n. Tambahan dukungan multi user multiple input multiple output (MU-MIMO) pada sang laptop juga membawa kecepatan hingga dua kali lipat yang berperan dalam memenuhi kebutuhan multitasking nirkabel antar sesama pengguna.

Uji Performa

Kombinasi prosesor Intel Core i7 7700 ~3.8GHz, memory 16GB DDR4 dan grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4GB GDDR5, perangkat ini mampu memainkan game bawaan ataupun yang Anda unduh sendiri dari Microsoft Store. Sayangnya dukungan performa yang begitu luar biasa belum didukung dengan ketersediaan baterai yang memadai. Baterai 3 Cells 52.5 Whrs dari notebook ini ternyata tidak sanggup bertahan lama baik ketika dipakai untuk bermain game ataupun aktivitas kasual lainnya seperti mendengarkan musik, menjelajahi dunia maya atau sekadar menonton film. Meski demikian ada kemungkinan pula bahwa baterai Acer Aspire VX 15 yang PULSA uji memang telah menurun fungsinya alias nge-drop.

Acer Aspire VX15 Baterai Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Perkara multimedia, kedua speaker stereo yang tertanam di notebook ini juga terbukti sanggup menghasilkan suara yang jernih dan kencang. Pengujian menggunakan Passmark Rating didapat nilai 4.015. Menggunakan Sisoftware Sandra didapat nilai 15.03kPT. Angka ini sedikit lebih rendah dibanding Omen by HP 15. Pengujian dengan Geekbench didapat nilai 19.982. Sedangkan pengujian Single Core dan multi core menggunakan aplikasi yang sama mencatatkan skor masing-masing 4.018 dan 12.536. Adapun untuk test memakai Cinebench R15 untuk OpenGL didapat nilai 58.11fps, sedangkan untuk CPU didapat nilai 523cb. Hasil pengujian dengan beberapa aplikasi benchmark yang dilakukan oleh PULSA bisa Anda lihat pada tabel:

Acer Aspire VX15 Bench 6 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Acer Aspire VX15 Bench 1 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Acer Aspire VX15 Bench 2 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Acer Aspire VX15 Bench 3 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Acer Aspire VX15 Bench 4 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Acer Aspire VX15 Bench 5 Images Data 2017 Desember Thumb Other400 0

Rate this item
(0 votes)