pulsa-logo

Review OPPO F5 YOUTH: Incar Muda-Mudi, Tak Cuma Unggulkan Kamera Selfie


Fauzi

Selasa, 19 Desember 2017 • 13:32


Tidak berselang lama dari kehadiran OPPO F5, vendor smartphone asal Tiongkok ini kembali mengeluarkan smartphone baru dari seri yang sama. Yup, benar sekali OPPO F5 Youth. Dari namanya, smartphone ini nampaknya menyasar kalangan anak muda. Menilik spesifikasi yang dibawa, antara F5 Youth dan OPPO F5 ternyata tidak terlalu banyak berbeda. Layar luas dengan rasio 18:9 dan kemampuan selfie-nya menjadi daya tarik yang dibawa F5 Youth.

Tentu masih banyak aspek menarik lain yang bisa dieksplor dari Oppo F5 Youth. Untuk itu, guna mengetahui apa saja yang ditawarkan F5 Youth, termasuk perbedaannya dengan OPPO F5, simak review-nya berikut ini.

Paket Penjualan : Handset, Charger, earset, kabel data, buku manual, kartu garansi, SIM ejector, Hardcase

Warna               : Gold, Black

Harga                : Rp 3.599.000

Desain


Bagi Anda yang mungkin sudah pernah mencicipi atau memegang smartphone OPPO F5, hal yang tak jauh berbeda akan Anda rasakan ketika menyentuh F5 Youth. Sekilas, antara kedua smartphone ini memang tidak memiliki perbedaan signifikan dari sisi tampilan. Namun demikian, bila diamati ada sedikit perbedaan tersaji antara F5 Youth dan saudaranya itu, yakni tidak terlihatnya garis antena di smartphone ini. Sementara di OPPO F5 garis antena terlihat di panel belakang bagian atas dan bawah.

Dari bahan yang digunakan untuk membalut bodi, F5 Youth juga mirip seperti OPPO F5. Alih-alih menggunakan bahan logam, di sini kita mendapati F5 Youth dikemas dengan cover belakang berbahan plastik Polycarbonat. Imbasnya, bobot smartphone ini menjadi lebih ringan, selain itu sapuan warna hitam dove membuat smartphone ini begitu kesat dan tidak licin.

Secara keseluruhan tampilan fisik OPPO F5 Youth sudah cukup keren dan kekinian. Meski layarnya tergolong cukup luas 6.0 inci, namun dengan aspek rasio 18:9 membuat smartphone ini memiliki bodi yang tidak terlalu bongsor. Rasa-rasanya, seperti menggenggam smartphone dengan ukuran layar 5.5 inci. Ini berkat, F5 Youth yang dikemas dengan memanfaatkan ruang yang ada secara maksimal, terlihat dari bezel kiri-kanan dan atas-bawahnya yang terbilang cukup sempit.

Layar 6.0 Inci FHD+, Rasio 18:9

Apa yang disajikan F5 Youth di sisi display ternyata tidak berbeda dengan OPPO F5. Kita disuguhkan sebuah layar dengan diagonal 6.0 inci dengan resolusi cukup tinggi, yakni 1080 x 2160 piksel atau FHD+. Kombinasi ukuran diagonal dan resolusi yang ditawarkan membuat layar F5 Youth mampu menyajikan konten dengan kepadatan hingga 402 ppi. Apa yang menarik tersaji di sisi layar F5 Youth, tak lain berkat aspek rasionya yang sudah 18:9 membuat smartphone lebih terlihat memanjang ketimbang melebar seperti yang bisa kita lihat pada ponsel dengan rasio 16:9. Secara keseluruhan, OPPO F5 Youth memiliki rasio layar ke bodi sekitar 84,2%.

Selain membuat ukuran bodi tidak terlalu bongsor, dengan aspek rasio 18:9 pengalaman pengguna yang diberikan F5 Youth juga cukup mengasyikkan. Tentu bagi Anda yang suka menonton video, bermain games dengan layar luas seperti yang dibawa F5 Youth membuat pengalaman yang diberikan menjadi lebih baik. Sementara bagi Anda yang suka membaca artikel atau browsing internet, konten yang disajikan juga terlihat lebih banyak.

Layar OPPO F5 Youth sendiri telah mengusung teknologi TFT dengan back panel berjenis LTPS (Low Temperature Poly Silicon). Di antara kelebihannya, layar ini mampu menampilkan detil gambar yang tajam, warna yang natural, lebih rendah suhu dan konsumsi daya serta lebih tipis.

Untuk mendapatkan ketajaman dan kecerahan warna yang diinginkan, OPPO F5 Youth telah menyertakan sejumlah opsi yang standar. Misalnya, untuk mengatur brightness, Anda bisa melakukannya, baik secara otomatis maupun manual. Di F5 Youth, juga telah disuntikkan menyuntikan fitur penyaring efek Blue Light yang disebut Night Shield.

Fitur lain yang tersedia di F5 Youth adalah Split Screen. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur tampilan layar menjadi dua bagian, dan masing-masing bisa untuk menjalankan aplikasi berbeda secara bersamaan. Tidak ketinggalan pada menu Setting > Display & Brightness juga terdapat menu bernama App Display in Full-Screen. Fitur ini memungkinkan aplikasi disajikan dalam format full-screen. Hanya saja, fitur ini bisa optimal digunakan pada aplikasi yang sudah support saja.

Jangan lupa, selain memberikan pengalaman menarik, layar F5 Youth juga telah dilapisi Corning Gorilla Glass yang juga telah mendukung Glove and Wet Touch Input. Jadi, saat jari berkeringat maupun ketika menggunakan sarung tangan, layar tetap bisa diakses dan ditelusuri dengan lancar.

Color OS 3.2

Seperti smartphone OPPO yang lain, F5 Youth juga datang dengan menyertakan user interface khusus, yang disebut sebagai ColorOS. Persisnya, smartphone ini dipermanis dengan ColorOS 3.2 yang berjalan di Android 7.1.1 Nougat.

Dengan demikian, tentunya selain membawa fitur dan aplikasi khas Android Nougat 7.1.1, OPPO F5 Youth juga menyertakan beberapa fitur unik yang mulai hadir di update ColorOS terbaru. Pertama, Anda akan menemukan fitur Clone Apps. Dengan fitur ini Anda dimungkinkan untuk mengkloning aplikasi yang ada di smartphone. Dalam hal ini, Clone Apps yang ada di F5 Youth ini hanya bisa mengkloning aplikasi Instant Messaging semisal WhatsApp, Line dan BlackBerry Messenger (BBM). Sepanjang pengujian PULSA, tidak bisa mengkloning Path, Instagram dan WeChat.

Fitur unik lain yang disertakan di ColorOS 3.2 adalah Kids Space. Berbekal fitur ini Anda bisa mengatur aplikasi dan fitur apa saja yang bisa dibuka oleh anak-anak. Tentunya, dengan dilengkapi password khusus sebagai sarana proteksinya. Menariknya, Anda juga bisa mengatur durasi penggunaan dari masing-masing aplikasi yang terdaftar di Kids Space. Untuk mengaktifkan fitur ini, kita bisa menuju ke menu Setting > Security > Kids Space. Secara umum, di menu Security ini terdapat banyak fitur keamanan yang bisa Anda manfaatkan, seperti menu Permissions, App Encryption, Payment Protection, Harassment blocking, Pseudo Base Station Blocking, dan Floating Windows.

Face Recognition

Selain fingerprint sensor dan fitur keamanan standar lainnya, OPPO F5 Youth juga sudah disertai dengan fitur biometrik bernama Face Recognition atau pengenal wajah. Fitur ini telah mengintegrasikan teknologi yang dimiliki kamera depan OPPO F5 Youth untuk mendeteksi sekitar 128 titik-titik wajah. Respon Face Unlock di ponsel ini dalam memindai wajah tercatat cukup baik dan cepat. Dalam waktu kurang dari satu detik, ponsel bisa dibuka. Jadi, bisa dibilang dari sisi keamanan, OPPO F5 Youth tergolong memadai.

Kamera Selfie 16MP dengan A.I Beauty Recognition

Seperti halnya OPPO F5, seri F5 Youth juga datang untuk memanjakan pengguna yang suka selfie. Bedanya, kalau di OPPO F5, kekuatan kamera depannya 20 MP, untuk F5 Youth sedikit mengalami penurunan di mana menawarkan resolusi 16 MP. Pun begitu, dari sisi kemampuan, khususnya untuk mereka yang suka selfie smartphone ini tergolong masih sangat mumpuni.

Ditilik dari spesifikasi teknisnya, kamera depan OPPO F5 Youth memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan F/2.0. Kakuatan kamera selfie pada OPPO F5 Youth tidak hanya diwakili oleh resolusinya saja yang sudah cukup tinggi, OPPO ternyata telah menyuntikkan teknologi A.I Beauty Recognition di dalamnya. Teknologi ini berfungsi untuk memindai lebih dari 200 titik wajah dan meramunya ke database yang telah terekam dan sanggup mengenali keunikan wajah, bentuk serta struktur yang tidak biasa. Penyesuaian yang dilakukan oleh software khusus akan memastikan foto selfie tetap alami.

Selain itu, teknologi yang dimiliki kamera depan OPPO F5 Youth ini juga sanggup mendeteksi karakter wajah pria dan wanita, serta mengolahnya dan memberikan efek kecantikan (mode Beauty) yang lebih pas. Tidak hanya sebatas memperhalus kulit dan memberikan efek kecerahan saja seperti fitur Beauty pada umumnya, tapi tetap bisa mempertahankan karakter khas subyek foto.

Tentunya, untuk memanfaatkan teknologi A.I Beauty Recognition ini, Anda harus memilih mode Auto Beauty yang tertampil saat viewfinder kamera aktif. Di sini, Anda juga tetap bisa mengatur tingkat Beauty yang diinginkan. Bicara hasil bidik, berdasarkan pengalaman PULSA, tangkapan gambar yang dihasilkan kamera depan F5 Youth mampu menyajikan kualitas selfie sangat baik. Ketika digunakan di tempat dengan kondisi cahaya minim, di OPPO F5 Youth juga sudah tersedia screen flash yang mana pencahayaan tambahan berasal dari layar.

Intinya, untuk mendapatkan hasil foto selfie yang diinginkan, ada banyak pilihan pengaturan yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya, untuk menghasilkan efek bokeh ‘ala’ kamera DSLR, Anda bisa memanfaatkan efek blur yang ikon fiturnya ada di bagian atas viewfinder berupa “tetesan air”. Efek bokeh ini pun tegolong cerdas dalam mengatur titik-titik blur. Anda juga bisa mengatur bagian mana yang jadi pusat fokus dengan mentap layar viewfinder.

Cukup apik di sektor kamera depan, OPPO F5 Youth juga memiliki kamera belakang mumpuni. Sama seperti OPPO F5, smartphone ini juga telah membenamkan kamera bersensor CMOS IMX376 besutan Sony.

Spek detil kamera utama OPPO F5 sendiri memiliki besaran 13 MP, lengkap dengan segala atributnya seperti bukaan f/2.2, phase detection autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama. Saat diuji coba, kamera utama OPPO F5 Youth tergolong cepat dan akurat dalam mendeteksi fokus.

Secara kualitas, foto yang dihasilkan kamera belakang OPPO F5 Youth ini terlihat cukup detil dengan komposisi warna yang apik. Menariknya lagi, kamera utama smartphone ini juga telah dibekali fitur 2x digital-zoom yang memungkinkan Anda untuk memperbesar obyek bidikan hingga 2 kali sehingga cocok banget untuk foto macro. Hasil ujinya pun tidak kalah apik jika dibandingkan smartphone berfitur Dual Camera di mana detil dan komposisi warna dari obyek bidikan terlihat sangat memuaskan untuk sebuah kamera smartphone.

Indoor

Outdoor

Sebagaimana OPPO F5, F5 Youth juga membawa beberapa mode kamera tambahan semisal Time-lapse, Panorama dan juga Expert. Cukup mengaktifkan mode Expert, Anda  pun bisa bereksperimen serta mengasah kemampuan fotografi lewat pengaturan-pengaturan manual.

Apik untuk membidik momen, kamera OPPO F5 Youth tentu saja memiliki kemampuan lain, seperti untuk merekam video. Untuk kebutuhan yang satu ini, Anda bisa merekam momen menarik yang Anda miliki dengan resolusi hinggan Full HD 1080p dengan kecepatan rekam 30fps.

MediaTek Helio P23 dan RAM 3GB

Bila disandingkan dengan OPPO F5, dari spesifikasi penyokong kinerja F5 Youth hanya sedikit mengalami penurunan dari sisi memori RAM, di mana smartphone ini menyematkan RAM 3GB. Selebihnya, seperti prosesor dan lain-lain, F5 Youth tidak membawa perbedaan berarti. Jadi, untuk urusan kinerja, OPPO F5 Youth tetap disokong oleh chipset MediaTek MT6763T Helio P23 yang memiliki konfigurasi 8 inti (4x2.50GHz + 4x2.34GHz) 64-bit Cortex-A53 yang menggunakan arsitektur 16nm serta memiliki GPU Mali-G71 MP2.

Sebagaimana disebut, F5 Youth memiliki RAM 3GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 32GB yang dapat masih bisa diekspansi via kartu microSD hingga kapasitas 256GB. Menariknya, OPPO F5 Youth mengadopsi Triple-slot Card, yang dua di antaranya adalah untuk kartu SIM, sementara slot satunya bisa dimanfaatkan untuk kartu microSD. Dengan begitu, bagi Anda yang ingin memanfaatkan fasilitas dual-SIM sekaligus memperluas penyimpanan via kartu microSD di OPPO F5 Youth bisa dilakukan tanpa mengorbankan salah satu slotnya, seperti smartphone yang mengadopsi fitur dual-SIM hybrid.

Berbekal spesifikasi penyokong kinerja sebagaimana disebut di atas, secara keseluruhan apa yang ditampilkan F5 Youth dari sisi performa tergolong lancar. Aktivitas-aktivitas ber-smartphone , seperti berkomunikasi, akses jejaring sosial, berselancar di dunia maya, hingga main game bisa dilandeni dengan cukup baik oleh F5 Youth.

Guna mengetahui kinerja F5 Youth secara umum, berdasarkan uji benchmark yang kami lakukan skor yang dicetak smartphone ini berada di kisaran 68976. Adapun secara umum hasil benchmark yang diraih F5 Youth dengan beberapa aplikasi tergolong cukup baik. Silakan merujuk pada tabel hasil benchmark tersaji.

Khusus untuk para pengguna yang suka gaming, GPU Mali-G71 MP2 yang dibawa F5 Youth ternyata sudah fitur Game Acceleration. Fitur ini jadi lebih maksimal ketika dikolaborasikan dengan mode High Frame Rates. Dengan kemampuan akselerasi tersebut, F5 Youth sanggup menghasilkan frame rate diatas 30 fps dengan maksimum frame rate sebesar 60 fps. Artinya, bermain game bisa lebih maksimal lewat fitur yang dimiliki OPPO F5. Menariknya lagi, di dalam fitur Game Acceleration juga ada fitur bernama ‘No Disturbince’. Di mana dengan mengaktifkan fitur ini panggilan masuk akan ditunjukkan sebagai notifikasi dan tidak langsung menutup game yang sedang dimainkan.

Di sektor penyuplai daya OPPO F5 Youth didukung dengan baterai berkekuatan 3200 mAh yang tergolong sudah lumayan besar untuk menyokong kinerja dan menemani aktivitas pengguna sehari-hari. jeroan yang dibawa OPPO F5. Menariknya, ponsel ini juga dibekali teknologi Continuous Optimizing. Fitur semacam Task Manager ini dapat mengelola aplikasi yang berjalan pada perangkat dengan lebih baik. Selain itu, untuk manajemen power yang lebih maksimal, OPPO F5 Youth juga disertai dengan fitur fitur Power Saving dan Energy Saver. Cukup aktifkan fitur ini, bila Anda ingin baterai smartphone bertahan lebih lama lagi.

Konektivitas

Untuk berhubungan dengan dunia ‘luar’, F5 Youth sudah membawa fitur konektivitas yang tergolong memadai. Sebut saja dukungan jaringan 4GTD-LTE dan FDD-LTE, dengan LTE Cat4 yang bisa menghadirkan kecepatan download hingga 150Mbps dan upload 50Mbps. Pengguna juga lebih leluasa untuk memilih layanan selular dari operator yang disukai hal itu lantaran semua kartu SIM 4G LTE operator seluler Tanah Air bisa digunakan dengan lancar tanpa harus melakukan pengaturan khusus. Selain fitur tadi, tentu F5 Youth juga sudah dibekali dengan fasilitas lain, seperti WiFi 802.11 a/b/g/n 2.4+5GHz, WiFi Tethering, Bluetooth v4.2, dan micro USB 2.0 yang juga dibekali fungsi OTG.

Kesimpulan

Smartphone bergenre selfie mungkin telah banyak hadir di pasaran. OPPO merupakan salah satu vendor yang tergolong konsisten di jalur ini. Terbukti dari smartphone selfie yang terus didatangkan ke pasar dan peningkatan yang juga terus dihadirkan. Sebut saja teknologi A.I. Beauty Recognition yang tersemat di kamera depan F5 Youth yang aktivitas swa-foto menjadi lebih baik. Hal yang tidak kalah menarik dari F5 Youth adalah layar penuh yang diusungnya. Dengan layar berasio 18:9, tidak hanya menjadikan F5 Youth tampil kekinian, dari sisi pengalaman yang ditawarkan juga sudah lebih baik.

Secara umum, apa yang ditawarkan F5 Youth sudah menjawab kebutuhan muda-mudi, terutama bagi mereka yang senang mengaktualisasikan diri lewat smartphone. Aspek desain, serta sejumlah fitur apik yang disuguhkan F5 Youth juga bisa menjadi pertimbangan lain untuk menjadikannya sebagai incaran. Sedikit catatan, smartphone ini memang belum menyuguhkan fitur dual-camera begitupun dengan material cover, yakni bahan plastik. Bagaimana, tertarik dengan OPPO F5 Youth? Siapkan saja dana Rp3.599.000 untuk menebusnya.