pulsa-logo

PULSA Editors Choice 2017: Best Selfie Smartphone, Oppo F5


RENO

Selasa, 19 Desember 2017 • 20:07

smartphone terbaik 2017, pulsa editors choice 2017, oppo f5


Sejak tiga tahun lalu, fenomena foto diri yang dikenal dengan istilah Selfie memang terus mengalami berbagai perubahan. Selain selfie, jargon baru yakni Wide selfie pun muncul berbarengan dengan inovasi teknologi kamera yang mulai banyak diterapkan para vendor smartphone global. Selain bisa berfoto diri maupun beramai-ramai (wide selfie), foto selfie pun kini bisa dipersonalisasikan lewat beragam fitur unik termasuk mode beauty.

Bahkan yang terbaru, untuk menghasilkan foto selfie yang lebih berkualitas dan maksimal, vendor smartphone mulai mengkolaborasikan fitur kamera dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I). Salah satu produk yang sudah menerapkannya adalah OPPO F5.

Meski baru dikenalkan di penghujung tahun, tepatnya bulan November, namun animo masyarakat terhadap produk anyar OPPO ini sangat luar biasa. Ini dibuktikan dengan ludesnya 48.000 unit OPPO F5 di penjualan perdana dalam waktu tujuh hari.

Seperti apa sih sebenarnya teknologi Artificial Intelligence (A.I) yang diterapkan OPPO di produk anyarnya tersebut?

Teknologi A.I Beauty Recognition di F5 ini akan memindai lebih dari 200 titik wajah dan meramunya ke database yang telah terekam dan sanggup mengenali keunikan wajah, bentuk serta struktur yang tidak biasa. Penyesuaian yang dilakukan oleh software khusus akan memastikan foto selfie tetap alami.

Meski tanpa sokongan ‘Dual Camera’, namun kamera depan berkekuatan 20 MP yang dikombinasikan teknologi A.I OPPO F5 digadang-gadang sanggup menghasilkan foto selfie yang lebih maksimal. Untuk data teknisnya, kamera depan ini menggunakan sensor dengan bukaan F/2.0 serta 1/2.8" sensor size.

Teknologi yang dimiliki kamera depan OPPO F5 ini juga sanggup mendeteksi karakter wajah pria dan wanita, serta mengolahnya dan memberikan efek kecantikan (mode Beauty) yang lebih pas. Tidak hanya sebatas memperhalus kulit dan memberikan efek kecerahan saja seperti fitur Beauty pada umumnya, tapi tetap bisa mempertahankan karakter khas subyek foto.


Untuk yang ingin sedikit berkreasi, kamera depan OPPO F5 juga dibekali fitur bokeh ala-ala kamera DSLR. Fitur ini juga tergolong cerdas dalam mendeteksi titik-titik blur. Bahkan, Anda bisa mengatur bagian mana saja yang akan tetap fokus dan mana yang blur.

Bagi yang ingin selfie di lokasi minim cahaya, OPPO F5 juga menyertakan screen flash yang mana pencahayaan tambahan berasal dari layar. Di kondisi ini, detil foto masih bisa terlihat cukup jelas.

Jika kurang menyukai mode Beauty, Anda juga bisa memanfaatkan mode normal untuk selfie. Kualitasnya tetap bisa diacungi jempol. Warna kulit terlihat alami dengan tingkat ketajaman yang cukup baik, exposure dan akurasi warna pun berimbang.

Tidak hanya kamera depan, kamera belakang beresolusi 16 MP OPPO F5 pun mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Pasalnya, kamera utama ponsel ini menggunakan sensor Sony IMX376 dengan bukaan F/1.8 dan disokong Phase Detection Autofocus plus LED flash. Satu hal menarik dari kamera utama OPPO F5 yakni adanya fitur 2x digital-zoom. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memperbesar obyek bidikan hingga 2 kali. Cocok banget untuk foto macro.

Ini lah yang membuat PULSA menganugrahkan OPPO F5 sebagai “The Best Selfie Smartphone”, sebagai bentuk “Penghargaan terhadap pengembangan fitur kamera depan dan belakang dengan penggunaan Artificial Intelligence untuk hasil foto yang lebih humanis”.

OPPO F5 dibekali layar LTPS beresolusi full HD+ (2160x1080 piksel) berukuran 6.0 inci, dengan aspec ratio 18:9. Ini lah yang membuat layar OPPO F5 terlihat luas. Apalagi ponsel ini juga memiliki 84.2% sreen to body ratio yang menghadirkan efek layar lebih luas tanpa menambah dimensi perangkat. Bodinya pun cukup slim dengan bezel tipis. Poin plusnya, layar ponsel ini dilapisi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, serta mendukung Glove and Wet Touch Input.

Di sisi jeroan, OPPO F5 menggunakan chipset MediaTek MT6763T Helio P23 dengan prosesor 8 inti (4x2.50GHz + 4x2.34GHz) 64-bit Cortex-A53 yang menggunakan arsitektur 16nm. Menariknya, OPPO F5 memiliki Triple-slot Card, yang memisahkan baki dua kartu SIM dengan kartu microSD. Jadi dengan kata lain, Anda bisa menyisipkan dua kartu SIM berbeda plus kartu microSD di OPPO F5 tanpa kendala.

Dikombinasikan dengan RAM 4GB + 32GB internal memory, antarmuka berbasis ColorOS 3.2 di OPPO F5 ini sanggup menghadirkan sensasi yang lebih mulus, cepat, menghemat konsumsi daya dan mampu mengendalikan panas serta 40% meningkatkan kinerja. Buat para gamer, GPU Mali-G71 MP2 yang dibawa OPPO F5 juga dibekali fitur Game Acceleration. Fitur ini jadi lebih maksimal ketika dikolaborasikan dengan mode High Frame Rates, untuk menghasilkan tayangan game yang lebih lancar tanpa lag.

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44