pulsa-logo

PULSA Editors' Choice 2017: Security Feature on Dual Camera Phone, Advan A8


RENO

Rabu, 20 Desember 2017 • 09:52


2017 memang tahunnya smartphone Dual Camera. Tidak hanya untuk keperluan selfie, kamera ganda yang tengah menjadi tren saat ini pun juga ada yang diposisikan untuk menghasilkan foto dengan kualitas lebih baik, termasuk dukungan efek bokeh (blur) yang membuat gambar terlihat lebih artistik.

Tidak hanya merek global yang bermain di segmen ini, merek Nasional seperti Advan pun ambil bagian lewat smartphone Dual Cam perdananya Advan A8. Tidak hanya menjagokan sisi dual camera, Advaan A8 juga dibekali sistem operasi sendiri karya anak negeri berbasis Android Nougat 7.0 yaitu IDOS 7.2 (Indonesia Operating System) yang membawa sejumlah fitur keamanan. Fitur ini lah yang lantas dijadikan ‘jualan’ utama Advan A8 lewat tag line “Privacy Protector Phone”.

Diluncurkan pada pekan kedua Oktober 2017 lalu, smartphone berlayar Full HD 5.5 inci juga digadang-gadang mampu memproteksi data pembayaran sehingga pengguna dapat bertransaksi dengan aman via sensor sidik jari (fingerprint).

Advan A8 juga dibekali dengan aplikasi Advan Security hasil kolaborasinya dengan perusahaan keamanan data 360 Security. Aplikasi ini berguna untuk meningkatkan performa smartphone, bisa mendeteksi aplikasi-aplikasi yang boros baterai dan memori untuk dikontrol, membersihkan file sampah yang tidak terpakai agar memori kembali lega, dan antivirus untuk melindungi dari malware, virus dan sebagainya.

Sebagai smartphone yang diklaim sangat aman, Advan A8 juga memiliki 4 fitur keamanan lain yakni Apps Lock, Selfie Intruder, Face Unlocked, dan Guest Mode. Masih merasa kurang aman? Tenang, Advan A8 juga menanamkan fitur Anti Theft yang bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan, mengirim pesan, mengambil foto, lock ataupun wipe smartphone yang hilang/dicuri.

Sementara untuk kemampuan Dual Cam-nya sendiri, smartphone berchipset MediaTek MTK6750T Octa-core 1,5GHz yang didukung RAM 4GB dan memori internal 32GB  ini membenamkan kamera utama 13MP+5MP. Sensor kamera yang dikombinasikan dengan Advanced Algorithm ini mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh (blur) yang bisa dibilang terbaik dikelasnya.

Untuk selfie pun kamera depan 8MP masih bisa diandalkan dengan baik. Mode beauty yang dimilikinya mampu menyulap wajah penggunanya menjadi lebih cantik dan bersih dengan tekstur yang natural.


Menariknya, Advan A8 juga dilengkapi mode Van Cam dengan beragam filter lucu yang banyak digunakan oleh berbagai aplikasi media sosial seperti Snapchat atau pun Insta Stories.

Dengan segala kemampuannya tersebut, PULSA menganugerahkan Advan A8 sebagai “Best Security on Dual Camera Phone 2017”.